Israel Tak Akan Biarkan Palestina Merdeka Sepenuhnya Setelah Perang Berakhir, Militer Tetap Kendalikan Jalur Gaza
Menhan Israel Yoav Gallant mengatakan bahwa Israel tetap mempertahankan kendali militer atas Jalur Gaza meski perang berakhir. (Middle East Monitor)
06:51
1 Februari 2024

Israel Tak Akan Biarkan Palestina Merdeka Sepenuhnya Setelah Perang Berakhir, Militer Tetap Kendalikan Jalur Gaza

Israel tetap akan menguasai Palestina meski perang di Gaza selesai. Impian Palestina merdeka sepenuhnya seperti yang Hamas perjuangkan kemungkinan tidak akan dibiarkan oleh Israel. Menteri Pertahanan Yoav Gallant mengatakan bahwa Israel akan tetap mempertahankan kendali militer atas Jalur Gaza meski perang berakhir.

“Setelah perang, ketika perang usai, saya pikir sudah jelas bahwa Hamas tidak akan menguasai Gaza. Israel akan mengendalikannya secara militer tetapi tidak akan mengendalikannya secara sipil,” kata Gallant kepada Komite Urusan Luar Negeri dan Pertahanan Knesset sebagaimana dikutip dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh Knesset (parlemen).

“Ketika kita berbicara tentang kebebasan operasi militer, lihat apa yang terjadi malam ini di Jenin,” kata Gallant, mengacu pada pembunuhan tiga warga Palestina di Rumah Sakit Ibnu Sina pada hari Selasa (30/1), oleh tentara Israel yang menyamar sebagai dokter, perawat, dan warga sipil.

"Ini adalah kebebasan operasi militer pada tingkat tertinggi, namun kami tidak mengontrol wilayah tersebut dalam arti sipil, Hal ini bisa dicapai (di Gaza juga), dan itu akan memakan waktu," imbuh Gallant.

Israel menduduki Jalur Gaza setelah perang Timur Tengah tahun 1967, namun menarik diri dari wilayah kantong pantai Palestina tersebut pada tahun 2005.

Mengenai terowongan dan kemampuan militer Hamas, Gallant mengatakan bahwa mengungkap dan menghancurkan infrastruktur militer Hamas yang ada merupakan hal yang terbatas dan akan terus dilakukan.

Israel melancarkan serangan mematikan di Jalur Gaza setelah serangan Hamas pada 7 Oktober 2023 lalu dan menewaskan sedikitnya 26.751 warga Palestina dan melukai 65.636 orang, sementara hampir 1.200 warga Israel diyakini tewas dalam serangan Hamas. Haaretz (surat kabar Israel) mengungkap bahwa helikopter dan tank tentara Israel, pada kenyataannya, telah membunuh banyak dari 1.139 tentara dan warga sipil yang diklaim oleh Israel telah dibunuh oleh Perlawanan Palestina.

Serangan Israel telah menyebabkan 85 persen penduduk Gaza menjadi pengungsi di tengah kekurangan makanan, air bersih dan obat-obatan, sementara 60 persen infrastruktur di wilayah kantong tersebut telah rusak atau hancur, menurut PBB.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #israel #akan #biarkan #palestina #merdeka #sepenuhnya #setelah #perang #berakhir #militer #tetap #kendalikan #jalur #gaza

KOMENTAR