4 Manfaat Olahraga Lompat Tali untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Dapat Menyehatkan Jantung
4 Manfaat Olahraga Lompat Tali untuk Kesehatan Tubuh./Freepik
13:12
18 April 2024

4 Manfaat Olahraga Lompat Tali untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Dapat Menyehatkan Jantung

– Olahraga lompat tali atau skipping merupakan salah satu olahraga yang dapat melatih kelenturan tubuh dan sangat baik untuk kesehatan.

Tak hanya itu saja, olahraga lompat tali atau skipping juga baik untuk meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah

Selain itu, olahraga lompat tali juga sangat cocok dilakukan bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan karena dapat membakar kalori yang ada di dalam tubuh dengan cepat.

Dilansir dari alodokter dan halodoc pada Kamis (18/4), berikut ada empat manfaat olahraga lompat tali yang baik untuk kesehatan tubuh.

1. Dapat mengurangi cedera kaki dan pergelangan kaki

Manfaat dari berolahraga lompat tali yaitu dapat mengurangi cedera kaki. Namun tak hanya itu saja, olahraga lompat tali juga dapat menguatkan otot-otot yang ada disekitar sendi pergelangan kaki.

Perlu diketahui bahwa olahraga lompat tali sangat disarankan untuk kamu yang menggeluti olahraga basket, tenis dan sepak bola agar dapat terhindar dari kemungkinan cedera.

2. Menyehatkan jantung

Selanjutnya yaitu olahraga lompat tali sangat dianjurkan untuk kamu yang membutuhkan latihan aerobik karena dapat meningkatkan kesehatan jantung serta paru-paru.

Kamu dapat melakukan lompat tali dengan rutin sebanyak tiga sampai lima kali dalam seminggu selama 12 hingga 20 menit setiap kali latihan lompat tali. Lakukan olahraga lompat tali yang rutin agar dapat menjaga serta menyehatkan jantung.

3. Membakar kalori

Olahraga lompat tali dapat membakar kalori lebih banyak dibandingkan olahraga jogging selama 30 menit.

Lompat tali dapat membakar kalori hingga 1.300 kalori per jam dengan aktivitas berat dan olahraga ini merupakan olahraga dengan intensitas tinggi karena dapat menurunkan lemak dengan lebih cepat terutama di sekitar perut dan otot tubuh.

4. Dapat meningkatkan kepadatan tulang

Olahraga lompat tali merupakan olahraga yang sangat dianjurkan untuk kamu yang ingin memiliki tulang yang kuat dan padat.

Untuk itu, sangat dianjurkan latihan olahraga lompat tali yang rutin agar dapat meningkatkan kepadatan tulang.

Nah itu dia informasi mengenai empat manfaat dari olahraga lompat tali yang baik untuk kesehatan tubuh.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #manfaat #olahraga #lompat #tali #untuk #kesehatan #tubuh #salah #satunya #dapat #menyehatkan #jantung

KOMENTAR