Dokter Ungkap Alasan Orang Sulit Untuk Berhenti Merokok, Ada Kaitannya dengan Psikologis?
Ilustrasi merokok saat berkendara di jalan raya. (Ist)
12:48
28 Mei 2024

Dokter Ungkap Alasan Orang Sulit Untuk Berhenti Merokok, Ada Kaitannya dengan Psikologis?

Spesialis Kesehatan Jiwa Sp. 2 dari Ikatan Alumni FKUI tahun 2023, Kelompok Staf Medis (KSM) Psikiatri, Fitri Dona Nainggolan, menjelaskan bahwa kesulitan dalam berhenti merokok disebabkan oleh perubahan yang terjadi pada tubuh dan psikologi seseorang.

“Kenapa menjadi susah untuk berhenti merokok? Karena seseorang yang sudah berhenti merokok itu, awalnya dia merasa nyaman, rileks dengan merokok itu mulai ada perasaan tidak nyaman di tubuhnya ketika tidak merokok, seperti ada ketegangan, emosinya jadi sensitif dan mudah marah,” kata Dona secara daring, Senin.

Oleh karena itu, pada minggu keempat seringkali menjadi saat di mana banyak orang yang mencoba berhenti merokok akan kembali pada kebiasaan awalnya dengan merokok.

Dona menjelaskan berdasarkan penelitian 75 persen orang yang mencoba berhenti merokok mengalami kekambuhan di minggu keempat.

Baca Juga:Misinformasi Sebabkan Perokok Dewasa Enggan Beralih ke Produk Tembakau Alternatif

“Ketika orang yang berhenti merokok tantangannya besar bukan hanya dari diri sendiri, tapi lingkungan juga. Berdasarkan penelitian, 75 persen orang yang berhenti merokok akan mengalami kekambuhan lagi pada minggu keempat,” ungkapnya.

Ilustrasi Merokok. (unsplash.com/@ricardo4to)Ilustrasi Merokok. (unsplash.com/@ricardo4to)

Dona menambahkan bahwa keinginan untuk merokok dapat dialihkan dengan kegiatan positif seperti mengonsumsi makanan sehat, berolahraga, atau bercengkerama dengan keluarga dan teman. Jika mengalami kesulitan dalam berhenti merokok, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis jiwa bagian adiksi.

Kebiasaan merokok bisa dipicu oleh faktor internal, seperti kebiasaan merokok saat bosan atau dalam situasi tertentu, serta faktor lingkungan, seperti teman yang juga merokok. Untuk berhasil berhenti merokok, penting bagi seseorang untuk mengidentifikasi pemicu-pemicu tersebut dan menetapkan tujuan yang jelas.

Memahami penyebab kebiasaan merokok memudahkan seseorang untuk mengatasi tantangan dan mencapai keberhasilan dalam upaya berhenti merokok.

Baca Juga:Profil Risiko Produk Tembakau Alternatif dan Rokok Tidak Sama, Asosiasi: Edukasi Perlu Digencarkan
Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #dokter #ungkap #alasan #orang #sulit #untuk #berhenti #merokok #kaitannya #dengan #psikologis

KOMENTAR