Tiongkok, Russia, dan Iran Bersiap Lakukan Latihan Militer Bersama Imbas Serangan Intens AS ke Timur Tengah
Tiongkok, Rusia dan Iran akan bersiap melakukan latihan bersama (Sumber Foto : South China Morning Post)
15:36
8 Februari 2024

Tiongkok, Russia, dan Iran Bersiap Lakukan Latihan Militer Bersama Imbas Serangan Intens AS ke Timur Tengah

 

Tiongkok, Rusia dan Iran bersama dengan beberapa negara lain yang diundang akan bersiap melakukan Latihan militer dalam beberapa minggu kedepan imbas dari serangan balasan AS yang semakin intens ke wilayah Timur Tengah.

Dilansir melalui SCMP, Kamis (8/2), kabar ini disampaikan langsung oleh komandan Angkatan laut Iran Laksamana Mudah Shahram Irani, yang melaporkan bahwa akan ada Latihan militer bersama yang akan diadakan sebelum akhir Maret dengan tujuan untuk ‘keamanan regional’.

”strategi utama Angkatan Darat Iran dalam situasi saat ini adalah menjaga kepentingan dan sumber daya ekonomi Islam dan rakyatnya.” Ujar Komandan Irani mengutip dari iranintl.commengacu pada meningkatnya ketegangan di Timur Tengah yang dipicu oleh invasi milisi Hamas yang didukung Iran ke Israel pada 7 Oktober 2023.

Di kesempatan berbeda komandan Irani mengungkapkan sejumlah negara akan turut andil dan diundang untuk mengambil bagian dalam Latihan tersebut diantaranya Pakistan, Brasil, Oman, India dan Afrika Selatan.

Ia tidak menyebutkan dimana lokasi tempat diselenggarakannya Latihan kali ini, tetapi melihat dari Latihan yang dilakukan pada Maret tahun lalu, tiga negara tersebut melakukan Latihan di Trilateral di Teluk Oman.

Latihan bersama ini pernah dilakukan pada tahun lalu dengan bernama ‘Securit Bond 2023’ yang berjalan lima hari yang memuat pelatihan terhadap anti terorisme, anti pembajakan termasuk penyelamatan simulasi kapal dagang yang dibajak.

Namun berbeda dengan Latihan bersama kali ini, Latihan bersama tahun ini muncul saat ketegangan memanas di Timur Tengah dengan koalisi pimpinan As yang meluncurkan putaran ketiga serangan terhadap target Houthi di Yaman pada hari Sabtu.

Serangan itu sebagai tanggapan atas serangan sebelumnya yang dilakukan oleh Milisi Houthi yang membajak kapal-kapal komersil milik AS di Laut Merah.

Pembajakan yang dilakukan oleh Houthi ini sebagai bentuk atas dukunganya terhadap Palestina yang saat ini wilayahnya Tengah diduduki oleh Israel.

Houthi berambisi tidak akan berhenti untuk mengusik kapal-kapal milik AS sebelum kebebasan diberikan untuk warga Palestina yang ada di Gaza.

Pentagon melaporkan bahwa sekitar 36 target di 13 lokasi di Yaman diserang oleh AS dalam putaran serangan terbaru yang bertujuan mengganggu kemampuan kelompok yang didukung Iran yaitu Houthi.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #tiongkok #russia #iran #bersiap #lakukan #latihan #militer #bersama #imbas #serangan #intens #timur #tengah

KOMENTAR