Karier Gemilang Sammy Hamzah Eks Suami Desy Ratnasari, Ayah Nasywa Nathania yang Hartanya Boleh Diadu sama Irwan Musry
Sammy Hamzah. (YouTube/Katadata Indonesia)
13:39
22 Januari 2024

Karier Gemilang Sammy Hamzah Eks Suami Desy Ratnasari, Ayah Nasywa Nathania yang Hartanya Boleh Diadu sama Irwan Musry

Anak Desy Ratnasari, Nasywa Nathania Hamzah, memperingati kepada sang ibu untuk tidak menghadiri acara di kampusnya. Nasywa khawatir bahwa kepopuleran Desy Ratnasari membuat suasana jadi tidak kondusif. 

Namun, selain memiliki ibu sepopuler Desy Ratnasari, Nasywa juga ternyata memiliki ayah yang ternyata juga bukan orang sembarangan. Walaupun bukan seorang artis atau politikus, Sammy Hamzah, ayah biologis Nasywa, merupakan seorang pengusaha ulung dengan berbagai jabatan yang luar biasa dan karier yang gemilang. 

Lantas seperti apa perjalanannya karier Sammy Hamzah?

Foto pernikahan Sammy Hamzah dan Desy Ratnasari. (YouTube/Apa Aja Boleh)Foto pernikahan Sammy Hamzah dan Desy Ratnasari. (YouTube/Apa Aja Boleh)

Sammy Hamzah lahir di Jakarta pada tanggal 24 Januari 1963. Ia menjadi suami kedua Desy Ratnasari setelah Desy berpisah dengan Trenady Pramudya. Pernikahan resmi antara Sammy dan Desy berlangsung pada tanggal 19 Desember 2001.

Dari pernikahan tersebut, Sammy dan Desy dikaruniai seorang putri bernama Nasywa Nathania Hamzah. Namun, sayangnya, rumah tangga mereka harus mengalami kegagalan pada tahun 2003.

Meskipun sudah hampir 21 tahun berlalu sejak perceraian mereka, baik Desy maupun Sammy belum memasuki bahtera pernikahan kembali. Meski begitu, Sammy cenderung menjaga privasinya dan lebih fokus terlibat dalam beberapa perusahaan yang dia kelola.

Dalam akun LinkedIn-nya, Sammy pernah menjabat sebagai Executive Director di Siemens selama periode 1989-1999. Selanjutnya, saat menikahi Desy pada tahun 1999, Sammy menempati posisi sebagai HR and Organisation Director di Lafarge hingga tahun 2002.

Setelahnya, Sammy menduduki posisi sebagai Senior Vice President di bidang Business Services Chevron dari tahun 2002 hingga 2005. Kemudian, ia aktif terlibat dalam perusahaan sumber daya alam seperti emas, minyak bumi, dan gas.

Tidak hanya itu, Sammy menjabat sebagai Komisaris PT Rio Tinto Indonesia dari tahun 2009 hingga 2018, menjadi Principal Advisor di Lion Energy Ltd. sejak tahun 2014, dan menjabat sebagai CEO dan Co-Founder EPHINDO pada tahun 2005.

Kemudian Sammy juga berperan sebagai Non Executive Director di perusahaan manufaktur Australia, Motion Asia Pasific. Ia juga menduduki beberapa posisi strategis di serikat pengusaha seperti KADIN dan APINDO.

Hingga saat ini, Sammy masih aktif sebagai Presiden Komisaris di PT Aquafarm Nusantara yang merupakan bagian dari Regalsprings Group. Perusahaan ini berfokus pada pembudidayaan ikan tilapia yang dipasarkan dengan merek Regalsprings.

Profil karir yang gemilang ini menjadikan Sammy Hamzah sebagai figur yang setara dengan Irwan Mussry, yang sebelumnya menjalin hubungan dengan Desy selama 8 tahun. Irwan sendiri terkenal sebagai pengusaha sukses yang memimpin Time International, peritel resmi beberapa luxury brands seperti Cartier, Chopard, Audemars Piguet, dan Chanel.

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #karier #gemilang #sammy #hamzah #suami #desy #ratnasari #ayah #nasywa #nathania #yang #hartanya #boleh #diadu #sama #irwan #musry

KOMENTAR