Koleksi Mobil Menkominfo versi LHKPN: Harganya Setara 115 Kali Lipat Gaji PNS Kominfo
Kolase Menkominfo Budi Arie Setiadi dan Kaesang Pangarep-Erina Gudono (Instagram/budiariesetiadi/erinagudono)
13:47
11 September 2024

Koleksi Mobil Menkominfo versi LHKPN: Harganya Setara 115 Kali Lipat Gaji PNS Kominfo

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi ikut repot dengan prahara private jet Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. Ia buru-buru menjelaskan bahwa aksi Erina naik private jet adalah hal yang wajar karena sedang hamil.

Akibat pernyataan itu, Menkominfo Budi Arie malah panen kecaman. Ia dinilai tone deaf sebagai menteri dan tidak mempedulikan rakyat. Publik pun mulai bertanya-tanya terkait latar belakang Budi Arie, termasuk harta kekayaannya.

Salah satu hal yang disorot tentu harta kekayaan berupa koleksi mobil atau motor. Ini karena Budi Arie mewajarkan penggunaan private jet untuk ibu hamil, yang kebetulan adalah menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi). Tentu standar kendaraan pribadi miliknya ikut memicu penasaran.

Ternyata, Budi Arie sudah melaporkan koleksi kendaraannya periodik 2023 ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), ia hanya melaporkan 3 buah mobil dan tidak memiliki motor.

Baca Juga: Jet Pribadi Bukan Alasan, Ini Tips Aman Ibu Hamil Naik Transportasi Umum

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi di Istana Kepresidenan Jakarta. (Suara.com/Novian)Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi di Istana Kepresidenan Jakarta. (Suara.com/Novian)

Koleksi mobil milik Menkominfo itu harganya jika ditotal mencapai Rp830.000.000 atau Rp830 juta. Berikut ini adalah 3 koleksi mobil pribadi yang dilaporkan Budi Arie ke KPK:

  1. Mobil Honda HR-V RU5 1.8 RS keluaran tahun 2019, di mana mobil ini adalah hasil sendiri senilai Rp380.000.000 atau Rp380 juta
  2. Mobil HONDA HRV keluaran tahun 2016, di mana mobil ini adalah hasil hadiah senilai Rp210.000.000 atau Rp210 juta
  3. Mobil VW SCIROCO keluaran tahun 2014 yang merupakan hasil sendiri sebesar Rp240.000.000 atau Rp240 juta

Adapun total aset mobil milik Menkominfo itu nilainya setara dengan 115 kali lipat gaji PNS kementeriannya. Gaji PNS Kominfo sendiri ada di rentang Rp4,5 juta hingga Rp7,2 juta.

Apabila gaji PNS Kominfo dikategorikan Rp7 juta per bulan, maka koleksi mobil Menkominfo bisa untuk membayar gaji 115 pegawainya dalam sebulan.

Sementara itu, total harta kekayaan Budi Arie yang dilaporkan ke KPK telah menembus Rp102.117.900.000, atau Rp102 miliar lebih. Sang menteri juga tercatat tidak memiliki utang.

Sebelumnya, Menkominfo Budi Arie menyebut Erina tidak bisa menggunakan angkutan umum, atau pesawat koemersial karena hamil besar. Karena itu, menurutnya, wajar jika adik ipar Gibran Rakabuming Raka itu lebih memilih naik private jet saat ke Amerika Serikat.

Baca Juga: Langganan Blunder, Saran Menohok Ernest Prakasa Buat Menkominfo Budi Arie: Mending...

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #koleksi #mobil #menkominfo #versi #lhkpn #harganya #setara #kali #lipat #gaji #kominfo

KOMENTAR