7 Jenis Buah yang Mampu Menurunkan Asam Urat dan Atasi Nyeri pada Tubuh Secara Alami Tanpa Perlu Mengonsumsi Obat
Ilustrasi- Kumpulan buah sejenis citrus/ freepik
22:52
12 Mei 2024

7 Jenis Buah yang Mampu Menurunkan Asam Urat dan Atasi Nyeri pada Tubuh Secara Alami Tanpa Perlu Mengonsumsi Obat

Asam urat merupakan jenis radang sendi yang terjadi ketika kadar asam urat dalam darah cukup tinggi sehingga terjadi penumpukan kristal asam urat dan menyebabkan sendi terasa nyeri.

Gejala asam urat biasanya ditandai dengan nyeri pada tubuh ketika bangun tidur, bengkak dan tampak kemerahan jika dilihat dari luar. Penyakit asam urat ini biasanya gejalanya datang sewaktu-waktu.

Dilansir dari laman hellosehat, tubuh memproduksi zat asam urat ketika akan memecah bahan kimia purin. Tubuh secara alami menghasilkan purin, akan tetapi bahan kimia ini juga bisa didapatkan dari makanan yang dikonsumsi.

Ketika mengonsumsi makanan yang tinggi purin biasanya rasa nyeri pada penderita asam urat sangat mungkin kambuh. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghindari makanan yang mempunyai kandungan purin.

Mengubah gaya hidup dan mengatur pola makan juga sangat penting untuk menurunkan kadar asam urat yang tinggi.

Selain itu mengonsumsi buah-buahan juga mampu menurunkan kadar asam urat pada tubuh, akan tetapi kenali dahulu buah yang baik untuk penderita asam urat. Dilansir dari kanal YouTube dr. Emasuperr berikut 7 buah yang dapat menurunkan asam urat pada tubuh.

1. Nanas

Buah nanas mengandung vitamin C dan enzim bromelain yang mampu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

Jika salah dalam mengolah buah nanas maka akan menurunkan bahkan menghilangkan kadar enzim bromelain sehingga hanya meninggalkan fruktosa. Fruktosa apabila berfermentasi akan menghasilkan alkohol yang justru dapat memperburuk asam urat pada tubuh.

2. Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung vitamin C yang mampu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Mengonsumsi secara rutin jeruk nipis dapat membantu menurunkan kadar asam urat sekitar 1-1,6 mg/dl.

Caranya adalah peras dua buah jeruk nipis kemudian tambahkan 2 liter air dan minum setiap hari selama 6 minggu.

Konsumsi vitamin C 500 gram selama 3 bulan dapat menurunkan asam urat sebanyak 0,5 mg/dl. Namun mengonsumsi vitamin C dalam dosis yang cukup tinggi tidak disarankan karena dapat memperburuk masalah penyaringan ginjal.

3. Kedondong

Buah kedondong mempunyai kandungan xantin oxidase, anthocyanin dan asam fenolik yang dapat membantu menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh. Serta buah ini terdapat vitamin C dan serat.

Konsumsi 1-2 buah kedondong setiap hari secara langsung, dengan bumbu rujak, atau dengan cara dijadikan jus dapat membantu menurunkan asam urat pada tubuh.

4. Jambu Air

Jambu air merupakan buah yang mempunyai kandungan air yang cukup tinggi, sekitar 87 gram air. Selain itu jambu air mengandung serat, zat besi, vitamin B dan C, kalsium dan beta karoten. Buah ini juga mempunyai kandungan anthocyanin dan xantin oxidase yang mampu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

5. Cermai

Buah cermai yang mempunyai rasa asam mengandung anthocyanin dan xantin oxidase yang mampu menghambat pembentukan kadar asam urat di dalam tubuh. Anda bisa mengonsumsi langsung buah ini atau dibuat menjadi jus.

6. Strawberry

Strawberry mempunyai kandungan berupa flavonoid dan anthocyanin, zat tersebut mampu menurunkan kadar asam urat di dalam urat.

Buah berry ini juga mengandung anti-inflamasi (anti peradangan) yang kuat untuk meredakan peradangan dan rasa sakit yang berhubungan dengan radang sendi dan asam urat.

7. Jambu Biji

Kandungan fenolic acid, xanthine oxidase, flavonoid dan anthocyanin dalam jambu biji dapat menurunkan kadar asam urat pada tubuh.

Dua jam setelah makan, Anda bisa mengonsumsi jus jambu biji secara rutin untuk menurunkan kadar asam urat secara alami dan maksimal. Selain menurunkan kadar asam urat pada tubuh, jus jambu biji juga baik untuk menurunkan kolesterol dan masalah pencernaan.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #jenis #buah #yang #mampu #menurunkan #asam #urat #atasi #nyeri #pada #tubuh #secara #alami #tanpa #perlu #mengonsumsi #obat

KOMENTAR