Simak Manfaat Tak Terduga Minum Teh Hijau untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Lancarkan Pencernaan
Ilustrasi teh hijau baik untuk kesehatan tubuh. (Sumber foto: Freepik)
21:06
7 Maret 2024

Simak Manfaat Tak Terduga Minum Teh Hijau untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Lancarkan Pencernaan

Teh hijau atau green tea dipastikan dapat memberikan manfaat baik untuk kesehatan karena minuman populer ini telah dinikmati banyak orang selama ribuan tahun.

Namun, masih banyak orang yang bertanya-tanya apa yang akan terjadi pada tubuh jika meminum teh hijau setiap hari dan berapa jumlah cangkir teh yang boleh diminum?

Dikutip dari EatingWell, Kamis (7/3), berikut beberapa manfaat tak terduga dari meminum teh hijau bagi kesehatan tubuh:

Mengurangi peradangan

Peradangan adalah reaksi alami tubuh terhadap cedera dan infeksi. Meskipun peradangan jangka pendek hal yang normal dalam hidup, peradangan berkepanjangan bisa menjadi kronis sehingga berpotensi memicu banyak masalah kesehatan seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, dan kanker.

Untungnya, menyeruput secangkir teh hijau hangat bisa membantu mengelola peradangan. Teh hijau memiliki profil antioksidan sangat baik. Ia kaya akan polifenol, memberikan kontribusi sifat antioksidan dan antiinflamasi tambahan.

Mendukung fungsi otak

Menurut American Heart Association, konsumsi teh bersamaan dengan pola makan yang menyehatkan jantung mampu meningkatkan beberapa fungsi otak. L-theanine, asam amino dalam teh hijau terbukti meningkatkan fungsi otak dengan memperkuat daya ingat dan mengurangi kecemasan.

Menurunkan kadar gula darah dan kolesterol

Teh hijau membantu melawan penyakit jantung dengan mendukung kolesterol sehat. Studi juga menunjukkan teh hijau dapat menurunkan kadar gula darah dan mencegah diabetes tipe 2.

Menurut Journal of American Heart Association, teh tampaknya memperlambat penurunan alami kolesterol lipoprotein densitas tinggi (HDL) atau disebut kolesterol baik, juga bisa menurunkan lipoprotein densitas rendah (LDL) atau kolesterol jahat.

Para ahli percaya bahwa katekin, salah satu jenis antioksidan yang ditemukan dalam teh hijau bertanggung jawab atas efek penurunan kolesterol ini.

Membantu pencernaan

Teh hijau bisa meredakan gejala gangguan pencernaan dan kembung dengan menghilangkan penumpukan gas di usus. Untuk sebuah penelitian di bidang Mikrobiologi & Imunologi, 10 relawan tidak minum teh hijau selama 10 hari, lalu berhenti selama 7 hari. Hasilnya menunjukkan proporsi Bifidobacteria (sejenis bakteri baik di usus) meningkat sebanding dengan konsumsi teh hijau yang berarti bertindak sebagai prebiotik dan memperbaiki lingkungan usus besar.

Mengurangi risiko kanker

Antioksidan dalam teh hijau khususnya polifenol bantu melindungi sel dari kerusakan oksidatif. Polifenol mencegah pembentukan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan atau kematian sel, pada akhirnya mengurangi risiko kanker.

Selain itu, menurut jurnal Medicine, orang yang biasa mengonsumsi teh hijau memiliki risiko 17 persen lebih rendah terkena kanker payudara dibandingkan mereka yang tidak minum teh.

Meski begitu, penting untuk diingat bahwa teh hijau tidak bebas kafein dan seperti minuman berkafein lainnya, mengonsumsi terlalu banyak teh hijau menyebabkan gejala seperti kecemasan, kegelisahan, sakit kepala, mual, peningkatan detak jantung, dan kesulitan tidur.

Meskipun setiap orang memiliki tingkat sensitivitas berbeda terhadap kafein, Food and Drug Administration menyebutkan 400 miligram per hari atau sekitar 10 cangkir teh hijau sebagai jumlah maksimum kafein yang harus dikonsumsi orang dewasa sehat setiap hari.

Kemudian manfaat teh hijau mungkin tak akan berefek pada tubuh jika ditambahkan gula atau madu dalam jumlah berlebihan. Sebagai penggantinya, Anda bisa memilih irisan lemon untuk menambah rasa.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #simak #manfaat #terduga #minum #hijau #untuk #kesehatan #tubuh #salah #satunya #lancarkan #pencernaan

KOMENTAR