Warga Gaza Olah Pakan Ternak untuk Dimakan, Truk Bantuan Kemanusiaan UNRWA Tak Bisa Masuk Gaza Utara
Antrean 30 truk pembawa bantuan untuk warga Palestina di Gaza dari Bulan Sabit Merah. 
18:50
9 Februari 2024

Warga Gaza Olah Pakan Ternak untuk Dimakan, Truk Bantuan Kemanusiaan UNRWA Tak Bisa Masuk Gaza Utara

Iring-iringan truk bantuan kemanusiaan tidak bisa masuk ke Gaza, UNRWA tidak dapat mengirimkan bantuan makanan ke Gaza Utara.

Setengah dari permintaan misi bantuan UNRWA ke Gaza utara telah ditolak tahun ini, menurut Badan Pengungsi Palestina PBB.

“Terakhir kali UNRWA diizinkan mengirimkan makanan ke utara atau Wadi Gaza adalah pada tanggal 23 Januari,” kata Philippe Lazzarini, Komisaris Jenderal UNRWA dalam pernyataannya di X, Kamis.

“Sejak awal tahun, setengah dari permintaan misi bantuan kami ke utara ditolak,” tambahnya.

PBB, kata Lazzarini, telah mengidentifikasi kantong-kantong kelaparan dan kelaparan di bagian utara Gaza, tempat masyarakat diyakini berada di ambang kelaparan".

“Setidaknya 300.000 orang yang tinggal di wilayah tersebut bergantung pada bantuan kami untuk kelangsungan hidup mereka,” tegas Sekjen PBB tersebut.

Mencegah akses berarti mencegah bantuan kemanusiaan yang menyelamatkan jiwa, lanjutnya. “Dengan kemauan politik yang diperlukan, hal ini dapat dengan mudah dibatalkan.”

Warga Gaza Mengolah Pakan Ternak untuk Dimakan

Sebelumnya, UNRWA juga menulis di X bahwa “Rekan-rekan kami di Gaza utara melaporkan ‘tidak ada yang bisa dimakan. Pakan ternak digiling dan dimasak untuk dimakan’.”

Sebuah video yang beredar di media sosial menunjukkan orang-orang di sebuah pabrik di Gaza utara menggiling pakan ternak untuk membuat tepung, karena kurangnya tepung terigu, menurut kantor berita Anadolu.

Lazzarini menegaskan kembali bahwa UNRWA “adalah jalur penyelamat utama bagi Pengungsi Palestina di Gaza dan Timur Tengah.”

“Dukungan yang lebih besar diperlukan untuk UNRWA, bukan lebih sedikit”, tambahnya.

Sementara itu, UNRWA juga mengunggah gambar udara dari Gaza utara yang memperlihatkan kehancuran total, dan mengatakan bahwa daerah tersebut “tidak dapat dikenali.”

“Situasinya sangat buruk. Tidak ada satu rumah pun yang tidak rusak,” tulis postingan tersebut.

“Abdallah, rekan kami yang mengambil foto ini, menggambarkan kehancuran yang tak terbayangkan. Seluruh lingkungan hilang tanpa jejak. Orang-orang lelah, tidak ada yang bisa dimakan”.

Serangan militer Israel di Jalur Gaza telah menyebabkan 85 persen populasi menjadi pengungsi di tengah kekurangan makanan, air bersih, dan obat-obatan, menurut PBB.

Pendanaan UNRWA Ditangguhkan

Untuk menambah buruk situasi kemanusiaan, beberapa negara Barat termasuk AS, Inggris dan Perancis, telah menangguhkan pendanaan senilai $440 juta kepada URWA setelah Israel menuduh beberapa pegawainya terlibat dalam operasi tanggal 7 Oktober yang dilakukan oleh Perlawanan Palestina.

UNRWA memutuskan kontrak staf yang bersangkutan, dan penyelidikan independen sedang dilakukan.

Badan Bantuan telah memperingatkan bahwa mereka “kemungkinan besar” akan terpaksa menghentikan operasinya di Gaza dan juga di seluruh wilayah pada akhir Februari jika pendanaan tetap ditangguhkan.

Menurut Kementerian Kesehatan Gaza, 27,840 warga Palestina telah terbunuh, dan 67,317 terluka dalam genosida Israel yang sedang berlangsung di Gaza mulai tanggal 7 Oktober.

Selain itu, setidaknya 8.000 orang masih belum ditemukan, diperkirakan tewas di bawah reruntuhan rumah mereka di seluruh Jalur Gaza.

Perkiraan Palestina dan internasional menyebutkan bahwa mayoritas dari mereka yang terbunuh dan terluka adalah perempuan dan anak-anak.

Agresi Israel juga mengakibatkan hampir dua juta orang terpaksa mengungsi dari seluruh Jalur Gaza, dengan sebagian besar pengungsi terpaksa mengungsi ke kota Rafah di bagian selatan yang padat penduduknya, dekat perbatasan dengan Mesir – yang kini menjadi kota terbesar di Palestina. eksodus massal sejak Nakba 1948.

(Sumber: Palestine Chronicle)

Tag:  #warga #gaza #olah #pakan #ternak #untuk #dimakan #truk #bantuan #kemanusiaan #unrwa #bisa #masuk #gaza #utara

KOMENTAR