6 Rekomendasi Olahraga yang Cocok Buat Kaum Mageran, Badan Tetap Fit Meski di Rumah Seharian
Contoh Aktivitas Olahraga Dari Rumah. (Freepik)
11:52
18 September 2024

6 Rekomendasi Olahraga yang Cocok Buat Kaum Mageran, Badan Tetap Fit Meski di Rumah Seharian

– Seringkali orang-orang mendambakan tubuh yang sehat dan bugar namun malas untuk sekedar bergerak apalagi berolahraga. Rasa malas seringkali merupakan akibat dari kurangnya aktivitas fisik. Ketika tubuh tidak banyak bergerak, massa otot mulai berkurang dan lemak dalam tubuh mulai menumpuk.

Olahraga dapat meningkatkan kadar oksigen tubuh yang mendukung produksi energi, sehingga kita merasa lebih bertenaga. Selain itu, olahraga juga merangsang pelepasan hormon endorfin yang dapat mengurangi tingkat stress dan memperbaiki suasana hati yang sedang buruk.

Secara ilmiah, melakukan aktivitas fisik dapat mempercepat pernapasan kita, juga meningkatkan kadar oksigen yang beredar dalam tubuh. Namun, tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar tubuh tetap fit meski di rumah seharian. Selain tidak mengeluarkan biaya, cara ini juga cocok untuk para pemula yang ingin mulai berolahraga.

Dilansir dari MedicineNet, berikut ini adalah 6 jenis aktivitas yang mirip dengan olahraga yang bisa dilakukan di rumah:

1. Jalan Kaki

Jalan kaki merupakan salah satu pilihan paling mudah bagi orang yang ingin memulai olahraga. Untuk menjaga kebugaran tubuh, seseorang perlu berjalan kaki sebanyak 10.000 langkah per hari atau setara dengan 8 km yang berdurasi kurang dari dua jam.

Cobalah untuk mulai mengurangi penggunaan kendaraan bermotor dan beralih ke jalan kaki jika dirasa bepergian ke tempat yang jaraknya terbilang dekat. Hindari menggunakan eskalator dan lift jika tersedia pilihan tangga. Joging di tempat juga bisa dilakukan di dalam rumah sembari menunggu jeda iklan di televisi.

2. Lakukan Pekerjaan Rumah

Selain dapat menjaga rumah tetap bersih dan rapi, aktivitas ini juga bisa menjadi cara efektif untuk seseorang yang malas olahraga. Pekerjaan seperti menyapu, mengepel, atau menggosok mobil akan membantu pergerakan otot-otot inti tubuh. Lalu kegiatan lain seperti mengecat atau membersihkan halaman juga bisa dihitung sebagai olahraga karena melibatkan gerakan mengangkat, mendorong, dan menarik benda.

3. Push-up dan Sit-up

Mulai lakukan 10 push-up dan 10 sit-up setiap hari, meskipun tidak dilakukan secara berturut-turut. Jadikan ini sebagai aktivitas seru yang sejenak dapat membuat badan terasa rileks. Lakukan saat jeda iklan di TV atau sembari menunggu makanan di microwave. Ini bisa jadi salah satu alternatif untuk membiasakan diri berolahraga.

4. Pelihara hewan

Memelihara hewan bisa menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental tanpa memerlukan banyak usaha. Penelitian menunjukkan bahwa pemilik hewan peliharaan cenderung memiliki tekanan darah lebih rendah, lebih baik dalam mengelola stres, dan menjalani gaya hidup yang lebih aktif. Misalnya dengan bermain lempar tangkap bola dan berlarian bersama anjing atau kucing peliharaan dapat mendorongmu untuk lebih sering bergerak.

5. Bersepeda

Jika bosan melakukan aktivitas di dalam rumah, bersepeda bisa menjadi pilihan menarik untuk tetap aktif bergerak sekaligus bersenang-senang tanpa merasa jenuh. Entah sebagai transportasi untuk bekerja atau sekedar jalan-jalan di akhir pekan. Selain membakar kalori, mendapatkan experience suasana pagi hari yang sejuk juga bisa kamu dapatkan melalui bersepeda. Karena itu bersepeda bisa menjadi olahraga ringan yang menyenangkan.

6. Naik Turun Tangga

Gunakan tangga di rumah atau tangga di ruang publik sebagai alternatif untuk berolahraga. Aktivitas naik turun tangga dapat memperkuat otot kaki dan membakar kalori sepanjang hari. Dengan cara sederhana ini, olahraga tidak terasa memberatkan karena sudah menjadi bagian dalam aktivitas sehari-hari.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #rekomendasi #olahraga #yang #cocok #buat #kaum #mageran #badan #tetap #meski #rumah #seharian

KOMENTAR