Gelar Sub Pekan Imunisasi Respons KLB Polio, Seluruh Anak Mesti Ikut, meskipun Sudah Lengkap Imunisasi
Pemerintah Kota Surabaya akan menggelar Pekan Imunisasi Nasional (PIN) polio pada 15 Januari 2024. (Dok. Kemenkes)
11:51
15 Januari 2024

Gelar Sub Pekan Imunisasi Respons KLB Polio, Seluruh Anak Mesti Ikut, meskipun Sudah Lengkap Imunisasi

- Kementerian Kesehatan bakal menggelar Sub Pekan Imunisasi Nasional Polio atau Sub PIN Polio secara serentak mulai hari ini, Senin, 15 Januari 2024. Sub PIN Polio ini menargetkan anak berusia 0 sampai 7 tahun tanpa memandang status imunisasi sebelumnya. 

Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI Maxi Rein Rondonuwu mengatakan bahwa meski status imunisasi sudah lengkap, anak tetap harus mengikuti program Sub PIN Polio.   “Target cakupan sekurang-kurangnya adalah 95% untuk masing-masing putaran dan merata di setiap tingkatkan, mulai dari desa, kecamatan, sampai kabupaten,” ujarnya kepada wartawan, Senin (15/1).  

  Dalam hal ini, Maxi mengungkapkan bahwa jenis vaksin yang akan digunakan pada Sub PIN Polio kali ini adalah vaksin generasi terbaru, yaitu Novel Oral Polio Vaksin tipe 2 atau nOPV2. Vaksin ini akan diberikan sebanyak dua tetes dengan interval minimal satu bulan.    Imunisasi dapat didapatkan masyarakat secara gratis di fasilitas layanan kesehatan seperti puskesmas, puskesmas pembantu, posyandu, satuan pendidikan seperti PAUD, TK, SD/sederajat serta pos imunisasi lainnya di bawah koordinasi puskesmas.  

    “Walaupun ada Sub PIN Polio, pelayanan Imunisasi rutin di fasyankes tetap berjalan seperti biasa,” pungkas Maxi.   Untuk diketahui, program Sub PIN Polio ini digelar mulai hari ini seluruh kabupaten atau kota yang ada di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Selain itu, ada juga di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #gelar #pekan #imunisasi #respons #polio #seluruh #anak #mesti #ikut #meskipun #sudah #lengkap #imunisasi

KOMENTAR