Driver Grab Wajib Tahu! Ini Etika Sopir Taksi Online Biar Enggak Viral Kayak Kasus Ulya Bule Rusia
Etika Sopir Taksi Online yang Benar (freepik)
17:55
9 September 2024

Driver Grab Wajib Tahu! Ini Etika Sopir Taksi Online Biar Enggak Viral Kayak Kasus Ulya Bule Rusia

Viral di instagram selebgram Ulya (Ulianaci) dari Rusia mengalami kejadian buruk dengan sopir taksi online. Kronologi masalahnya diceritakannya melalui instagram. Hal ini memicu diskusi bagaimana etika sopir taksi online yang benar?

Ulya menjelaskan kejadiannya di Bengkulu ketika ia bersama putranya pesan mobil pakai aplikasi Grab menuju bandara. Ulya membawa sebuah koper.

Ketika mobil sudah datang, sopir mengatakan tidak bisa pakai paket hemat karena Ulya membawa koper seberat 10 kg. Ulya pun tak masalah kalau harus bayar lebih karena beban kopernya melebihi batas minimal dan meminta sopir taksi memberikan kejelasan mengenai harganya karena di aplikasi sudah tidak bisa diubah lagi.

Hal itu justru menimbulkan cek cok di jalan. Sopir taksi seperti menghindar dari tanggung jawab menjelaskan jumlah harga. Dikarenakan merasa tidak nyaman, bule Rusia ini minta diturunkan di jalan.

Baca Juga: Sosok Maulana Haqiqi: Pria Jawa Timur yang Nikahi Ulya Bule Rusia, Pendidikannya Mentereng

Baginya sopir taksi tidak mau jujur mengatakan tarifnya. Kejadian ini direkam oleh Ulya dan dipublikasi di Instagram. Videonya mendapatkan respon dari netizen, hingga hal ini mendapatkan respon dari pihak grab.

Pihak grab menyampaikan ucapan turut prihatin atas kejadian yang dialami Ulya. Grab menyampaikan hal tersebut di postingan instagram sang selebgram.

Etika Sopir Taksi Online yang Benar

Masalah tersebut di atas menjadi bahan diskusi netizen mengenai etika sopit taksi online yang benar. Sopir taksi online juga merupakan pengemudi profesional yang mengoperasikan taksi untuk mengangkut penumpang dan barang bawaan mereka sampai ke tempat tujuan dengan imbalan ongkos.

Oleh karena itu, sopir taksi memiliki peranan penting dalam sistem transportasi. Pelayanan mereka dibutuhkan oleh warga yang tidak membawa kendaraan sendiri. Maka dari itu, kenyamanan dan keamanan sangat penting bagi konsumennya.

Keamanan dan kenyamanan ini bisa dirasakan melalui etika sopir taksi online ketika mereka memberikan pelayanan. Berikut etika sopir taksi online yang benar.

Baca Juga: Jadi Mualaf, Selebgram Rusia Ulya sampai Tak Ditemani Ortu Saat Dinikahi Mas-mas Jawa

1. Bersikap ramah kepada pelanggan

Sopir taksi sebaiknya dapat memberikan layanan ramah dan profesional kepada penumpang. Keramahan sopir taksi juga tidak boleh melebihi batas. Paling tidak sopir taksi bersedia untuk berbicara sopan dan memberitahu hal-hal penting yang perlu diketahui penumpang.

2. Bertanggung jawab atas keselamatan penumpang

Sopir taksi harus memastikan keselamatan penumpang dan kendaraan yang dibawanya. Ia tidak boleh memotong lajur kendaraan lain atau memaksakan jalur lain kepada penumpang.

Jika memaksakan penumpang bisa merasa terancam keselamatannya dan tidak mau menggunakan jasa taksi online lagi. Kerugian akhirnya tidak hanya ditanggung oleh sopir tapi juga perusahaan taksi tersebut.

3. Memiliki pengetahun tentang rute

Sempat disinggung di atas, sopir tidak boleh memaksakan rute, tapi ia juga harus memiliki pengetahuan tentang rute. Minimal sopir taksi online bisa mengemudi berdasarkan rekomendasi map di peta yang tampil di aplikasi.

Sopir juga tidak boleh memotong rute atau memaksakan rute yang berbeda dengan yang tampil di map karena itu bisa menimbulkan kepanikan pada pengemudi. Apabila mengambil jalur yang sesuai dengan rute yang tampil di aplikasi, penumpang dapat ikut memantau melalui akunnya dan ia merasa aman karenanya.

4. Bersikap jujur dan etis

Sopir taksi juga harus jujur dalam menjalankan tugasnya, terutama mengenai harga atau tarif taksi online. Jangan sampai penumpang merasa ditipu dengan tarif yang tidak sesuai dengan yang tampil di aplikasi. Hal ini dapat mengurangi kepercayaan penumpang kepada taksi online dan juga merupakan sikap yang tidak etis.

5. Mengemudi dengan aman

Selain terampil dalam melayani dengan keramahan dan jujur, sopir taksi online yang baik adalah yang dapat mengemudi dengan aman. Penumpang dapat merasa aman dan nyaman jika sopir taksi online tidak tergesa-gesa apalagi suka menyalip kendaraan lain.

Sopir taksi online sebaiknya dapat mendahulukan sikap berhati-hati dalam mengemudi demi keselamatan bersama. Demikian itu kurang lebih lima etika sopir taksi online yang benar. Semoga bermanfaat.

Kontributor : Mutaya Saroh

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #driver #grab #wajib #tahu #etika #sopir #taksi #online #biar #enggak #viral #kayak #kasus #ulya #bule #rusia

KOMENTAR