Israel Rampungkan Persiapan Invasi ke Lebanon, Netanyahu Perintahkan Perangi Hizbullah Habis-habisan
Tank Merkava militer Israel. Negeri Yahudi itu dilaporkan tengah menyiapkan serangan besar-besaran ke Lebanon. Ini menandai babak baru dalam konflik IDF dan Hizbullah. 
08:40
9 September 2024

Israel Rampungkan Persiapan Invasi ke Lebanon, Netanyahu Perintahkan Perangi Hizbullah Habis-habisan

- Israel dilaporkan tengah menyiapkan serangan besar-besaran ke Lebanon. Ini menandai babak baru dalam konflik IDF dan Hizbullah.

Hari Minggu (8/9/2024), Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan, ia telah menginstruksikan tentara dan pasukan keamanan untuk bersiap mengubah situasi di perbatasan Lebanon.

Titik ini adalah hot spot di mana militer Israel terlibat dalam bentrokan hampir setiap hari dengan Hizbullah sejak 8 Oktober tahun lalu.

“Proksi terkuat Iran adalah Hizbullah di Lebanon. Saya telah menginstruksikan IDF (tentara) dan semua pasukan keamanan untuk bersiap mengubah situasi ini. Kami berkewajiban untuk mengembalikan semua penduduk di utara ke rumah mereka dengan aman,” kata Netanyahu selama sesi kabinet mingguan, menurut Channel 12 Israel.

Konflik 11 bulan dengan Hizbullah telah memaksa ribuan penduduk Israel utara untuk mengungsi.

Kekerasan lintas batas telah menewaskan sekitar 614 orang di Lebanon, sebagian besar pejuang tetapi juga termasuk 138 warga sipil, menurut penghitungan AFP.

Di pihak Israel, termasuk di Dataran Tinggi Golan yang dianeksasi, pihak berwenang telah mengumumkan tewasnya sedikitnya 24 tentara dan 26 warga sipil.

Israel dan Hizbullah pada tanggal 25 Agustus saling tembak-menembak yang sempat menimbulkan kekhawatiran akan terjadinya perang habis-habisan.

Pada hari itu, Israel mengatakan sekitar 100 pesawat tempur melancarkan serangan udara yang menargetkan ratusan peluncur roket di Lebanon selatan untuk menggagalkan serangan Hizbullah yang akan segera terjadi.

Hizbullah sendiri mengatakan telah meluncurkan ratusan roket dan pesawat nirawak ke pangkalan militer dan keamanan Israel, termasuk pangkalan intelijen utama di pinggiran kota Tel Aviv.

Hizbullah menyebut serangan itu sebagai respons atas tewasnya salah satu komandan utamanya, Fouad Shukur, dalam serangan udara Israel di pinggiran selatan Beirut pada bulan Juli.

Saling tembak pada tanggal 25 Agustus tidak memicu perang yang telah lama ditakutkan, dan daya tembak yang besar serta minimnya korban sipil memungkinkan kedua belah pihak untuk mengklaim semacam kemenangan dan mundur. Namun, ketegangan tetap tinggi.

Hizbullah mulai menembakkan roket dan pesawat nirawak ke Israel tak lama setelah pecahnya perang di Gaza, yang dipicu oleh serangan mendadak Hamas ke Israel pada 7 Oktober.

Hizbullah dan Hamas adalah sekutu, masing-masing didukung oleh Iran. Israel telah menanggapi dengan serangan udara.

Israel telah berjanji untuk membawa ketenangan ke perbatasan agar warganya dapat kembali ke rumah mereka.

Israel mengatakan lebih suka menyelesaikan masalah ini secara diplomatis melalui AS dan mediator lain tetapi akan menggunakan kekerasan jika perlu.

Pejabat Hizbullah mengatakan kelompok itu tidak menginginkan perang yang lebih luas tetapi siap untuk itu.

Hizbullah diperkirakan memiliki 150.000 roket dan mampu menghantam semua bagian Israel.

Kelompok muslim Syiah itu juga telah mengembangkan armada pesawat nirawak yang semakin canggih dan telah bereksperimen dengan rudal berpemandu presisi.

Perang skala penuh dapat memaksa ratusan ribu orang Israel melarikan diri, melumpuhkan ekonomi Israel dan memaksa tentara, yang masih terlibat di Gaza, untuk bertempur di dua medan.

Israel telah bersumpah untuk memberikan respons yang menghancurkan terhadap setiap serangan besar Hizbullah yang kemungkinan akan menghancurkan infrastruktur sipil dan ekonomi Lebanon, yang telah terjerumus dalam krisis selama bertahun-tahun.

Daerah pinggiran selatan Beirut, dan kota-kota serta desa-desa di seluruh Lebanon selatan, tempat benteng utama Hizbullah berada, kemungkinan akan dihancurkan.

Invasi darat Israel untuk menargetkan kehancuran Hizbullah dapat berlangsung selama bertahun-tahun. Bisa berhasil atau sebaliknya.

Pasalnya, Hizbullah jauh lebih maju dan bersenjata lebih baik daripada Hamas di Gaza, yang masih melakukan perlawanan setelah 10 bulan pemboman dan manuver darat Israel yang intens.

Pernyataan KSAD Israel

Kepala Staf Angkatan Darat Israel Herzi Halevi mengumumkan pada hari Jumat, selama kunjungannya ke perbatasan utara, bahwa angkatan darat sedang mempersiapkan tindakan ofensif di dalam wilayah Lebanon.

Pernyataan Halevi disampaikan selama kunjungannya dan penilaian situasi di perbatasan utara serta selama tur inspeksinya di markas besar Divisi ke-210 di Dataran Tinggi Golan Suriah yang diduduki.

Para komandan divisi memaparkan persiapan yang sedang berlangsung di perbatasan untuk tindakan ofensif dan defensif, termasuk memperkuat penghalang dan mengumpulkan informasi intelijen, menurut pernyataan dari angkatan darat Israel.

Halevi menjelaskan,"IDF sangat fokus pada pertempuran dengan Hizbullah. Saya pikir jumlah serangan dalam sebulan terakhir, operasi yang dieliminasi, roket dan infrastruktur yang dihancurkan, sangat tinggi."

"Komando Utara, dengan semua kemampuan IDF, menyerang banyak kemampuan Hizbullah di Lebanon sebelum mereka dapat menyerang kita, dan pada saat yang sama, kita sedang mempersiapkan gerakan ofensif di dalam arena," tambahnya.

Halevi juga mencatat: "Saya pikir kombinasi serangan yang sangat signifikan terhadap Hizbullah untuk mengurangi ancaman terhadap penduduk di utara, termasuk di Dataran Tinggi Golan, sangat, sangat signifikan bersamaan dengan kesiapan untuk serangan ke depan yang sangat kami tekuni."

Bertukar Serangan

Pejuang Hizbullah di Lebanon dan pasukan Israel saling serang lintas perbatasan, kata kedua belah pihak Minggu pagi, sehari setelah kementerian kesehatan Lebanon melaporkan tiga penyelamat tewas dalam serangan Israel.

Hizbullah mengatakan telah membombardir kota "Kiryat Shmona" di Israel utara dengan rentetan roket Falaq pada Minggu pagi "sebagai respons terhadap serangan musuh... dan khususnya serangan" yang menewaskan petugas darurat di desa Froun di Lebanon.

Pada Sabtu lalu, kementerian kesehatan Lebanon mengatakan tiga responden darurat tewas dan dua lainnya terluka, salah satunya kritis, dalam serangan Israel terhadap Froun.

Kementerian tersebut mengatakan serangan tersebut menargetkan "tim pertahanan sipil Lebanon yang memadamkan api yang dipicu oleh serangan Israel baru-baru ini", sementara militer Israel mengatakan telah "melenyapkan ancaman" dari gerakan Amal yang bersekutu dengan Hizbullah di Froun.

Badan pertahanan sipil Lebanon mengatakan tiga karyawannya tewas dalam "serangan Israel yang menargetkan kendaraan pemadam kebakaran setelah mereka menyelesaikan misi pemadaman kebakaran".

Perdana Menteri Najib Mikati mengutuk serangan tersebut, dengan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa "agresi baru terhadap Lebanon ini merupakan pelanggaran terang-terangan terhadap hukum internasional... dan nilai-nilai kemanusiaan".

Secara terpisah pada hari Minggu, Hizbullah mengatakan bahwa para pejuangnya juga telah menembakkan roket ke komunitas Israel di Shamir, dekat Kiryat Shmona.

Hizbullah biasanya mengatakan bahwa mereka menargetkan posisi militer di Israel utara, sementara Israel mengatakan bahwa mereka menargetkan infrastruktur dan para pejuang Hizbullah di Lebanon selatan dan timur.

Militer Israel pada Minggu pagi mengumumkan telah melakukan serangkaian serangan udara terhadap "struktur militer Hizbullah" dan mencegat proyektil yang diluncurkan dari Lebanon pada malam hari.

Tag:  #israel #rampungkan #persiapan #invasi #lebanon #netanyahu #perintahkan #perangi #hizbullah #habis #habisan

KOMENTAR