Kala Erwin Gutawa 'Hidupkan' Kembali Chrisye Lewat Kecanggihan Teknologi dan Iringan Musik Langsung
Konser Chrisye Live by Erwin Gutawa. (Dok. Indonesia Bertutur 2024)
18:23
20 Agustus 2024

Kala Erwin Gutawa 'Hidupkan' Kembali Chrisye Lewat Kecanggihan Teknologi dan Iringan Musik Langsung

Nama Chrisye tentu sudah tak asing di telinga pencinta musik Indonesia. Suara khas, interpretasi lagu yang mendalam, serta pengaruhnya yang luas pada industri musik Tanah Air, membuatnya layak menyandang gelar maestro. Tepat di hari kemerdekaan Republik Indonesia, salah panggung di Indonesia Bertutur 2024 di Nusa Dua, Bali, menggelar pertunjukan musik spektakuler bertajuk Konser Chrisye Live by Erwin Gutawa.

Pertunjukan musik ini menjadi istimewa karena disajikan melalui arsip-arsip hasil karya dan pertunjukan musik Chrisye terdahulu, serta menjahitnya kembali menjadi sebuah narasi baru. Erwin Gutawa kemudian menggabungkan semua itu dengan kecanggihan teknologi dan iringan musik secara langsung, membuat konser Chrisye Live ini diklaim sebagai salah satu yang paling inovatif di dunia.

Ditemui sebelum konser, Erwin pun membeberkan alasannya 'menghidupkan' kembali sosok Chrisye dalam Indonesia Bertutur 2024.

“Kita tahu Chrisye adalah seorang legenda musik, tokoh musik Indonesia, banyak lagu hits yang, membuat orang Indonesia jatuh hati lah sama lagu-lagunya, dan banyak warisan yang dia udah berikan. Jadi, saya rasa dia bisa jadi tokoh yang sangat inspiratif buat anak-anak muda zaman sekarang,” kata Erwin saat ditemui sebelum konser.

Baca Juga: Dibongkar Anak, Chrisye Ternyata Hobi Dengar Blink-182

“Semuanya kita jahit menjadi satu pertunjukan konser, tapi mungkin yang uniknya adalah, musiknya akan diiringi dengan musik dari teman-teman musisi secara live,” katanya lagi.

Sedikit berbeda dengan beberapa konser Chrisye Live yang pernah disajikan sebelumnya, konser ini menjadi istimewa karena digelar bertepatan dengan Hari Peringatan Kemerdekaan RI yang ke-79 dan berlokasi di Bali.

Menurut Erwin, ada beberapa footage baru di konser tersebut yang belum pernah digunakan sebelumnya, yakni konser Chrisye di Bali, yang menyanyikan lagu Bali, serta konser Chrisye yang memiliki pesan erat dengan kemerdekaan dan kecintaannya terhadap Indonesia.

Bersamaan dengan konser tersebut, Indonesia Bertutur juga menghadirkan dua pertunjukan musik lainnya, yakni Emoni Bali, band kolaborasi pop-etnik Bali, serta Made Mawut musisi blues asal Bali yang dikenal dengan lagunya berjudul “100% Merdeka”.

Baca Juga: Cherrypop 2024 "Selamet Bermusik": Bertabur Bintang dan Program Spesial Skena

Editor: Vania Rossa

Tag:  #kala #erwin #gutawa #hidupkan #kembali #chrisye #lewat #kecanggihan #teknologi #iringan #musik #langsung

KOMENTAR