6 Manfaat Klorofil untuk Kesehatan Tubuh, dari Mencegah Penuaan hingga Atasi Bau Badan Tidak Sedap
ILUSTRASI. Klorofil baik untuk kesehatan. (Freepik)
09:53
19 Januari 2024

6 Manfaat Klorofil untuk Kesehatan Tubuh, dari Mencegah Penuaan hingga Atasi Bau Badan Tidak Sedap

 – Klorofil merupakan pigmen yang memberikan warna hijau pada tanaman. Ternyata, klorofil memiliki manfaat yang luar biasa untuk tubuh, lho.

Salah satu cara untuk memaksimalkan manfaat klorofil adalah dengan mengosumsi sayuran hijau. Seperti bayam, daun sawi, brokoli, kubis hijau, asparagus, buncis, kacang hijau. Bahkan klorofil terdapat dalam matcha dan teh hijau.

Dilansir dari laman Medical News Today, berikut ini beberapa potensi manfaat dari klorofil untuk kesehatan tubuh. 

 

 

1. Anti Penuaan

Klorofil topikal berfungsi sebagai obat anti-penuaan. Penggunaan gel yang mengandung klorofilin pada kulit dapat mengurangi tanda-tanda penuaan akibat paparan sinar matahari.

Kulit yang diobati dengan klorofilin membaik seperti pengobatan dengan tretinoin, yang merupakan krim kulit yang telah terbukti membantu mengatasi penuaan kulit. 

2. Pengobatan Jerawat

Klorofil topikal juga memiliki potensi sebagai pengobatan jerawat. Gel yang mengandung klorofilin membantu mengurangi jerawat pada wajah dan pori-pori yang besar.

3. Membantu Produksi Darah

Klorofil secara kimiawi mirip dengan hemoglobin, protein yang penting dalam sel darah merah karena membawa oksigen di sekitar tubuh. Disarankan meminum jus wheatgrass atau rumput gandum, yang kaya akan klorofil.

Meminum jus rumput gandum dapat membantu dalam pengobatan gangguan kekurangan hemoglobin, seperti anemia dan thalassemia.

4. Penghilang Bau Badan

Klorofil diketahui dapat mengurangi bau badan yang tidak sedap. Potensi klorofil sebagai deodorant juga baik untuk orang yang telah menjalani operasi kolostomi maupun untuk mengurangi bau badan.

5. Menyembuhan Luka

Diketahui bahwa klorofil dapat membantu dalam mempercepat penyembuhan luka. Selain itu, klorofil juga bisa dalam mencegah infeksi.

6. Pengobatan Kanker

Diketahui selain memiliki empat manfaat diatas, ternyata klorofil juga dapat membantu mencegah dan melambatkan pertumbuhan dari penyakit kanker.

 

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #manfaat #klorofil #untuk #kesehatan #tubuh #dari #mencegah #penuaan #hingga #atasi #badan #tidak #sedap

KOMENTAR