Perbanyak Aktivitas Fisik, Ini 5 Cara Mengatasi Burnout!
Ilustrasi. Kelelahan bekerja dapat mengakibatkan stres atau depresi. (Freepik)
18:04
5 April 2024

Perbanyak Aktivitas Fisik, Ini 5 Cara Mengatasi Burnout!

 Burnout adalah kondisi ketika seseorang mengalami kelelahan fisik dan mental yang berdampak pada penurunan motivasi dan kinerja seseorang.   Bahkan, kondisi ini juga bisa membuat seseorang cenderung berperilaku negatif terhadap diri sendiri maupun orang lain.    Anda mungkin tidak menyadari bahwa sedang burnout. Namun, jika Anda merasa lelah dan lambat, bahkan pekerjaan sederhana pun terasa berat untuk diselesaikan, apalagi jika disertai stres sehingga cepat marah dan frustasi, maka kemungkinan besar Anda sedang mengalami burnout.  

  Penyebab Seseorang Mengalami Burnout   Burnout atau kelelahan kerja adalah hasil dari stres, kelelahan dan ketidakpuasan di tempat kerja. Lalu, apa yang menyebabkan seseorang dapat mengalami burnout dalam bekerja.   1. Bekerja Terlalu Keras   Salah satu penyebab burnout adalah seseorang bekerja terlalu keras karena terobsesi dengan kesuksesan. Mereka biasanya memiliki beban kerja yang berlebih daripada seharusnya.   

  2. Tidak Mendapatkan Apresiasi   Apresiasi terhadap hasil pekerjaan sangat penting dalam menjaga kesehatan mental dalam bekerja, dan faktor kedua yang membuat seseorang mengalami burnout dalam bekerja adalah merasa tidak cukup diapresiasi sehingga merasa frustasi dengan pekerjaan.   3. Dinamika Disfungsional di Tempat Kerja   Mendapatkan intimidasi di kantor, merasa diremehkan atau diacuhkan oleh rekan kerja dan bos dapat menjadi penyebab perasaan tak berdaya karena merasa tak memiliki peranan penting di dalam perusahaan.   

  Ciri-ciri Seseorang Mengalami Burnout   Setelah mengetahui apa itu burnout dan penyebabnya, Anda juga perlu mengetahui apa saja ciri-ciri yang biasanya dialami oleh seseorang ketika sedang mengalami burnout.   Secara fisik, seseorang akan mengalami kelelahan dalam melakukan pekerjaannya. Rasa mengantuk yang berlebihan dan ketidaknyamanan dalam tubuh juga menjadi ciri fisik yang muncul akibat burnout.  

  Cara Atasi Burnout   Burnout yang tidak teratasi dengan baik dapat berdampak buruk terhadap kesehatan fisik dan mental. Oleh karena itu, jika gejala atau ciri-ciri burnout muncul, Anda disarankan untuk mengatasinya dengan langkah-langkah berikut ini.   1. Temukan Penyebabnya   Cara mengetahui burnout yang pertama adalah mengetahui penyebabnya. Sulit membuat perubahan ketika Anda tidak tahu persis apa yang menjadi penyebab, menjelajahi faktor atau sumber stress yang berkontribusi dalam hidup dapat membantu.  

  Stress mungkin dapat dikelola dengan sendirinya, tetapi hal tersebut dapat dengan mudah membuat Anda kewalahan.   2. Atur Jadwal   Cara mengatasi burnout selanjutnya adalah memilah jadwal, putuskan tugas mana yang kurang penting dan sisihkan. Jika Anda sudah menjalani hal yang sibuk seharian, menambahkan lebih banyak tugas hanya akan menambah lebih banyak frustasi dan stres.   Sebaiknya evaluasi jadwal yang sudah disusun dan dipertimbangkan untuk membatalkan atau menjadwalkan ulang.  

  3. Bicaralah pada Orang yang Dipercaya   Cara mengatasi burnout selanjutnya adalah cerita keluh kesah Anda kepada orang yang dipercayai, seperti keluarga, kekasih dan sahabat. Memendam masalah dan kelelahan hanya akan menambah stres dan mempengaruhi kondisi kesehatan.   Melibatkan orang terkasih yang terpercaya dapat membantu Anda merasa didukung dan tidak sendirian, sehingga kembali semangat.   4. Beri Dukungan pada Diri Sendiri   Diri Anda sendiri ternyata bisa  menjadi salah satu cara mengatasi burnout. Mencapai titik kelelahan dapat memunculkan perasaan gagal dan kehilangan tujuan atau arah hidup.  

  Anda mungkin merasa seolah-olah tidak bisa melakukan apapun dengan benar atau tidak pernah sampai tujuan. Ketika mencapai titik kelelahan, cobalah memberikan cinta dan support kepada diri sendiri dengan merasa bahwa Anda bukan makhluk yang sempurna, untuk itu Anda tidak harus melakukan apapun dengan sempurna. Lalu biarkan diri Anda untuk istirahat sejenak.   5. Lakukan Aktivitas Fisik   Cara mengatasi burnout selanjutnya adalah melakukan aktivitas yang santai seperti yoga, taichi, atau meditasi. Melakukan aktivitas fisik dapat mengalihkan pikiran dan pekerjaan.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #perbanyak #aktivitas #fisik #cara #mengatasi #burnout

KOMENTAR