Inilah 6 Tanda Kekurangan Vitamin B6 pada Tubuh, di Antaranya Mudah Marah dan Cemas
Ilustrasi orang kekurangan vitamin B6 yang mudah marah. (Freepik)
22:42
20 Maret 2024

Inilah 6 Tanda Kekurangan Vitamin B6 pada Tubuh, di Antaranya Mudah Marah dan Cemas

- Vitamin B6 atau yang dikenal juga dengan piridoksin, memiliki manfaat yang luar biasa untuk tubuh manusia. Vitamin B6 membantu produksi neurotransmiter yang mengatur suasana hati dan fungsi otak, serta mendukung metabolisme protein, lemak, dan karbohidrat.

Selain itu, Vitamin B6 juga diperlukan untuk pertumbuhan dan pemeliharaan sel-sel tubuh dan mendukung sistem kekebalan tubuh. Kekurangan vitamin B6 dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti gangguan neurologis dan penurunan fungsi kekebalan tubuh.

Jika kekurangan Vitamin B6, tubuh akan menunjukkan tanda-tanda khusus yang perlu diwaspadai dan sesegera mungkin harus diatasi. Dilansir dari laman Healthline.com pada Rabu (20/3), berikut ini 6 tanda yang akan muncul apabila tubuh kekurangan vitamin b6:  



1. Ruam Kulit

Kekurangan vitamin B6 adalah salah satu penyebab ruam merah dan gatal yang disebut dermatitis seboroik. Ruam ini dapat muncul di kulit kepala, wajah, leher, dan dada bagian atas.

Tampilan ruam ini cenderung berminyak, bersisik dan dapat menyebabkan pembengkakan atau bercak putih. Kekurangan B6 dapat menyebabkan ruam kulit karena vitamin ini membantu mensintesis kolagen, yang dibutuhkan untuk kulit yang sehat.

Beberapa orang yang terkena dermatitis seboroik mungkin memiliki kebutuhan vitamin B6 yang lebih tinggi.

2. Bibir Pecah-pecah

Cheilosis, yang ditandai dengan bibir yang sakit, merah dan bengkak dengan sudut mulut yang pecah-pecah, dapat diakibatkan oleh kekurangan vitamin B6. Selain sangat menyakitkan, bibir pecah-pecah dan sakit dapat membuat aktivitas seperti makan dan berbicara menjadi sulit.
Melengkapi kebutuhan vitamin B6 dengan makanan atau suplemen dapat menghilangkan gejala-gejala ini.

3. Lidah Sakit dan Licin

Jika mengalami kekurangan vitamin B6, lidah dapat menjadi bengkak, sakit, licin, meradang atau memerah. Ini disebut glositis. Permukaan lidah yang mengkilap dan halus disebabkan oleh hilangnya papila atau benjolan di lidah.    Glositis dapat menyebabkan masalah dalam mengunyah, menelan, dan berbicara. Memenuhi kebutuhan vitamin B6 dapat mengobati glositis, asalkan kekurangan adalah satu-satunya penyebabnya.
Kekurangan nutrisi lain, termasuk folat dan B12, juga dapat menyebabkan kondisi ini. 
4. Perubahan suasana hati  


Kekurangan vitamin B6 dapat memengaruhi suasana hati, terkadang menyebabkan depresi, kecemasan, mudah marah, dan meningkatnya rasa sakit. Hal ini karena vitamin B6 membantu pembentukan beberapa neurotransmiter, seperti serotonin dan asam gamma-aminobutirat (GABA).    Baik serotonin maupun GABA membantu mengendalikan kecemasan, depresi, dan perasaan sakit. Peran vitamin B6 dalam mengurangi masalah suasana hati seperti itu terbukti dalam beberapa kondisi.
Menurut penelitian, mengonsumsi 50-80 mg suplemen B6 setiap hari dapat membantu mengatasi gejala sindrom pramenstruasi (PMS), seperti kemurungan, lekas marah, kecemasan, dan depresi.

5. Fungsi Kekebalan Tubuh Melemah
Sistem kekebalan tubuh yang bekerja dengan baik adalah kunci untuk mencegah infeksi, peradangan, dan berbagai jenis kanker. Kekurangan nutrisi, termasuk vitamin B6, dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh.   Lebih khusus lagi, kekurangan B6 dapat menyebabkan penurunan produksi antibodi yang dibutuhkan untuk melawan infeksi. Kekurangan B6 juga dapat mengurangi produksi sel darah putih dalam tubuh.   Selain itu, vitamin B6 membantu tubuh membuat protein yang disebut interleukin-2, yang membantu mengarahkan tindakan sel darah putih.
Orang dengan gangguan autoimun dapat mengalami peningkatan penghancuran B6, yang meningkatkan kebutuhan akan vitamin tersebut.
6. Kelelahan dan Kurang Energi
Kekurangan vitamin B6 dapat membuat seseorang merasa sangat lelah dan lesu. Pasalnya, B6 berguna dalam pembentukan hemoglobin, protein dalam sel darah merah yang membantu membawa oksigen ke seluruh tubuh.
Jika sel tubuh tidak mendapatkan cukup oksigen akibat terlalu sedikit hemoglobin, maka terjadilah anemia. Hal ini dapat membuat tubuh merasa lelah dan lemah.   Itulah 6 tanda tubuh kekurangan vitamin B6. Jika merasakan tanda-tanda tersebut, sebaiknya segera perbaiki pola hidup dan memenuhi B6 dari makanan dan suplemen.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #inilah #tanda #kekurangan #vitamin #pada #tubuh #antaranya #mudah #marah #cemas

KOMENTAR