Gaza akan Dibelah Jadi Dua, Israel Bangun 'Sabuk Militer', Koridor Netzarim Membagi Gaza Menjadi Dua
KORIDOR NETZARIM- Israel membangun ‘sabuk militer’. Mereka sedang melakukan penyelesaian akhir pada jalan sepanjang 8 km yang secara efektif akan membelah Jalur Gaza menjadi dua dan memperkuat kendali Israel di wilayah utara. Pejabat pertahanan Israel yang berbicara dengan Wall Street Journal (WSJ) mengatakan jalan yang membelah Gaza – yang disebut “Koridor Netzarim”. 
22:10
22 Pebruari 2024

Gaza akan Dibelah Jadi Dua, Israel Bangun 'Sabuk Militer', Koridor Netzarim Membagi Gaza Menjadi Dua

Israel membangun ‘sabuk militer’ di Gaza untuk pengendalian keamanan jangka panjang.

Tel Aviv sedang melakukan penyelesaian akhir pada jalan sepanjang 8 km yang secara efektif akan membelah Jalur Gaza menjadi dua dan memperkuat kendali Israel di wilayah utara.

Tentara Israel bergegas menyelesaikan koridor timur-barat yang dibentengi di selatan Kota Gaza untuk membagi jalur tersebut menjadi dua.

Tujuannya adalah untuk menghalangi pengungsi Palestina untuk mencapai Gaza utara dan memperkuat pendudukan militer Tel Aviv menjelang rencana invasi darat ke Rafah di selatan.

Pejabat pertahanan Israel yang berbicara dengan Wall Street Journal (WSJ) mengatakan jalan yang membelah Gaza – yang disebut “Koridor Netzarim”.

Itu adalah bagian dari “rencana Tel Aviv untuk mempertahankan kontrol atas wilayah kantong tersebut untuk beberapa waktu.”

Pasukan penyerang telah merobohkan dan menghancurkan banyak rumah dan bangunan untuk membuka jalan bagi zona penyangga sepanjang satu kilometer di utara dan selatan koridor, termasuk Rumah Sakit Turki, kampus Universitas Al-Aqsa, dan seluruh desa Mughraqa dan Juhor al- Dik di Jalur Gaza bagian timur.

Koridor ini juga akan melintasi bekas pemukiman Netzarim, yang dievakuasi pada tahun 2005 sebagai bagian dari keluarnya mantan Perdana Menteri Ariel Sharon dari Gaza.

Para pejabat ingin pekerjaan di koridor tersebut selesai sebelum bulan suci Ramadhan diperkirakan dimulai pada awal Maret bertepatan dengan invasi ke Rafah.

Rafah adalah lokasi sebidang tanah kecil di dekat perbatasan Mesir di mana lebih dari satu juta pengungsi Palestina berkumpul di sana, itu adalah kota tenda yang sangat luas.

“Rute timur-barat dimaksudkan untuk digunakan dan dipatroli sampai operasi militer Israel di Gaza selesai, yang bisa memakan waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun,” kata para pejabat Israel kepada WSJ.

“Saya akan menyebutnya jangka panjang dan sementara – tentu saja sepanjang tahun 2024,” kata Miri Eisin, seorang pensiunan kolonel di tentara Israel, kepada outlet berita AS.

Pada bulan Januari lalu, pengamat menyoroti bahwa membagi Gaza menjadi dua adalah bagian utama dari apa yang digambarkan sebagai “fase ketiga” kampanye genosida Israel terhadap warga Palestina.

“Tahap pertama perang Tel Aviv adalah penghancuran massal dan pendudukan di Gaza utara; tahap kedua adalah pendudukan titik-titik penting di selatan Jalur Gaza, tempat warga sipil Palestina berbondong-bondong mencari keselamatan. Penarikan pasukan saat ini dari wilayah utara berarti bahwa Israel memperkuat rencana mereka di wilayah selatan dan bersiap untuk melanjutkan ke fase ketiga: perang yang panjang dan berintensitas rendah,” tulis Illiak.

“Saat memasuki tahap ketiga, tentara pendudukan bermaksud mempertahankan penyangga geografis di sekitar Jalur Gaza utara".

"Mereka juga berencana untuk terus menduduki wilayah Lembah Gaza (Gaza tengah) sambil menyelesaikan operasinya di Khan Yunis di selatan,” tegas jurnalis terkenal Lebanon tersebut.

Rencana Israel untuk membagi Gaza menjadi dua telah dilaporkan oleh media Israel sejak tahun 2018.

“Misi ofensif di dalam jalur tersebut akan dilakukan mulai sekarang oleh divisi penyerangan ujung tombak IDF, yang – menurut rencana – akan memasuki Gaza dan membelahnya menjadi dua, dan bahkan menduduki sebagian besar wilayah tersebut,” tulis analis Ynet Ron Ben-Yishai hampir enam tahun lalu.

Namun terlepas dari upaya terbaik Tel Aviv untuk memusnahkan perlawanan Palestina di Gaza utara, dalam beberapa hari terakhir, bentrokan dengan kekerasan semakin meningkat di wilayah yang diduga berada di bawah kendali tentara Israel.

Brigade Qassam mengumumkan pada Selasa sore bahwa para pejuangnya terlibat dalam bentrokan sengit melawan pasukan Israel di lingkungan Zaytoun Kota Gaza, menewaskan satu tentara “dari jarak nol.”

Sayap bersenjata Hamas juga mengumumkan serangan RPG terhadap beberapa tank Merkava Israel.

Bentrokan juga terjadi di kota selatan Khan Yunis ketika pasukan Israel bersiap memasuki Rafah.

Kekerasan yang terus berlanjut telah memaksa organisasi-organisasi kemanusiaan untuk mengurangi pengiriman makanan ke puluhan ribu warga Gaza yang masih berada di utara, ketika pasukan Israel tanpa pandang bulu menembaki konvoi PBB yang membawa pasokan penting.

(Sumber: The Cradle)

Tag:  #gaza #akan #dibelah #jadi #israel #bangun #sabuk #militer #koridor #netzarim #membagi #gaza #menjadi

KOMENTAR