Israel Umumkan Nama Komandan IDF yang Mati Dibom Pakai Rudal F-15 Salahkan Rudal Meleset dari Target
Pesawat tempur F-15. Jet canggih ini dilaporkan segera ditransfer dari Amerika Serikat ke Israel setelah tertunda beberapa bulan karena terhalang persetujuan kongres. Dalam sebuah insiden, rudal F-15 menghantam tentara Israel sendiri sehingga menewaskan komandan IDF. 
13:10
20 Agustus 2024

Israel Umumkan Nama Komandan IDF yang Mati Dibom Pakai Rudal F-15 Salahkan Rudal Meleset dari Target

Israel mengumumkan nama tentara Israel yang mati terkena rudal yang ditembakkan pesawat F-15.

Insiden salah tembak terjadi saat Pesawat Jet F-15 menembak gudang yang berisi banyak tentara Israel.

Satu orang tewas atas nama Letnan Shahar Ben Nun, usia 21 tahun, dari Petah Tikva.

Tentara tewas itu adalah seorang komandan di Unit Pengintaian Pasukan Terjun Payung Brigade Pasukan Terjun Payung.

Dia tewas dalam serangan jet tempur IDF sendiri saat mengebom serampangan di pinggiran lingkungan Hamed di bagian barat Khan Younis, Gaza.

Dalam laporan dilansir Ynetnews, Perwira IDF tewas dalam insiden penembakan di Khan Younis setelah 'kegagalan teknis'.

Militer mengatakan laporan awal insiden tersebut menunjukkan rudal F-15 jatuh lebih jauh dari yang dimaksudkan karena malfungsi dan menghantam sebuah gedung yang dekat dengan pasukan di daerah tersebut.

Unit Juru Bicara IDF mengonfirmasi pada hari Senin bahwa Letnan Shahar Ben Nun, 21, dari Petah Tikva, seorang komandan di Unit Pengintaian Pasukan Terjun Payung Brigade Pasukan Terjun Payung, tewas dalam serangan di pinggiran lingkungan Hamed di bagian barat Khan Younis, Gaza.

Rudal F-15 Tewaskan Komandan Unit  Israel Sendiri

Letnan Shahar Ben Nun merupakan Seorang komandan pasukan IDF yang tewas gara-gara rudal yang dijatuhkan oleh jet tempur F-15 Israel sendiri.

Letnan Shahar Ben Nun, komandan di Unit Pengintaian Pasukan Terjun Payung IDF, dia tewas kena rudal F-15 Israel saat ikut bertempur di Jalur Gaza selatan.

Selain Letnan Shahar Ben Nun, enam tentara lainnya juga mengalami luka-luka.

Israel akan menjatuhkan bom di Gaza untuk menyerang dua target secara bersamaan. Namun, sebuah pesawat yang seharusnya menyerang targetnya malah melenceng sejauh 300 meter, rudal menghantam gedung tempat pasukan IDF.

Serangan yang menyebabkan tewasnya Ben Nun.

Angkatan Udara Israel menyebut insiden karena kerusakan pada sistem navigasi bom.

Usai kematiannya, Ben Nun dipromosikan dari pangkat Letnan Dua menjadi Letnan.


Jet Tempur Israel Salah Tembak, Tembakkan Bom ke Arah 7 Tentara Israel

Insiden memalukan terjadi saat sebuah jet tempur Israel menjatuhkan bom ke gedung yang lokasinya dekat tentara Israel berkumpul.

Meski menggunakan jet tempur yang dilengkapi dengan senjata canggih untuk menembak secara presisi, namun tembakan tentara Israel mengenai tentara Israel lainnya lagi.

Salah tembak atau lebih dikenal Friendly Fire, jet tempur IDF tembakkan bom ke arah tujuh tentara Israel.

Dilaporkan satu orang tewas, tiga lainnya terluka parah, sedangkan 3 tentara Israel lainnya terluka sedang.

Tentara Israel tewas dan terluka dalam serangan pasukan pendudukan Israel terhadap pos di Gaza

Angkatan Udara pendudukan Israel menyerang sebuah gedung tempat tentara pendudukan Israel ditempatkan karena kegagalan taktis.

Saluran 12 milik pendudukan Israel melaporkan bahwa para perwira dari Brigade Pasukan Terjun Payung tewas ketika sebuah bom Angkatan Udara Israel menghantam gedung tempat tentara Israel ditempatkan di Gaza selatan di tengah genosida yang sedang mereka lakukan.

Pasukan pendudukan Israel, setelah membunuh prajurit mereka sendiri, menjelaskan bahwa "insiden" tersebut disebabkan oleh kegagalan fungsi amunisi yang "tidak mengenai sasaran yang dituju."

Sebuah platform media Israel juga melaporkan bahwa 3 tentara terluka parah dan 3 lainnya terluka ringan, selain perwira yang tewas akibat kegagalan militer.

Selain itu, di perbatasan utara Palestina yang diduduki dengan Lebanon selatan, pasukan pendudukan Israel melaporkan tewasnya seorang sersan dan seorang perwira mengalami luka serius "dalam serangan pesawat tak berawak Hizbullah di Galilea Barat."


Hizbullah Menyerang Pos-pos IDF di Tengah Antisipasi Israel akan Pembalasan

Perlawanan Islam di Lebanon menargetkan Barak Zebdine milik pasukan pendudukan Israel di Shebaa Farms yang diduduki dengan peluru artileri, pada Senin sore, melaporkan serangan langsung.

Hizbullah selanjutnya mengumumkan penargetan pangkalan Ramim dengan rudal, dan berhasil melakukan serangan langsung di sana juga.

Kelompok Perlawanan mengumumkan operasi-operasi terbaru ini dalam pernyataan terpisah.

Menekankan bahwa operasi-operasi ini dimaksudkan untuk mendukung "rakyat Palestina yang teguh di Gaza" dan "Perlawanan mereka yang berani dan terhormat."

Salah Jatuhkan Bom, Satu Tentara Israel Tewas

Satu tentara Israel tewas, enam lainnya terluka akibat penembakan yang 'keliru' di Khan Younis, Gaza.

Pesawat jet tempur Israel menjatuhkan bom di dekat gedung tempat pasukan Israel ditempatkan, menurut media lokal.

Namun sayang, bom yang mereka jatuhkan justru mengenai beberapa tentara Israel sendiri.

Seorang tentara Israel tewas dan enam lainnya terluka dalam penembakan yang "keliru" terhadap sebuah gedung yang menampung pasukan Israel di kota Khan Younis, Gaza selatan, kata militer pada hari Senin (19/8/2024).

Militer tidak memberikan perincian apa pun tentang insiden itu.

Mereka hanya mengatakan seorang prajurit dari unit pengintaian Brigade Pasukan Terjun Payung Angkatan Darat tewas dan enam lainnya terluka.

Lembaga penyiaran publik Israel, KAN, mengatakan korban tewas terjadi ketika sebuah pesawat tempur Israel menjatuhkan bom di sebuah gedung.

Gedung yang dibom itu berdekatan dengan gedung bertingkat tempat pasukan Israel ditempatkan.

Menurut angka militer, setidaknya 694 tentara Israel telah tewas sejak pecahnya konflik Gaza pada 7 Oktober 2023.

Mengabaikan resolusi Dewan Keamanan PBB yang menuntut gencatan senjata segera, Israel terus melanjutkan serangan brutalnya di Gaza sejak serangan Hamas pada 7 Oktober 2023.

Serangan Israel sejak itu telah menewaskan lebih dari 40.130 warga Palestina, sebagian besar wanita dan anak-anak, dan melukai lebih dari 92.740, menurut otoritas kesehatan setempat.

Lebih dari 10 bulan sejak serangan Israel, sebagian besar wilayah Gaza masih hancur di tengah blokade makanan, air bersih, dan obat-obatan yang melumpuhkan.

Israel dituduh melakukan genosida di Mahkamah Internasional, yang memerintahkannya untuk segera menghentikan operasi militernya di kota selatan Rafah, tempat lebih dari 1 juta warga Palestina mencari perlindungan dari perang sebelum diserang pada 6 Mei.


Bukti Tentara Israel Serampangan

Insiden ini membuktikan tentara Israel serampangan dalam mengembom di Gaza.

Saking semangatnya membunuh warga Gaza, mereka sering salah tembak atau Friendly Fire.

Tentara Israel telah menewaskan seorang tentara Israel dan melukai enam lainnya dalam pengeboman yang 'keliru'.

Pengeboman terhadap sebuah gedung yang menampung unit tentara di kota selatan Gaza, Khan Younis, menurut otoritas penyiaran Israel.

"Saya tidak bisa tidak tertawa. Seperti saya secara moral tidak boleh tertawa. "Manusia" memang terluka, tetapi... Saya tidak bisa tidak tertawa. Ini adalah karma mereka sendiri yang sedang berlangsung." tulis netizen mengomentari insiden tersebut.

"Saya akan senang jika mereka terus seperti itu" tulis yang lainnya lagi.

SUMBER: YNet News, AL MAYADEEN, YENI SAFAK, TRT WORLD

Tag:  #israel #umumkan #nama #komandan #yang #mati #dibom #pakai #rudal #salahkan #rudal #meleset #dari #target

KOMENTAR