Kontak Tembak IDF dan Hizbullah Makan Korban Prajurit TNI, Tank Merkava Milik Tentara Israel Hantam Markas PBB
Konflik di perbatasan Lebanon-Israel makin memanas. Hizbullah menerbangkan drone, menembakkan rudal, dan serangan udara ke wilayah Israel. (Hassan Ammar/AP Photo)
22:06
11 Oktober 2024

Kontak Tembak IDF dan Hizbullah Makan Korban Prajurit TNI, Tank Merkava Milik Tentara Israel Hantam Markas PBB

 

- Markas Besar (Mabes) TNI mengonfirmasi bahwa kontak tembak antara Israel Defense Force (IDF) dengan Hizbullah menyebabkan salah satu tower pengamatan di Markas United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL), Naqoura, Lebanon Selatan terkena tembakan Tank Merkava milik IDF. Akibatnya, prajurit TNI yang bertugas di sana mengalami luka-luka. 

Berdasar informasi yang beredar, dikabarkan ada dua prajurit TNI yang terluka akibat tembakan tersebut. Namun demikian, Mabes TNI tidak menyebutkan jumlah personel TNI yang terluka pasca peristiwa tersebut.

"Akibat kejadian tersebut personel TNI terkena rekoset, mengalami luka ringan pada kaki dan dalam kondisi normal," terang Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Hariyanto pada Kamis malam (10/10).

Informasi yang diterima oleh Mabes TNI menyebutkan bahwa aksi saling serang antara IDF dan Hizbullah terjadi Kamis sekitar pukul 05.05 waktu Naqoura. Kontak tembak dan saling serang di antara kedua belah pihak terpantau dan terdengar oleh pasukan UNIFIL yang berada di markas.

"Terdengar ledakan dan luncuran (senjata) dari kedua belah pihak," ungkap Mayjen Hariyanto.

Jenderal bintang dua TNI AD itu pun menambahkan, situasi panas antara IDF dan Hizbullah terus terjadi hingga Tank Merkava IDF terpantau keberadaannya di sekitar Green Hill. Tidak lama setelah itu, salah satu tower pengamatan di Markas UNIFIL kena hantam tembakan Tank Merkava milik IDF. Berdasar foto yang beredar, tower yang terkena hantaman sampai berlubang.

"Rekoset luncuran mengenai tower pengamatan 14 yang diduduki oleh personel pengamat situasi," terang Kapuspen. 

Dari keterangan yang disampaikan oleh UNIFIL melalui akun media sosial resmi mereka, disampaikan bahwa dua orang personel Pasukan Penjaga Perdamaian mengalami luka-luka setelah Tank Merkava milik IDF menembakkan senjatanya ke arah menara pengamatan di Markas UNIFIL, Naqoura. Serangan itu langsung mengenai menara pengamatan dan menyebabkan kedua pasukan penjaga perdamaian terjatuh.

"Untungnya luka mereka (dua Pasukan Penjaga Perdamaian, Red) kali ini tidak serius. Namun, mereka masih dirawat di rumah sakit," tulis UNIFIL.

Editor: Estu Suryowati

Tag:  #kontak #tembak #hizbullah #makan #korban #prajurit #tank #merkava #milik #tentara #israel #hantam #markas

KOMENTAR