Terbukti Miskin Taktik? Rusia Tiru Strategi Ukraina Gunakan FPV Pencegat Berkecepatan Tinggi
Drone FPV anti-udara Ukraina dari sudut pandang drone pengintai Rusia. Rusia tampaknya bakal meniru taktik Angkatan Pertahanan Ukraina menggunakan FPV pencegat berkecepatan tinggi, bukti nyata akhirnya terkuak 
15:30
19 September 2024

Terbukti Miskin Taktik? Rusia Tiru Strategi Ukraina Gunakan FPV Pencegat Berkecepatan Tinggi

- Rusia tampaknya bakal meniru taktik Angkatan Pertahanan Ukraina menggunakan FPV pencegat.

Taktik yang dimaksud adalah menggunakan helikopter kecil yang dioperasikan dari jarak jauh (drone FPV) untuk melawan kendaraan udara pengintaian nirawak khusus.

Dugaan tersebut semakin bulat lantaran FPV Rusia semakin sering terlihat selama beberapa bulan terakhir.

Pasukan Ukraina pun sering kali memergoki aksi militer Rusia di wilayah mereka.

Diberitakan Defence Express, untuk pertama kalinya terbukti operator drone Rusia juga menggunakan metode serupa.

Dalam rekaman tersebut, sebuah pesawat nirawak FPV Rusia mendekati sebuah pesawat nirawak Furia milik Ukraina dan menjatuhkannya dengan cara menabraknya dengan kecepatan tinggi.

Tidak seperti banyak penjatuhan pesawat nirawak yang pernah terlihat sebelumnya dari pihak Ukraina, FPV tersebut tidak menghancurkan atau meledakkan target.

Adapun pengenalan apa yang disebut pesawat nirawak FPV antipesawat ke dalam pasukan invasi Rusia hanyalah masalah waktu.

Bengkel-bengkel amatir telah membuat dan meningkatkan produksi pesawat nirawak FPV setara dengan pesawat nirawak Ukraina, meskipun sebagian besar tertinggal dalam hal volume atau fleksibilitas dalam mengadopsi teknologi baru.

Pertanyaannya adalah, seberapa cepat Rusia dapat meningkatkan praktik penggunaan FPV untuk mencegat kendaraan udara musuh.

Bagaimanapun, helikopter harus memiliki kemampuan yang sesuai untuk mengejar dan menghancurkan UAV bersayap, dan FPV berkecepatan tinggi yang dirancang khusus ini perlu diproduksi secara massal.

Sejauh ini, ini merupakan satu-satunya contoh visual yang terkonfirmasi tentang keberhasilan FPV Rusia dalam mencegat pesawat nirawak Ukraina.

Sementara itu, pasukan Ukraina telah menerapkan praktik ini secara umum dan menerbitkan lusinan video setiap bulan yang menunjukkan bagaimana FPV sekali pakai mereka menetralkan pesawat nirawak pengintai Rusia, sebagian besar dengan meledakkan amunisi fragmentasi kecil dari jarak dekat.

Untuk menggambarkan skalanya, unit Signum dari Brigade Mekanik ke-93 Ukraina melaporkan awal September mereka berhasil menghancurkan setiap pesawat nirawak di wilayah operasi mereka, yaitu, 49 pesawat nirawak pengintai Rusia, termasuk seri Zala, seri Supercam, dan UAV Orlan-10.

Dampak yang dibawa teknologi ini ke garis depan hanya dalam waktu kurang dari dua bulan penggunaan aktif (terekam) memungkinkan untuk mempertimbangkan FPV pencegat sebagai pengganti rudal pertahanan udara yang langka dan layak dan hemat biaya.

Dengan pasukan Rusia yang kini juga mengembangkan teknologi yang sama, isu yang relevan adalah menemukan tindakan penanggulangan.

Salah satu cara untuk mengatasi masalah yang muncul adalah dengan meningkatkan produksi pesawat pengintai tanpa awak sendiri sehingga dapat segera diisi ulang jika jatuh, seperti yang disarankan oleh Serhii "Flash" Beskrestnov, pakar peperangan elektronik dan komunikasi Ukraina.

Pasukan Rusia, yang sejauh ini telah menderita kerugian yang jauh lebih besar akibat drone FPV antipesawat dan menginvestasikan lebih banyak sumber daya untuk mencari jawaban, belum dapat menemukan solusi yang efektif.

Situasi ini menunjukkan hingga solusi tersebut ditemukan, akan terjadi perlombaan siapa yang mampu memproduksi pesawat pengintai dan pesawat pencegat yang lebih cepat, dan pada akhirnya menang dalam jumlah banyak.

Kerjasama Rahasia

Presiden AS Joe Biden dan Perdana Menteri Inggris Keir Starmer membahas kemungkinan Rusia berbagi rahasia nuklir dengan Iran sebagai imbalan atas transfer rudal balistik Iran untuk upaya perang di Ukraina.

Menurut situs berita Inggris The Guardian, kedua pemimpin membahas prospek kesepakatan tersebut selama pertemuan mereka di Gedung Putih pada hari Jumat.

Jika dikonfirmasi, hal ini akan memberikan bukti lebih lanjut tentang sifat nonsipil dari program nuklir Iran.

Pekan lalu, Rusia dan Iran mendeklasifikasi materi yang mengungkapkan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin telah menerima pengiriman rudal balistik Fath-360 dari Iran.

Hal ini terjadi tak lama setelah Amerika Serikat, Inggris Raya, Jerman, dan Prancis mengecam rezim Iran karena gagal bekerja sama dengan Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA).

Keempat negara tersebut merujuk pada “terus berlanjutnya perluasan kegiatan nuklir Iran, yang semakin melanggar” perjanjian dalam kesepakatan nuklir, atau Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA).

Pernyataan yang dikeluarkan oleh negara-negara Barat menuduh Iran "secara terang-terangan melanggar semua batasan JCPOA baik dalam pengayaan maupun akumulasi uranium yang diperkaya. Stok uranium yang diperkaya tinggi hingga 60 persen terus bertambah secara signifikan, tanpa pembenaran sipil yang kredibel."

Iran juga terus meningkatkan kapasitas produksi uraniumnya selama setahun terakhir dengan memasang dan mengaktifkan sentrifus baru dan canggih untuk memproduksi uranium murni.

“Meningkatnya aktivitas nuklir Iran secara signifikan membahayakan keamanan internasional dan merusak arsitektur nonproliferasi global,” pernyataan itu memperingatkan.

Pernyataan itu muncul menyusul rilis penilaian terbaru IAEA atas kepatuhan Iran terhadap perlindungan Perjanjian Non-Proliferasi Nuklir (NPT) pada akhir Agustus.

Penilaian tersebut menyatakan Iran gagal mematuhi tuntutan resolusi dewan IAEA terbaru dari Juni 2024.

Laporan itu mengungkap peningkatan berkelanjutan Iran dalam persediaan uranium yang diperkaya hingga mendekati tingkat senjata, dengan total 64,7 kilogram (142,7 pon) uranium yang diperkaya hingga 60 persen hingga 17 Agustus.

Ini merupakan peningkatan sebesar 22,6 kilogram (49,8 pon) sejak laporan terakhir IAEA pada Mei 2024.

Andrea Stricker, Peneliti FDD dan Wakil Direktur Program Nonproliferasi dan Biopertahanan FDD, mengatakan: “Komunitas intelijen AS tidak dapat lagi menegaskan bahwa Iran tidak melakukan aktivitas senjata nuklir, namun kebijakan Washington terhadap Iran masih belum jelas. Para pembuat undang-undang khawatir bahwa rezim tersebut dapat memanfaatkan kegagalan kebijakan ini dan kekacauan musim pemilihan AS untuk segera memiliki senjata nuklir.”

Pada bulan Juni, kantor berita Axios melaporkan, menurut beberapa laporan intelijen AS dan Israel, ilmuwan nuklir Iran telah melakukan pekerjaan yang terkait dengan "persenjataan" bahan nuklir Iran, sementara sebuah cerita di Wall Street Journal pada awal Agustus mengutip seorang pejabat AS yang mengatakan penelitian tersebut "dapat mempersempit kesenjangan pengetahuan yang dihadapi Teheran dalam menguasai kemampuan untuk membangun senjata."

Jika Rusia menyediakan Iran dengan keahlian teknis untuk membantunya meningkatkan proses manufaktur, hal itu dapat memungkinkan rezim tersebut memproduksi uranium tingkat senjata dengan cepat dalam waktu singkat dengan persediaan yang ada.

Update Perang Rusia-Ukraina

Tank Rusia terbakar dibom pasukan Ukraina di Donetsk Tank Rusia terbakar dibom pasukan Ukraina di Donetsk (screenshot/Ukrinform)

Berikut ini peristiwa terbaru yang terjadi selama perang Rusia-Ukraina yang telah memasuki hari ke-936 pada Senin (16/9/2024).

Moskow dan Kyiv saling serang dengan pesawat nirawak dan rudal selama akhir pekan.

Angkatan Udara Ukraina mengatakan pada hari Minggu (15/9/2024), bahwa mereka menembak jatuh 10 dari 14 pesawat nirawak dan satu dari tiga rudal yang diluncurkan Rusia semalam.

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Rusia melaporkan mereka menembak jatuh 29 pesawat nirawak Ukraina di wilayah barat dan barat daya.

Tak ada kerusakan yang disebabkan oleh puing-puing yang jatuh, The Guardian melaporkan.

Mereka juga mengatakan pesawat nirawak Ukraina lainnya ditembak jatuh pada Minggu (15/9/2024) pagi di wilayah Ryazan barat.

Selengkapnya, simak peristiwa lainnya yang dirangkum Tribunnews.com berikut ini.

Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-939:

Berikut ini peristiwa yang berlangsung selama perang Rusia-Ukraina di hari ke-939 pada Kamis (19/9/2024).

Pemerintahan Presiden Joe Biden masih belum yakin mereka harus memberi Ukraina kewenangan untuk meluncurkan rudal jarak jauh lebih jauh ke Rusia.

Pejabat Amerika Serikat (AS) mengaku mereka mencari informasi lebih rinci tentang bagaimana Kyiv akan menggunakan senjata tersebut dan bagaimana senjata itu sesuai dengan strategi perang yang lebih luas, Associated Press melaporkan pada hari Rabu.

Dikutip The Guardian, pejabat AS mengatakan mereka telah meminta Ukraina untuk menjelaskan dengan lebih jelas tujuan tempurnya.

Laporan itu muncul seminggu setelah Biden membahas pelonggaran pembatasan penggunaan rudal jarak jauh Ukraina yang dipasok oleh barat dengan perdana menteri Inggris Keir Starmer.

Selengkapnya, simak peristiwa lainnya berikut ini.

1.Trump dan Zelensky akan bertemu

Calon presiden (Capres) dari Partai Republik, Donald Trump mengatakan pada hari Rabu (18/9/2024), ia "mungkin" akan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Zelensky dijadwalkan menginjakkan kakinya lagi di AS pekan depan.

Di AS, Zelensky akan untuk berpidato pada pertemuan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengenai perang Rusia di negaranya.

Mungkin, ya," kata Trump menanggapi pertanyaan dari seorang reporter tentang apakah ia akan bertemu dengan pemimpin Ukraina tersebut.

Trump tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Sebelumnya, Zelensky mengatakan pada bulan Agustus bahwa ia ingin menyampaikan rencana perdamaian kepada Presiden AS Joe Biden, wakil presiden Kamala Harris dan Trump.

Sementara Trump dan Zelensky sempat berbicara melalui telepon pada bulan Juli, mereka belum berbicara secara langsung sejak masa jabatan Trump 2017-2021.

2. Serangan Drone Ukraina terhadap Depot Senjata Rusia

Serangan pesawat nirawak Ukraina terhadap depot senjata besar Rusia menyebabkan ledakan yang terekam oleh stasiun pemantau gempa bumi, dalam salah satu serangan terbesar terhadap gudang senjata militer Moskow sejak perang dimulai.

Para blogger militer pro-Rusia mengatakan Ukraina menyerang gudang senjata untuk menyimpan rudal, amunisi, dan bahan peledak di Toropets, kota bersejarah lebih dari 300 mil di utara Ukraina dan sekitar 230 mil di barat Moskow.

Video dan gambar di media sosial menunjukkan bola api besar membumbung tinggi ke langit malam dan ledakan menggelegar di seberang danau, di wilayah yang tidak jauh dari perbatasan dengan Belarus.

3. UE Tingkatkan Pertahanan

Uni Eropa (UE) harus segera meningkatkan pertahanannya karena Rusia mungkin siap menghadapi konfrontasi dalam enam hingga delapan tahun, kata calon komisaris pertahanan pertama Uni Eropa kepada Reuters dalam sebuah wawancara.

Andrius Kubilius, mantan perdana menteri Lithuania, telah ditunjuk untuk meningkatkan industri persenjataan benua itu, dengan membuat negara-negara Uni Eropa membelanjakan lebih banyak untuk senjata Eropa dan melakukan pengadaan bersama – serta dengan membuat perusahaan-perusahaan itu sendiri lebih banyak bekerja sama lintas batas.

Jabatan baru tersebut mencerminkan bagaimana keamanan telah menjadi prioritas utama agenda politik Uni Eropa sejak invasi Rusia ke Ukraina tahun 2022.

“Menteri pertahanan dan jenderal NATO sepakat bahwa Vladimir Putin dapat siap menghadapi konfrontasi dengan NATO dan Uni Eropa dalam enam hingga delapan tahun,” kata Kubilius, seorang kritikus keras Rusia dan pendukung Ukraina, pada hari Rabu

4. Putin Perintahkan Penambahan Jumlah Tentara

Presiden Rusia, Vladimir Putin pada hari Rabu (18/9/2024) mengatakan ia telah memerintahkan penambahan jumlah tentara Rusia menjadi 1,5 juta tentara aktif awal minggu ini untuk memastikan militer yang terlatih dengan baik.

Presiden telah menandatangani dekrit untuk menambah jumlah pasukan aktif sebanyak 180.000 tentara pada hari Senin (16/9/2024).

Dengan perintah tersebut, jika sudah direalisasikan maka tentara Rusia menjadi yang terbesar kedua di dunia berdasarkan jumlah pasukan aktif.

5. Inggris Panggil Dubes Rusia

Pemerintah Inggris pada hari Rabu (18/9/2024) mengatakan telah memanggil Duta Besar Rusia untuk mengutuk apa yang disebutnya sebagai "kampanye agresi publik yang belum pernah terjadi sebelumnya dan tidak berdasar terhadap Inggris".

"Andrei Kelin diberitahu bahwa perilaku Rusia, termasuk klaim "jahat dan sama sekali tidak berdasar" tentang memata-matai enam diplomat Inggris, melanggar Konvensi Wina tentang hubungan diplomatik," kata Kementerian Luar Negeri Inggris.

6. IMF Tunda Misi ke Moskow

Dana Moneter Internasional (IMF) telah menunda misi stafnya ke Moskow minggu ini untuk meninjau ekonomi Rusia untuk pertama kalinya sejak invasi Ukraina.

Langkah tersebut sempat mendapat kritik keras dari beberapa sekutu Eropa Kyiv.

Setelah terungkapnya kecaman luas di Guardian, IMF mengatakan akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengumpulkan informasi untuk "analisis yang cermat".

(Tribunnews.com/ Chrysnha, Andari Wulan Nugrahani)

Editor: Nanda Lusiana Saputri

Tag:  #terbukti #miskin #taktik #rusia #tiru #strategi #ukraina #gunakan #pencegat #berkecepatan #tinggi

KOMENTAR