Merasa Lelah Sepanjang Waktu? 8 Makanan Sehat Ini Bisa Jadi Pilihan untuk Tingkatkan Semangat Kamu!
Ilustrasi semangka. (Sumber foto: Freepik)
17:05
19 Januari 2024

Merasa Lelah Sepanjang Waktu? 8 Makanan Sehat Ini Bisa Jadi Pilihan untuk Tingkatkan Semangat Kamu!

Pernahkah kamu merasa lelah meskipun sudah mengonsumsi sarapan dan minum teh di pagi hari agar tubuh tetap terjaga sepanjang hari? atau merasa lesu setelah makan siang?

Mulai dari pola makan yang tidak tepat dan kekurangan vitamin hingga gaya hidup tak sesuai, hal tersebut menjadi beberapa faktor penyebab rasa lesu dan tak bergairah.

Untungnya, ada sejumlah makanan berasal dari tumbuhan serta ikan dan susu yang dianggap padat nutrisi dan baik untuk kesehatan.

Dikutip JawaPos.com dari Healthshots, Jumat (19/1), terdapat makanan sehat yang patut dicoba untuk melawan rasa lelah dan bantu meningkatkan semangat, apa saja? simak uraiannya di bawah ini.

1. Semangka

Warnanya merah, besar, berair, dan kaya akan khasiat yang menyehatkan. Dehidrasi bisa menjadi salah satu alasan terbesar memicu rasa kantuk sepanjang hari dan penting untuk melengkapi pola makan dengan makanan tinggi kandungan air.

Semangka mengandung 90 persen air dan merupakan gudang vitamin, mineral, dan antioksidan yang mengisi kembali air di tubuh. Kehadiran asam amino L-citrulline juga membantu mengurangi nyeri otot.

Sebuah penelitian dari The Journal of Strength and Conditioning Research menemukan bahwa asam amino meredakan nyeri otot pascalatihan dan antioksidan likopen yang memberi warna merah pada daging semangka membantu mengurangi risiko kanker dan diabetes.

2. Kacang almond

Menyiapkan satu wadah kecil berisi almond di tempat kerja bisa sangat membantu mencegah keinginan untuk tidur siang di sore hari.

Almond memiliki vitamin B membantu mengubah makanan menjadi energi. Mereka juga kaya akan magnesium membantu melawan kelelahan otot. Mengonsumsi segenggam almond di pagi hari bisa menjadi cara untuk tetap bersemangat.

3. Kangkung

Sayuran kangkung kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan penting. Stres oksidatif seringkali membuat tubuh merasa lelah. Para ilmuwan telah menemukan bahwa antioksidan membantu melawan kerusakan oksidatif akibat radikal bebas dalam tubuh.

Selain itu, karena obesitas sering dikaitkan dengan rasa lelah, kangkung merupakan makanan dengan kepadatan rendah telah terbukti membantu penurunan berat badan, menurut penelitian dari Pennsylvania State University.

4. Telur

Telur mengandung protein berkualitas tinggi dan lemak sehat yang menjaga tubuh tetap vital sepanjang hari. Mereka menjadi sumber kaya mineral seperti zat besi serta vitamin D dan B-12.

5. Apel

Ingin tahu apa yang harus dimakan agar kenyang dan tidak membuat ingin tidur? Apel kaya akan fruktosa, merupakan gula utama yang ditemukan dalam buah-buahan.

Buah ini memberikan pasokan energi stabil ke otak dan tubuh untuk jangka waktu yang lebih lama sehingga tidak membiarkan kelelahan terjadi.

6. Pisang

Buah ini kaya akan potasium dan serat. Serat memperlambat pelepasan gula ke dalam aliran darah dan menyediakan sumber magnesium dan vitamin B.

7. Dark cokelat

Makanan berbahan dasar kakao ini kaya akan theobromine merupakan stimulan alami mirip dengan kafein. Ini merangsang produksi serotonin, membantu meningkatkan suasana hati, dan meningkatkan energi dan cocok disantap saat lelah.

 

8. Ikan salmon

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Lipids in Health and Disease mengungkapkan bahwa asam lemak omega-3 dapat meningkatkan mood dan mengatasi depresi.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #merasa #lelah #sepanjang #waktu #makanan #sehat #bisa #jadi #pilihan #untuk #tingkatkan #semangat #kamu

KOMENTAR