Inilah 9 Buah dengan Manfaat Kesehatan Terbanyak Menurut Ahli Gizi Amerika Serikat, Pepaya Termasuk Salah Satunya!
Ilustrasi buah dengan manfaat kesehatan terbanyak. (Sumber foto: freepik/Isantilli)
17:58
13 Mei 2024

Inilah 9 Buah dengan Manfaat Kesehatan Terbanyak Menurut Ahli Gizi Amerika Serikat, Pepaya Termasuk Salah Satunya!

 - Kesehatan merupakan aspek penting dalam kehidupan semua orang, dimana mengonsumsi buah-buahan yang tepat dapat menjadi salah satu kunci untuk mencapai gaya hidup sehat.

Dalam upaya untuk membantu masyarakat memilih makanan yang baik untuk kesehatan, Danielle Crumble Smith, seorang ahli gizi Amerika Serikat, telah mengidentifikasi beberapa buah yang dianggap memiliki manfaat kesehatan terbanyak.

Dilansir dari USA Today pada Senin (13/5), terdapat 9 buah dengan manfaat kesehatan terbanyak menurut ahli gizi Amerka Serikat, Danielle Crumble Smith.

1. Apel

Apel adalah buah yang kaya akan antioksidan, terutama jenis apel yang berwarna gelap. Antioksidan membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

Selain itu, apel mengandung kaya akan vitamin C dan serat, terutama terdapat di kulitnya. Serat ini membantu menjaga kesehatan usus besar dan memperbaiki proses pencernaan Anda menjadi lebih baik.

Pektin adalah jenis serat dalam apel yang berfungsi sebagai prebiotik. Prebiotik membantu meningkatkan kesehatan usus dengan menyediakan nutrisi bagi bakteri baik dalam usus.

Selain itu, apel juga mengandung quercetin, yakni jenis flavonoid yang memiliki sifat antioksidan. Studi menunjukkan bahwa quercetin dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan melindungi tubuh dari alergi karena memiliki efek seperti antihistamin alami.

2. Jeruk

Jeruk merupakan buah-buahan sitrus yang mengandung vitamin C sekitar 92% dari kebutuhan harian Anda. Vitamin C penting untuk sistem kekebalan tubuh dan membantu menjaga kesehatan kulit dan jaringan tubuh lainnya.

Selain itu, jeruk juga merupakan sumber folat, yang merupakan jenis vitamin B. Folat sangat penting selama kehamilan yang berguna untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin.

Tak hanya itu saja, folat juga memiliki peran penting dalam mencegah penyakit-penyakit lain seperti penyakit kardiovaskular (penyakit jantung dan pembuluh darah), infertilitas (ketidaksuburan), stroke, demensia, kanker usus besar, dan Alzheimer.

3. Nanas

Nanas adalah buah yang kaya akan berbagai nutrisi penting seperti vitamin C, A, dan K, serta mineral seperti fosfor, seng, dan kalsium. Buah ini juga mengandung banyak mangan, yang merupakan mineral penting untuk kesehatan tulang dan metabolisme tubuh.

Selain itu, nanas mengandung bromelain, yakni suatu enzim yang ditemukan di buah dan batang nanas. Bromelain memiliki sifat anti-inflamasi, dimana kandungan ini dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini bisa bermanfaat bagi mereka yang mengalami masalah seperti arthritis atau cedera olahraga.

4. Jeruk bali merah

Jeruk bali merah merupakan buah yang kaya akan vitamin C. Vitamin C sangatlah penting untuk membentuk pembuluh darah, kartilago (jaringan penopang di tubuh), otot, dan kolagen dalam tulang. Kolagen merupakan protein penting untuk kekuatan tulang dan kulit.

Selain itu, vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Vitamin C juga membantu penyerapan dan penyimpanan zat besi dalam tubuh, dimana ini penting untuk pembentukan sel darah merah dan transportasi oksigen dalam tubuh.

Selain vitamin C yang terkandung salam jeruk bali merah juga mengandung vitamin A, yang berperan dalam mendukung kesehatan mata dan pertumbuhan sel-sel tubuh.

5. Stroberi

Stroberi adalah buah yang kaya akan vitamin C, yang dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat dan mampu melawan infeksi.  Selain itu, stroberi juga mengandung mangan, folat, dan kalium.

Mangan, sangatlah penting untuk metabolisme tulang dan karbohidrat, sedangkan folat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan sel tubuh. Kalium yang terkandung di dalamnya mampu membantu menjaga keseimbangan cairan dan tekanan darah dalam tubuh.

6. Pepaya

Pepaya adalah buah yang kaya akan berbagai jenis vitamin dan nutrisi penting. Ini termasuk vitamin C, yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari infeksi.

Pepaya juga mengandung vitamin A, yang penting untuk kesehatan mata dan kulit. Selain itu, ada juga vitamin E, yang memiliki sifat antioksidan dan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oleh radikal bebas.

Selain vitamin, pepaya juga mengandung folat, yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan sel tubuh. Serat dalam pepaya membantu pencernaan dan menjaga kesehatan usus.

Pepaya juga mengandung tingkat antioksidan yang tinggi, termasuk likopen, yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel dan penyakit.

7. Kiwi

Buah kiwi mengandung banyak vitamin C, E, dan serat. Selain itu, kiwi juga mengandung enzim bernama actinidin yang membantu dalam pencernaan makanan.

Di dalam kiwi juga terdapat lutein dan zeaxanthin, dimana ini merupakan dua jenis antioksidan yang baik untuk kesehatan mata. Dengan begitu, kiwi dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan, terutama bagi pencernaan dan kesehatan mata.

8. Plum

Buah plum, mengandung zat antioksidan seperti antosianin dan quercetin, yang dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Selain itu, buah plum juga kaya serat yang dapat membantu dalam menjaga kesehatan pencernaan dan mengatur gerakan usus.

Plum memiliki kadar gula yang rendah dan memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga cocok untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang memiliki diabetes, resistensi insulin, atau masalah dengan kadar gula darah mereka.

9. Blueberry liar

Blueberry liar adalah jenis blueberry yang tumbuh secara alami di alam liar, bukan ditanam secara komersial. Buah-buahan ini mengandung serat yang baik untuk membuat Anda merasa kenyang lebih lama setelah mengonsumsinya.

Selain itu, blueberry liar juga memiliki kandungan antioksidan tertinggi di antara buah-buahan dan jenis sayuran lainnya. Studi menunjukkan bahwa blueberry liar memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Buah ini dapat membantu menjaga kesehatan kognitif (pikiran dan otak), kesehatan jantung, dan juga dapat membantu melawan kanker.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #inilah #buah #dengan #manfaat #kesehatan #terbanyak #menurut #ahli #gizi #amerika #serikat #pepaya #termasuk #salah #satunya

KOMENTAR