Hizbullah Kirim 668 Roket Berlintasan Melengkung, 570 Rumah Pemukim Israel Hancur di Front Utara
LUNCURKAN 100 RUDAL - ILUSTRASI rudal Hizbullah. Kelompok perlawanan Lebanon ini Selasa (27/2/2024) dilaporkan sudah menembakkan 100 roket ke wilayah Israel termasuk pangkalan udara Meron sebagai balasan serangan mematikan Jet Israel yang menewaskan Komandan Komando Timur Hizbullah pada Senin. 
22:00
2 Maret 2024

Hizbullah Kirim 668 Roket Berlintasan Melengkung, 570 Rumah Pemukim Israel Hancur di Front Utara

Media Israel, Sabtu (2/3/2024) melaporkan mengenai skala kehancuran besar yang menimpa pemukiman Yahudi di utara dampak serangan Hizbullah selama bulan Februari lalu.

Laporan ini menambah daftar kerusakan yang mereka alami selama tiga bulan terakhir akibat gelombang serangan Hizbullah yang terus berlangsung.

Menurut laporan yang diterbitkan oleh Lobby 1701 yang dikutip Yedioth Ahronoth, kelompok Hizbullah Lebanon meluncurkan 668 roket dengan lintasan melengkung, 21 roket berat, 91 rudal berpemandu presisi, dan sekitar 40 drone ke arah Israel dalam sebulan terakhir.

Lebih lanjut laporan itu menyatakan, sekitar 68.000 pemukim telah mengungsi dari rumah mereka di Utara sejak 7 Oktober.

Terlebih, Israel telah mengubah sebagian wilayah di utara yang mereka duduki menjadi area sabuk keamanan.

Artinya, lokasi itu harus dikosongkan karena dianggap sebagai zona mereh serangan-serangan Hizbullah.

"Bulan lalu, pada Februari, sekitar 570 rumah terkena tembakan roket di zona konfrontasi di utara," tambah laporan itu.

Laporan tersebut menegaskan, "angka-angka ini belum pernah terjadi sebelumnya, mencerminkan kenyataan yang menantang dimana Israel, hingga saat ini, telah memutuskan untuk meninggalkan pemukiman di utara, mengubah sebagian wilayah tersebut menjadi sabuk keamanan."

Surat kabar tersebut mengklaim kalau "Lobby akan bekerja dengan segala cara untuk memastikan kelanjutan kemakmuran, pertumbuhan, dan keamanan pemukiman di Utara."

Serang Pakai Drone Bunuh Diri

Milisi Perlawanan Lebanon, Hizbullah dilaporkan kembali melancarkan serangkaian serangan terhadap pasukan Israel, Jumat (1/3/2024).

Pada rangkaian serangan itu, Hizbullah dilaporkan sukses menembak jatuh menjatuhkan kendaraan udara tanpa awak (UAV/Drone)  Israel.

Hizbullah juga menyerang keberadaan Pasukan tentara Israel (IDF) di beberapa posisi.

"Perlawanan Lebanon - Hizbullah menyerang sekelompok pasukan pendudukan Israel dengan drone bunuh diri, pada Jumat sore," tulis pernyataan media militer kelompok tersebut dalam sebuah pernyataan.

Pernyataan itu juga menyatakan, Hizbullah juga melakukan serangkaian serangan ke Israel sebagai bagian dari bentuk dukungan bagi rakyat Palestina dan milisi Perlawanan mereka dalam menghadapi agresi Israel.

Serangan Hizbullah pada Jumat tersebut, menyasar beberapa lokasi pendudukan Israel, kelompok infanteri IDF, dan fasilitas Israel di distrik operasi timur.

"Serangan terkonsentrasi di al-Jalil Panhandle dan Peternakan Shebaa Lebanon yang diduduki Israel serta Perbukitan Kfar Chouba di timur," tulis pernyataan itu.

Berikut Daftar Serangan Hizbullah ke Entitas Israel pada 1 Maret 2024:

  • Pada pukul 12.00 (waktu setempat), pejuang Hizbullah menembak jatuh sebuah pesawat Israel di Lembah al-Iziyyah di distrik operasi barat.
  • Sore harinya, Perlawanan meluncurkan drone bunuh diri yang menargetkan sekelompok pasukan Israel yang bersiap mengambil posisi di situs militer "Ma'ayan Baruch".
  • Pada pukul 13.55, Perlawanan menargetkan situs militer Israel al-Baghdadi.
  • Pada saat yang sama, para pejuang Hizbullah menargetkan sekelompok tentara Israel di sekitar barak militer Hounin, yang dibangun di desa Hounin, Lebanon yang diduduki.
  • Lima menit kemudian, Perlawanan menargetkan kelompok tentara Israel lainnya di sekitar lokasi "Menara", yang memastikan adanya korban di antara pasukan tersebut.
  • Perlawanan kemudian melancarkan serangan pada pukul 18:20 yang menargetkan situs militer Roueissat al-Alam Israel di Perbukitan Kfar Chouba yang diduduki.
  • Pada pukul 21:20, penempatan artileri di pangkalan Israel "Khirbet Ma'ar" menjadi sasaran dua roket Falaq.
  • "Semua serangan tersebut mengenai sasaran yang dituju secara langsung," jelas keterangan media militer kelompok tersebut.

Dalam konteks terkait, Hizbullah juga menyatakan kematian seorang pejuang mereka, Ali Mohammad Shalhoub "Shhab," dari kota Qana, Lebanon Selatan.

(oln/almydn/*)

Tag:  #hizbullah #kirim #roket #berlintasan #melengkung #rumah #pemukim #israel #hancur #front #utara

KOMENTAR