Banyak yang Suka, Ini Alasan Aroma Hujan Dianggap Menyenangkan dan Bisa Mengubah Mood Seseorang
Ilustrasi, hujan yang turun meninggalkan aroma yang menyenangkan. (Freepik)
18:32
12 September 2024

Banyak yang Suka, Ini Alasan Aroma Hujan Dianggap Menyenangkan dan Bisa Mengubah Mood Seseorang

- Sebentar lagi kita akan memasuki musim hujan. Hujan bisa memberikan dampak positif maupun negatif bagi masyarakat.

Banyak lingkungan yang tidak akan kekeringan saat musim hujan. Namun, tidak sedikit juga wilayah yang terkena banjir karena hujan.

Tetapi, ada satu hal dari hujan yang dinantikan banyak orang. Hal tersebut yaitu aroma dari hujan yang khas dan mudah diingat orang-orang.

Banyak orang menganggap jika aroma hujan menyenangkan dan enak dihirup. Tidak sedikit yang setuju jika aroma hujan dapat mengubah mood.

Apa sih alasan aroma hujan dapat menyenangkan? Dikutip dari Live Science, aroma hujan yang biasa kita hirup tersebut disebut petrichor.

Petrichor terdiri dari dua kata, yaitu "petr" dan "ichor." Petr memiliki makna batu dan ichor memiliki arti esensi.

Istilah petrichor dicetuskan oleh dua peneliti asal Australia dalam jurnalnya pada tahun 1960-an. Petrichor sendiri diartikan sebagai aroma hangat yang tercium saat air hujan jatuh ke tanah kering.

Petrichor sendiri terbentuk dari bahan kimia yang terlepas dan berasal dari bakteri tanah. Bahan kimia tersebut disebut dengan actinomycetes.

Senyawa ini terlepas dan bergabung hingga menciptakan aroma petrichor. Aroma petrichor ini dianggap menyegarkan dan menyenangkan untuk dihirup.

Selain itu, tanaman sekitar juga mampu menciptakan aroma tersendiri saat hujan. Beberapa tumbuhan akan mengeluarkan minyak saat keadaan kering.

Ketika hujan, minyak tersebut akan dilepaskan. Asam stearat dan asam palmitat yang menguap di udara juga menambah kesegaran aroma hujan.

Petir juga bisa jadi penyebab aroma hujan yang menyenangkan. Petir dapat memecah molekul oksigen dan nitrogen yang ketika keduanya bercampur lagi akan menghasilkan oksida nitrat.

Oksida nitrat akan berinteraksi dengan zat lainnya di atmosfer untuk membentuk ozon. Bau yang dihasilkan pun tajam seperti klorin.

Seseorang juga bisa mendeteksi jika hujan akan turun hanya dari bau saja. Penyebabnya karena angin membawa kandungan zat tersebut dari awan sehingga bisa dihirup.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #banyak #yang #suka #alasan #aroma #hujan #dianggap #menyenangkan #bisa #mengubah #mood #seseorang

KOMENTAR