Pernyataan Vladimir Putin Soal Ulah Rusia yang Bikin Fasilitas Energi Ukraina Babak Belur
Rudal Rusia yang diluncurkan dari kapal perang meluncur ke arah fasilitas energi Ukraina yang menyebabkan listrik Ukraina Padam 
16:10
12 April 2024

Pernyataan Vladimir Putin Soal Ulah Rusia yang Bikin Fasilitas Energi Ukraina Babak Belur

Presiden Rusia Vladimir Putin akhirnya buka suara mengenai serangan bergelombang Rusia yang dilakukan dalam beberapa bulan belakangan ini.

Serangan tersebut mengerahkan senjata dari semua matra militer, antara lain berbagai misil terkini, drone dan bom berkekuatan tinggi.

Serangan sporadis tersebut mengincar fasilitas energi menyebabkan Ukraina kini babak belur, karena persediaan listriknya langsung jatuh hingga 80persen di seluruh wilayah.

Kantor berita TASS memberitakan, Presiden Vladimir Putin mengatakan kepada sekutu terdekatnya, Presiden Belarusia, Alexander Lukashenko saat pembicaraan di Moskow pada hari Kamis (11/4/2024) mengatakan, Rusia membombardir Ukraina karena 'terpaksa'.

Ia menjelaskan Ukraina selama ini juga sering menyerang wilayah Rusia dengan mencari fasilitas energi dan militer Rusia.

Sejak Kiev meluncurkan drone terhadap lokasi bahan bakar Rusia, Moskow telah melakukan beberapa serangan besar-besaran terhadap infrastruktur energi Ukraina, yang oleh Kementerian Pertahanan digambarkan sebagai serangan balasan.

Serangan terbaru dikonfirmasi pada hari Kamis (11/4/2024), Rusia melancarkan gelombang serangan presisi tinggi yang melibatkan senjata dan drone jarak jauh berbasis udara dan laut terhadap fasilitas energi dan minyak di seluruh Ukraina.

Meskipun sebagian rudal dan drone Rusia bisa ditangkis, sebagiannya lagi berhasil mencapai sasaran dan menghancurkan fasilitas energi Ukraina.

Target Rusia adalah mengganggu pekerjaan perusahaan yang berorientasi pada pertahanan dan menurunkan produksi dan logistik militer untuk keperluan militer unit garis depan Kiev.

Rusia menegaskan bahwa serangan tersebut tidak pernah menargetkan warga sipil.

“Pertama-tama, kami berasumsi bahwa ini adalah cara kami mempengaruhi industri pertahanan Ukraina, dan mempengaruhinya secara langsung,” kata Putin.

Ia menekankan bahwa serangan terhadap fasilitas energi di Ukraina adalah bagian dari proses “demiliterisasi.”

Putin melanjutkan bahwa Rusia “tidak melakukan serangan apa pun” selama musim dingin karena alasan kemanusiaan.

“Kami tidak ingin menyerang lembaga-lembaga sosial, rumah sakit, dan sebagainya tanpa listrik, namun setelah serangkaian serangan terhadap fasilitas energi kami, kami terpaksa merespons,” kata presiden.

Ilustrasi: Pasukan Rusia melancarkan serangan roket ke wilayah pertahanan Ukraina. Serangan bertubi-tubi pasukan Vladimir Putin menyebabkan fasilitas energi Ukraina mati suri. Ilustrasi: Pasukan Rusia melancarkan serangan roket ke wilayah pertahanan Ukraina. Serangan bertubi-tubi pasukan Vladimir Putin menyebabkan fasilitas energi Ukraina mati suri. (RIA Novosti)

Putin juga mengatakan bahwa Moskow siap untuk terlibat dalam perundingan.

Sementara pemimpin Belarusia, Alexander Lukashenko menuding Ukraina terus membuat Rusia marah dengan melakukan serangan ke fasilitas energi Rusia.

Moskow pertama kali menargetkan infrastruktur energi Ukraina pada musim gugur tahun 2022, setelah Jembatan Krimea Rusia dibom pada bulan Oktober itu.

Sejak Januari, Ukraina telah melancarkan sejumlah serangan jarak jauh terhadap fasilitas energi Rusia, termasuk depot dan kilang minyak, menggunakan drone kamikaze.

Ukraina sangat kewalahan dengan strategi Rusia tersebut. Kini fasilitas energi negara itu hanya bisa menghasilkan listrik kurang dari 20 persen, sehingga banyak daerah yang memberlakukan pemadaman total.

Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba di sela-sela konsultasi pemerintah Ukraina dan Slowakia di Michalovce,mengatakan bahwa sistem pertahanan yang memungkinan untuk melindungi pembangkit listrik di Ukraina adalah Patriot.

"Apa yang perlu didiskusikan? Semuanya sederhana: berikan kami sistem Patriot! Jika kami memiliki Patriot, kami tidak akan kehilangan semuanya hari ini," kata Kuleba.

Ia juga menyatakan bahwa Ukraina akan berkonsultasi dengan mitra asing mengenai "percepatan maksimum pasokan pertahanan udara."

Editor: Hendra Gunawan

Tag:  #pernyataan #vladimir #putin #soal #ulah #rusia #yang #bikin #fasilitas #energi #ukraina #babak #belur

KOMENTAR