Ketahui 10 Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Untuk Menjaga Berat Badan
Ilustrasi olive oil. (Sumber: freepik).
16:57
29 Maret 2024

Ketahui 10 Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Untuk Menjaga Berat Badan

 

Apabila dibandingkan dengan minyak goreng biasa, minyak zaitun lebih terkenal akan kesehatannya. 

Hal ini dikarenakan nutrisi yang terkandung pada minyak zaitun, dipercaya bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan

Ini meliputi pengurangan peradangan, menjaga kesehatan jantung, dan pencegahan penyakit.

Diperoleh melalui ekstraksi buah zaitun, minyak ini kaya akan omega-6 dan omega-3, terutama asam oleat yang bermanfaat bagi tubuh.

Kandungan Nutrisi Minyak Zaitun

Dikutip dari berat badan

Minyak zaitun bermanfaat bagi mereka yang ingin menjaga berat badan atau sedang menjalani program diet. Konsumsi minyak alami ini juga dapat membantu mencegah obesitas. 

Namun, untuk memperoleh manfaat ini, disarankan untuk melengkapi dengan rutin berolahraga, mengatur asupan kalori, dan menjalani pola makan yang seimbang.

  1. Menjaga kesehatan mulut

Minyak zaitun memiliki sifat antiradang, antioksidan, dan antibakteri yang menjadikannya bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kebersihan gigi serta mulut. Berkumur dengan minyak zaitun secara teratur juga dapat mengurangi bau mulut akibat radang gusi.

  1. Melembabkan kulit kering

Minyak zaitun juga efektif dalam melembapkan kulit yang kering dengan mengunci kelembapan. Penggunaannya umum dalam perawatan kulit kering pada wajah, tangan, atau kaki.

  1. Mengontrol tekanan darah

Mengatur tekanan darah adalah salah satu manfaat yang populer dari minyak zaitun. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi sekitar 20 ml atau sekitar 2 sendok makan minyak zaitun setiap hari terbukti dapat membantu mengendalikan tekanan darah. 

Ini kemungkinan disebabkan oleh kandungan antioksidan dan asam lemak sehat dalam minyak zaitun yang dapat mengurangi peradangan di pembuluh darah.

  1. Menurunkan kadar kolesterol

Menggantikan lemak jenuh atau lemak hewan dengan minyak zaitun dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) pada individu dengan kolesterol tinggi. 

Minyak zaitun juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), yang menguntungkan untuk kesehatan jantung. Selain minyak zaitun, minyak sehat lain seperti minyak kanola dan minyak kelapa murni juga memiliki manfaat serupa.

  1. Mengurangi risiko serangan jantung

Minyak zaitun membantu mengurangi risiko serangan jantung melalui kandungan antioksidan yang menurunkan risiko penyakit jantung. Karena tidak mengandung kolesterol atau lemak jenuh, minyak ini mencegah peningkatan kadar kolesterol yang dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah.

Minyak zaitun direkomendasikan untuk mencegah penumpukan kolesterol yang dapat mengakibatkan serangan jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya, termasuk stroke.

  1. Mencegah terjadinya penyakit Alzheimer

Manfaat penting lainnya adalah mencegah penyakit Alzheimer dengan antioksidan dan antiinflamasi dalam minyak zaitun yang menjaga kesehatan otak. Studi menunjukkan kandungan tersebut dapat mengurangi risiko Alzheimer, stroke, dan demensia.

  1. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Menggunakan minyak zaitun sebagai bagian dari pola makan sehat dapat meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh. 

Antioksidan membantu mencegah dan memperbaiki kerusakan sel akibat radikal bebas, serta menghambat pertumbuhan sel kanker. Meskipun memiliki manfaat yang signifikan, perlunya penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat kesehatan dari minyak zaitun.

Efek Samping Minyak Zaitun

Dikutip dari hellosehat.com, selain manfaatnya, minyak zaitun juga berpotensi menimbulkan beberapa efek samping. Ini adalah kemungkinan efek samping minyak zaitun:

  1. Respon alergi: Bisa timbul akibat kontaminasi serbuk sari dan protein dari buah zaitun.

  2. Kenaikan berat badan: Karena kandungan kalorinya yang tinggi, terutama jika dikonsumsi secara berlebihan.

  3. Ketidakseimbangan asupan gizi: Meskipun kaya lemak, minyak zaitun rendah dalam zat gizi lainnya.

Meskipun demikian, penting untuk diingat bahwa minyak zaitun tidak boleh digunakan sebagai pengganti obat-obatan yang diresepkan.

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #ketahui #manfaat #minyak #zaitun #bagi #kesehatan #tubuh #salah #satunya #untuk #menjaga #berat #badan

KOMENTAR