Dihentikan, Inggris Tidak Akan Lagi Berikan Pendanaan di PBB Untuk Pengungsi Palestina
Pengungsi Palestina berpindah dari Khan Younis ke Rafah, Gaza selatan. Sumber Foto: Mohammed Sabre/EPA
15:24
28 Januari 2024

Dihentikan, Inggris Tidak Akan Lagi Berikan Pendanaan di PBB Untuk Pengungsi Palestina

 

 – Di tengah krisis kemanusiaan di Jalur Gaza, negara AS, Inggris, dan negara-negara barat lainnya akan membekukan pendanaan bagi badan PBB untuk pengungsi Palestina.

Dilansir dari The Guardian, Minggu (28/1), Inggris, Jerman, Italia, Belanda, Swiss dan Finlandia sendiri bergabung dengan Amerika Serikat, Australia dan Kanada juga menghentikan pendanaan UNRWA.

Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Palestina atau UNRWA, mengungkapkan penyelidikan telah diluncurkan terhadap 12 anggota staf yang diduga ikut ambil bagian dalam serangan 7 Oktober 2023 yang dipimpin oleh Hamas yang menewaskan 1.140 orang.

Perang balasan Israel telah menewaskan 26.000 orang dan memicu krisis kemanusiaan yang mengerikan, dengan sekitar 85% dari 2,3 juta penduduk Israel mengungsi dari rumah mereka.

Komisaris jenderal badan tersebut, Philippe Lazzarini, pada hari Sabtu menyebut keputusan untuk menangguhkan dana tersebut mengejutkan dan mendesak negara-negara yang terlibat untuk mengubah arah.

“Keputusan ini mengancam pekerjaan kemanusiaan kami yang sedang berlangsung di seluruh wilayah termasuk dan khususnya di Jalur Gaza,” katanya.

Pada hari Jumat, Lazzarini mengatakan bahwa Israel memberikan bukti kepada UNRWA bahwa staf badan tersebut telah terlibat pada tanggal 7 Oktober.

“Saya telah mengambil keputusan untuk segera mengakhiri kontrak para anggota staf ini dan meluncurkan penyelidikan untuk mengungkap kebenaran tanpa penundaan,” katanya.

“Setiap pegawai UNRWA yang terlibat dalam aksi teror akan dimintai pertanggungjawaban, termasuk melalui tuntutan pidana.”

Namun pernyataan Lazzarini tidak cukup untuk mencegah beberapa penyandang dana terbesar organisasi tersebut menghentikan dukungan mereka.

Kementerian Luar Negeri Inggris segera mengikuti jejak AS, Australia, dan sekutu utama lainnya dalam membekukan pendanaannya untuk badan tersebut.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #dihentikan #inggris #tidak #akan #lagi #berikan #pendanaan #untuk #pengungsi #palestina

KOMENTAR