Jadi Masakan Favorit di Rumah, Ini Dia 7 Fakta Tentang Kangkung yang Tidak Banyak Orang Tahu!
Manfaat Konsumsi Sayuran Kangkung untuk Tubuh. (Foto: Freepik)
06:54
11 September 2024

Jadi Masakan Favorit di Rumah, Ini Dia 7 Fakta Tentang Kangkung yang Tidak Banyak Orang Tahu!

Kamu tentu sudah tidak asing dengan nama sayuran kangkung di telinga. Punya rasa yang enak, kangkung sering ada dalam banyak masakan Indonesia.

Masakan paling terkenal dan paling familiar di telinga masyarakat adalah tumis kangkung. Ditumis dengan bawang putih, sedikit garam dan saus tiram, tumis kangkung jadi hidangan sampingan yang luar biasa untuk dikonsumsi.

Selain jadi jagoan masakan rumahan, kangkung juga merupakan makanan favorit di restoran besar yang selalu ramai akan pesanan. Semua orang ingin makan kangkung akibat rasa dan teksturnya yang lezat.

Akan tetapi, tahukah kamu akan fakta menarik dibalik sayuran kangkung? Tidak hanya enak, kangkung nyatanya punya banyak manfaat dan fakta menarik yang mungkin tidak banyak orang tahu.

Dipetik dari Amazing Farm dan Style Craze, berikut ini merupakan 7 fakta unik tentang kangkung yang tidak banyak orang tahu:

1. Membantu Penderita Insomnia

Fakta pertama dari sayuran kangkung yang mungkin tidak pernah kamu dengar atau ketahui adalah manfaatnya pada penderita insomnia.

Sebagaimana yang kamu ketahui, insomnia adalah gangguan dimana penderitanya tidak bisa tidur dengan baik.

Kangkung memiliki kandungan selenium dan zinc yang menyebabkan seseorang bisa rileks dan syaraf tidak tegang. Ketika rileks, seseorang jadi lebih mudah tidur dibandingkan sebelumnya.

Oleh karenanya, konsumsi kangkung jumlah besar sebelum beraktivitas misalnya di pagi hari kurang dianjurkan.

2. Sumber Vitamin dan Nutrisi

Sama seperti sayuran yang lain, kangkung tentu memiliki banyak vitamin dan juga nutrisi penting dalam tubuh.

Kangkung juga disinyalir merupakan sayuran yang padat gizi untuk bisa dikonsumsi. Beberapa kandungan tersebut adalah vitamin A, B, C, serat, asam amino sampai kalsium.

Tidak hanya berbagai vitamin diatas, Kangkung juga dikatakan sebagai sayuran dengan jumlah vitamin K yang banyak diantara sayur-sayuran lain.

Kangkung juga punya kandungan kalori rendah sehingga cocok untuk digunakan sebagai bagian dari menu diet.

3. Mengurangi Risiko Penyakit

Ada beberapa risiko penyakit serius yang bisa dikurangi dengan konsumsi sayur kangkung.

Mulai dari penyakit jantung, diabetes, sampai kanker bisa dikurangi resikonya dengan konsumsi sayuran kangkung.

Kangkung dapat mengurangi jumlah kolesterol dan berkontribusi pada penurunan resiko sakit jantung.

Konsumsi kangkung juga dikatakan termasuk pada pengobatan untuk sakit diabetes. Kaya akan antioksidan, kangkung bisa menghilangkan radikal bebas dan melindungi tubuh dan mencegah kanker lambung, kulit bahkan payudara.

4. Mengurangi Jumlah Kolesterol

Sebagaimana poin diatas, kangkung merupakan sayuran yang bisa mengurangi jumlah kolesterol.

Ada penelitian yang dilakukan yang membuktikan bahwa konsumsi kangkung berperan besar pada pengurangan level kolesterol.

Apabila kamu ingin mengurangi jumlah kolesterol atau ingin mengurangi berat badan secara normal, kamu bisa mengonsumsi sayur kangkung di masakan sehari-hari. Dengan ini, kamu bisa dapat banyak manfaat termasuk pengurangan kolesterol.

5. Membantu Mengobati Anemia

Salah satu kandungan penting dalam sayuran kangkung adalah zat besi. Zat besi sendiri merupakan zat yang sangat penting bagi tubuh manusia, terutama perempuan yang mengandung.

Apabila seseorang kekurangan zat besi, maka seseorang bisa melakukan aktivitas dengan tidak maksimal. Kaya akan zat besi, kangkung jadi asupan cocok bagi penderita anemia.

6. Melancarkan Pencernaan Tubuh

Sebagai salah satu anggota dari bangsa sayur mayur, kangkung memiliki kandungan serat tinggi sama seperti sayuran hijau lainnya. Serat inilah yang bisa membantu pencernaan apabila ada masalah seperti sembelit.

Selai serat, ada juga kandungan lateks yang berperan sebagai pencahar ketika pencernaan bermasalah.

Dengan konsumsi kangkung, kamu bisa mengecap rasa yang enak sekaligus membuat pencernaan tubuh lancar.

7. Memiliki Efek Layaknya Skincare

Terakhir, kangkung memiliki efek yang bagus layaknya skincare. Kangkung memiliki kandungan yang baik untuk kulit sampai rambut.

Kandungan antioksidan dalam kangkung memiliki peran sebagai anti penuaan dan juga pengobatan sakit kulit.

Pada rambut dan kulit kepala, banyaknya kandungan vitamin dan nutrisi dari kangkung juga berperan dalam mempertahankan kesehatan dan kecantikannya. Selain manfaat kesehatan, kangkung ternyata juga punya manfaat kecantikan.

Ketujuh poin diatas merupakan fakta tersembunyi kangkung yang tidak banyak orang tahu.

Sebagai hidangan yang umum di meja makan masyarakat Indonesia, bukan tidak mungkin apabila kamu tidak tahu akan sejuta manfaat dibalik kangkung.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #jadi #masakan #favorit #rumah #fakta #tentang #kangkung #yang #tidak #banyak #orang #tahu

KOMENTAR