3 Tanda Anda Mampu Menjalani Kehidupan yang Memuaskan Sebagai Lajang, Salah Satunya Menikmati Kebersamaan dengan Diri Sendiri
Ilustrasi: Seorang yang hidup bahagia meski masih melajang.(Pixabay)
16:24
11 September 2024

3 Tanda Anda Mampu Menjalani Kehidupan yang Memuaskan Sebagai Lajang, Salah Satunya Menikmati Kebersamaan dengan Diri Sendiri

 

 

- Hidup memiliki cara yang lucu untuk menciptakan gagasan yang sudah terbentuk sebelumnya tentang kebahagiaan dan kepuasan. Salah satunya adalah bahwa anda tidak akan bisa benar-benar bahagia kecuali jika anda berada dalam suatu hubungan.

Tapi coba tebak? Itu sama sekali tidak benar!

Melajang bukan berarti anda tidak lengkap atau kekurangan sesuatu. Malah, ini bisa menjadi kesempatan untuk menemukan diri anda sendiri, membangun persahabatan yang kuat, dan menjalani hidup dengan cara anda sendiri.

Mau buktinya?

Saya punya tiga tanda yang menunjukkan bahwa anda benar-benar mampu menjalani kehidupan yang memuaskan sebagai lajang. Biarkan tanda-tanda ini mengingatkan anda bahwa anda tidak membutuhkan pasangan untuk merasa lengkap dan menginspirasi anda untuk memanfaatkan kehidupan lajang anda sebaik-baiknya! Berikut 3 tandanya dikutip dari ideapod:

1) Anda menikmati kebersamaan dengan diri Anda sendiri

Apakah pikiran untuk menghabiskan Sabtu malam sendirian di rumah, dengan buku atau film yang bagus, terdengar menarik bagi anda? 

Jika ya, itu adalah pertanda baik.

Banyak orang yang takut menghabiskan waktu sendirian, tetapi ini adalah bagian penting dari penemuan diri dan pertumbuhan pribadi. 

Kesendirian tidak identik dengan kesepian. Ini adalah kondisi yang memberdayakan yang memungkinkan anda untuk fokus pada kebutuhan, keinginan, dan aspirasi anda.

Ketika anda merasa nyaman dengan kesendirian anda, hal itu mencerminkan tingkat penerimaan diri dan cinta yang tinggi. 

Jika ini adalah anda, anda tidak membutuhkan orang lain untuk memvalidasi nilai anda atau membuat anda bahagia. Anda mampu memberikannya untuk diri anda sendiri. Ini adalah indikasi yang jelas bahwa anda dapat menjalani kehidupan yang memuaskan saat melajang.

2) Anda proaktif terhadap kebahagiaan diri sendiri

Inilah masalahnya, menunggu orang lain untuk membuat anda bahagia seperti menunggu hujan di musim kemarau. Tidak mungkin dan mengecewakan. Saya ingat saat saya masih lajang, setelah mengalami perpisahan yang sulit.

Saya mulai melakukan hal-hal yang benar-benar saya sukai namun sempat hilang kontak saat berada dalam hubungan saya: 

Saya mulai melukis lagi

Saya bergabung dengan kelas tari

Saya melakukan perjalanan solo ke tempat-tempat yang selalu ingin saya kunjungi

Selama waktu ini, saya menyadari bahwa saya memegang kendali atas kebahagiaan saya sendiri. Saya tidak membutuhkan pasangan untuk merasa puas atau puas.

Sebaliknya, bersikap proaktif dalam mengejar hasrat dan minat saya membuat saya lebih bahagia dari sebelumnya. 

Itu adalah tanda lain, ketika Anda mengambil alih kendali atas kebahagiaan Anda dan tidak bergantung pada orang lain, Anda sangat mampu menikmati hidup yang memuaskan sebagai lajang.

Jadi, rangkullah kebebasan yang datang dengan melajang dan gunakanlah untuk merancang kehidupan yang Anda cintai.

3) Anda tidak takut akan masa depan 

Ketidakpastian tentang masa depan bisa jadi menakutkan. Terlebih lagi jika Anda masih lajang dan masyarakat memberikan gambaran bahwa hidup sendiri di masa tua adalah prospek yang menakutkan.

Tapi kau tahu apa? Itu tidak membuat saya takut.

Saya menyadari bahwa ketakutan ini, kecemasan ini, dibangun di atas keyakinan bahwa tanpa pasangan, masa depan akan suram.

Tapi mengapa harus begitu? Mengapa kehidupan yang memuaskan harus terikat semata-mata pada kehadiran pasangan?

Saya merencanakan masa depan saya, dengan atau tanpa pasangan.

Saya menabung untuk masa pensiun, saya berinvestasi untuk kesehatan saya, saya membina persahabatan yang kuat. Saya mengambil langkah-langkah untuk memastikan bahwa masa depan saya aman dan nyaman.

Dan itulah tanda ketiga - ketika Anda tidak takut akan masa depan Anda, bahkan jika Anda masih lajang, Anda sedang dalam perjalanan untuk menjalani kehidupan yang memuaskan.

Hal ini menunjukkan ketangguhan, kemandirian, dan keyakinan yang kuat pada kemampuan Anda sendiri. Dan tidak ada yang lebih memberdayakan daripada itu!

Editor: Kuswandi

Tag:  #tanda #anda #mampu #menjalani #kehidupan #yang #memuaskan #sebagai #lajang #salah #satunya #menikmati #kebersamaan #dengan #diri #sendiri

KOMENTAR