Viral Foto Bayi di Gaza Meninggal Dibom Israel tapi Malah Disebut Boneka, sang Ibu Tak Terima
Muhammad Hani Al-Zahar. Viral foto jasad bayi Palestina dibilang boneka. Sang ibu tak terima dan kini ungkap kisah di baliknya. 
14:00
22 Februari 2024

Viral Foto Bayi di Gaza Meninggal Dibom Israel tapi Malah Disebut Boneka, sang Ibu Tak Terima

Foto seorang bayi yang meninggal akibat serangan Israel di Gaza, viral tahun lalu.

Foto bayi bernama Muhammad Hani Al-Zahar itu disebut boneka oleh banyak netizen di media sosial.

Dilansir ABC News, Muhammad Hani baru berusia 5 bulan ketika sebuah bom menghantam tempat ia mengungsi pada 1 Desember 2023 di Al-Mughraqa, dekat Kota Gaza.

Baru-baru ini, jurnalis dari ABC News menemukan keluarga Al-Zahar di kamp-kamp penampungan di Gaza bagian selatan.

Ibu dari Muhammad Hani kemudian menceritakan kisah bayinya itu.

“Saat pemboman terjadi, anak saya berteriak keras,” kata ibu Muhammad Hani, Asmahan Attia Al-Zahar (29), kepada ABC News.

"Setelah suara bom itu terdengar, saya tidak tahu apa yang terjadi."

"Saya bangun dan membawa putra saya, ibu saya, dan saudara perempuan saya dan lari dari tempat itu."

Keluarga Muhammad Hani Al-Zahar Keluarga Muhammad Hani Al-Zahar (ABC News)

Asmahan berkata ia kehilangan semuanya sejak rumah mereka sendiri dibombardir Israel pada November 2023.

Sejak itu, ia dan keluarga mengungsi berkali-kali.

Asmahan mengatakan bahwa dia terbangun pada bulan Desember dengan harapan bahwa jeda kemanusiaan selama seminggu antara Israel dan Hamas akan diperpanjang beberapa hari.

Gencatan senjata tidak berlangsung lama dan malah terjadi pemboman saat Asmahan sedang mengunjungi keluarganya dan mengumpulkan pakaian untuk keenam anaknya.

“Saya bangkit dan menggendong putra saya, dan kami berlari dari bawah debu dan bom, dan saya tidak tahu bahwa putra saya telah meninggal,” katanya.

Asmahan mengatakan bahwa para petugas medis mencoba untuk menghidupkan bayinya kembali, namun sang bayi dinyatakan meninggal di rumah sakit terdekat.

Muhammad Hani kemudian dibawa ke Rumah Sakit Martir Al-Alqsa di Dei al-Balah untuk dimakamkan.

Foto bayi Muhammad yang dibungkus kain kafan putih dengan mulut dan mata terbuka sambil digendong oleh ibu dan kakeknya di luar rumah sakit menjadi viral.

Foto-foto tersebut diambil oleh jurnalis foto lokal Ali Jadallah yang mempublikasikannya di akun Instagram miliknya, @alijadallah66 pada 1 Desember 2023.

Ali Jadallah tidak sendirian dalam mendokumentasikan kejadian tersebut.

Beberapa jurnalis foto lokal lainnya mendokumentasikan kejadian tersebut dan menerbitkan video perpisahan terakhir sang bayi.

Gambar-gambar tersebut juga dipublikasikan oleh Getty Images.

Namun, beberapa netizen membantah keberadaan si bayi dan menyebut bayi itu adalah boneka.

"Saya menyusuinya. Bagaimana bisa dia dibilang boneka? Dia bukan boneka. Dia anakku,” kata Asmahan.

Informasi yang salah, disinformasi, dan propaganda telah tersebar luas selama konflik Israel-Hamas saat ini, menurut pakar.

“Saya pikir intensitas wacana online seputar Israel dan Palestina jauh lebih buruk daripada yang pernah saya lihat dalam konflik mana pun,” kata Elliot Higgins, pendiri kelompok investigasi independen bernama Bellingcat.

“Orang-orang tidak mencari kebenaran dalam banyak kasus, tapi pada dasarnya hanya mencari hal-hal untuk saling menghina secara online."

"Ini sebenarnya hanya tentang orang-orang yang memperdebatkan posisi mereka, pendapat mereka, dan tidak benar-benar membuktikan kebenaran sebenarnya atas apa yang terjadi, "tambah Higgins.

Sementara itu, Muhammad Hani hanyalah salah satu dari 12.300 anak-anak Palestina yang terbunuh di Gaza hanya dalam waktu empat bulan, menurut Kementerian Kesehatan Gaza yang dikelola Hamas.

Di Jalur Gaza, setidaknya 29.195 orang tewas dan 69.170 lainnya terluka oleh pasukan Israel sejak 7 Oktober, menurut Kementerian Kesehatan Gaza yang dikuasai Hamas.

Adapun Asmahan dan anak-anaknya yang tersisa, sebagian besar kini mengungsi dan tinggal di tenda-tenda.

"Rumah kami hilang. Anak-anak kami hilang. Cukup. Kasihanilah kami. Sumpah, kami lelah. Psikologi kami hancur. Psikologi anak-anak kami hancur. Kami tidak bisa lagi memberikan apa pun untuk mereka," ujar Asmahan.

(Tribunnews.com, Tiara Shelavie)

Editor: Nanda Lusiana Saputri

Tag:  #viral #foto #bayi #gaza #meninggal #dibom #israel #tapi #malah #disebut #boneka #sang #terima

KOMENTAR