Sosok Mertua Kiky Saputri yang Disebut Lolos Seleksi Calon Dewas KPK: Jadi Paham Maksud Berjuang dari Dalam
Keluarga besar Kiky Saputri dan Muhammad Khairi. (Instagram/@kikysaputrii)
18:18
12 September 2024

Sosok Mertua Kiky Saputri yang Disebut Lolos Seleksi Calon Dewas KPK: Jadi Paham Maksud Berjuang dari Dalam

Absennya Kiky Saputri saat sejumlah rekan artis dan komika turut ikut serta dalam demo kawal putusan MK membuatnya ramai dicibir.

Enggan lama-lama dicibir, Kiky lalu mengaku akan berjuang lewat jalan yang berbeda. "Semua pasti mencintai negaranya. Semua punya cara untuk menunjukkan rasa cinta pada negaranya. Doakan kami untuk berjuang lewat jalur dalam," ungkap Kiky di Instagram-nya, dikutip pada Kamis (12/9/2024).

Pernyataan Kiky ini belakangan kembali disorot setelah beredar kabar tentang seleksi Dewan Pengawas KPK. Pasalnya mertua Kiky disebut-sebut berhasil lolos dalam seleksi tersebut.

Seperti dilihat di akun X @/Mdy_Asmara1701, pemilik akun tampak mengutip pemberitaan dari media mengenai catatan PBHI terhadap 8 hakim yang menjadi Calon Dewas KPK. Salah satu di antaranya adalah mertua Kiky.

Baca Juga: Mertua Kiky Saputri yang Lolos Tes Anggota Dewas KPK Disebut Orang Tajir, Isi Garasinya Cuma Segini

"Oh jadi paham yang dimaksud Kiky berjuang dari dalam," sindir @/Mdy_Asmara1701.

Profil Mertua Kiky Saputri, Bukan Orang Sembarangan

Kiky Saputri dan suami, Muhammad Khairi (Instagram/kikysaputrii)Kiky Saputri dan suami, Muhammad Khairi (Instagram/kikysaputrii)

Kiky Saputri memang dikenal sebagai komika yang kerap meroasting pejabat. Namun selain itu, Kiky juga merupakan istri Muhammad Khairi yang berasal dari keluarga terpandang, terutama di bidang advokasi.

Khairi sendiri merupakan anak bungsu dari pasangan Gusrizal dan Fahimah Basyir. Gusrizal saat ini tercatat sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Banjarmasin dengan jumlah kekayaan sebesar Rp6,9 miliar per tahun 2023.

Selain sebagai Ketua PT Banjarmasin, Gusrizal juga disebut-sebut pernah menjabat sebagai Ketua PT Banda Aceh. Lalu Gusrizal juga diketahui pernah bekerja di Pengadilan Negeri Bogor, Jawa Barat.

Baca Juga: Lanjut Tes Wawancara, Ini 20 Nama Calon Dewas KPK yang Lolos Profile Assesment

Tak hanya terpandang di dunia hukum, Gusrizal yang merupakan ayah mertua Kiky Saputri ini juga dikabarkan pernah menajbat sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Islam (MUI) Sumatera Barat periode 2015-2020.

PBHI sendiri menyoroti lolosnya ayah mertua Kiky dalam seleksi Dewas KPK karena rekam jejaknya pernah menyelenggarakan pesta pernikahan mewah untuk Khairi. Pernikahan itu ternyata dianggap tidak selaras dengan jumlah kekayaan yang dilaporkan Gusrizal.

Selain itu, PBHI juga menyoroti riwayat Gusrizal memvonis ringan Miranda S Goeltom dalam kasus korupsi Bank Indonesia pada September 2012.

Editor: Nur Khotimah

Tag:  #sosok #mertua #kiky #saputri #yang #disebut #lolos #seleksi #calon #dewas #jadi #paham #maksud #berjuang #dari #dalam

KOMENTAR