Jika Anda Sering Merasa Stres dan Cemas, Cobalah 8 Teknik Menenangkan Diri Ini untuk Menjaga Kesehatan Mental Anda
Ilustrasi cara menenangkan diri dari stres dan cemas. (Pixabay)
13:06
11 September 2024

Jika Anda Sering Merasa Stres dan Cemas, Cobalah 8 Teknik Menenangkan Diri Ini untuk Menjaga Kesehatan Mental Anda

 

Jika Anda sering merasa stres dan cemas, ketahuilah bahwa Anda tidak sendirian, dan ada cara untuk mendapatkan kembali ketenangan Anda.    Dilansir JawaPos.com dari laman Hack Spirit pada Rabu (11/9), inilah delapan teknik menenangkan diri yang dapat memberikan dampak besar dan manfaatnya bagi kesehatan mental Anda.   1. Berlatih pernapasan mindfulness   Dalam bidang manajemen stres dan kecemasan, ada alat yang hebat yang kita semua miliki, yakni napas kita. Menyelaraskan pernapasan Anda dapat membantu Anda tetap tenang selama saat-saat stres dan kecemasan tinggi.   Bernapas dalam-dalam memicu respons relaksasi pada sistem saraf, mengurangi kecemasan, depresi, dan kemarahan. Latihan ini melibatkan pemusatan perhatian pada napas Anda saat masuk dan keluar.  

  2. Melakukan aktivitas fisik   Olahraga melepaskan endorfin, penguat suasana hati alami tubuh, dan memberi kita jeda dari siklus pikiran negatif yang memicu kecemasan dan stres. Entah itu lari, pergi ke pusat kebugaran, atau sekadar jalan cepat di taman, pastikan untuk memasukkan beberapa bentuk aktivitas fisik ke dalam rutinitas Anda.   3. Meditasi mindfulness   Menyisihkan waktu beberapa menit setiap hari untuk latihan ini dapat memberikan dampak yang mendalam pada kesehatan mental Anda. Ini adalah cara melatih pikiran Anda untuk fokus dan mengarahkan kembali pikiran Anda.   4. Relaksasi otot progresif   Relaksasi otot progresif adalah teknik yang melibatkan ketegangan dan kemudian pelepasan berbagai kelompok otot di tubuh Anda. Ini adalah metode praktis yang dapat Anda terapkan kapan saja Anda mulai merasakan gejala stres dan kecemasan.  

  5. Terimalah kecemasannya   Salah satu teknik menenangkan diri yang efektif adalah dengan benar-benar menerima kecemasan Anda. Saat kita merasa cemas, naluri alami kita adalah melawannya, kita mencoba menyingkirkannya, mengabaikannya, atau mengalihkan perhatian kita darinya.   Alih-alih memandang kecemasan sebagai sesuatu yang negatif yang perlu dihilangkan, anggaplah ini sebagai bagian dari pengalaman manusiawi Anda, biarkan diri Anda merasa cemas tanpa menghakimi diri sendiri karenanya.   6. Berlatihlah berbelas kasih pada diri sendiri   Di saat stres dan cemas, penting untuk melatih belas kasih terhadap diri sendiri. Kasih sayang terhadap diri sendiri berarti memperlakukan diri sendiri dengan kebaikan dan pengertian yang sama seperti yang Anda berikan kepada teman yang mengalami situasi serupa.   Ini tentang mengakui penderitaan Anda sendiri, menyadari bahwa penderitaan merupakan bagian dari pengalaman manusia, dan memperlakukan diri sendiri dengan baik daripada menghakimi diri sendiri dengan kasar.  

  7. Ciptakan zona bebas kekhawatiran   Zona bebas kekhawatiran adalah ruang fisik atau mental tempat Anda membiarkan diri melepaskan kekhawatiran dan kecemasan. Menemukan zona bebas kekhawatiran ini dapat membuat perbedaan yang signifikan dalam mengelola stres dan kecemasan.   Gunakan waktu ini untuk terlibat dalam aktivitas yang mendatangkan kegembiraan atau kedamaian, membaca, bermeditasi, mendengarkan musik yang menenangkan, atau sekadar duduk dengan tenang.   8. Berlatih bersyukur   Berlatih bersyukur merupakan cara ampuh untuk melawan stres dan kecemasan. Hal ini mengalihkan fokus Anda dari hal yang menyebabkan stres ke hal yang mendatangkan kegembiraan dan kebahagiaan.   Mulailah dengan mengidentifikasi tiga hal yang Anda syukuri setiap hari. Tidak harus berupa peristiwa besar yang mengubah hidup, hal-hal sederhana seperti secangkir kopi hangat di pagi hari ataupun percakapan menyenangkan dengan rekan kerja dapat masuk dalam daftar tersebut.      ***  

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #jika #anda #sering #merasa #stres #cemas #cobalah #teknik #menenangkan #diri #untuk #menjaga #kesehatan #mental #anda

KOMENTAR