Salah Satunya Bikin Panjang Umur, Ketahui 9 Manfaat Berenang untuk Kesehatan
Berenang adalah aktivitas yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. (ANTARA Foto/Aditya Pradana Putra/nym)
17:18
1 Maret 2024

Salah Satunya Bikin Panjang Umur, Ketahui 9 Manfaat Berenang untuk Kesehatan

- Berenang adalah salah satu olahraga paling populer di penjuru dunia. Selain menyenangkan, berenang adalah cara yang bagus untuk tetap bugar, tetap sehat, dan menjalin pertemanan.

Berenang juga merupakan aktivitas sehat yang dapat anda teruskan seumur hidup. Berenang adalah aktivitas berdampak rendah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental.

Mau tahu apa saja manfaat berenang bagi kesehatan tubuh? Dilansir dari Everyday Health, yuk simak beberapa manfaat aktivitas berenang yang bagus bagi kesehatan.

1. Dapat membuat hidup lebih lama

Sebuah studi menunjukkan bahwa olahraga teratur, termasuk berenang, dapat membuat umur anda lebih panjang. Lebih lanjut, menurut laporan tahun 2017 yang dilakukan oleh Swim England, perenang memiliki risiko kematian dini sebanyak 28 persen lebih rendah dan risiko kematian akibat penyakit jantung dan stroke 41 persen lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak berenang sama sekali.

2. Dapat membuat tubuh lebih ramping

Berenang adalah latihan untuk seluruh tubuh. “Berenang adalah latihan yang melibatkan segala hal dari tubuh, mulai dari lengan, bahu, kaki hingga otot inti, dan punggung,” kata Radermacher. Artinya anda bisa mendapatkan banyak manfaat metabolic dari hal tersebut.

Menurut Harvard Medical School, dalam satu jam orang dengan berat 155 pon dapat membakar sekitar 432 kalori saat berenang dibandingkan sekitar 266 kalori saat berjalan dengan kecepatan sedang dan sebuah studi yang dirilis pada 2021 di BMC Sports Science, Medicine and Rehabilitation mengungkapkan bahwa berenang selama 16 minggu dapat menyebabkan penurunan lemak tubuh dan BMI secara signifikan.

3. Dapat meningkatkan kesehatan jantung

Layaknya latihan aerobik lainnya, berenang juga dapat meningkatkan kebugaran kardiovaskular. “Berenang memungkinkan jantung menjadi lebih kuat dan paru-paru menjadi lebih efisien dalam memanfaatkan oksigen,” kata Brian J. Krabak, MD, profesor klinis rehabilitasi, ortopedi, dan kedokteran olahraga di University of Washington School of Medicine di Seattle dan Dokter Tim Nasional untuk Tim Renang AS.

Studi juga telah menunjukkan bahwa berenang ada hubungannya dengan peningkatan hipertensi, tekanan darah, dan penanda kesehatan jantung lainnya.

4. Dapat memperkuat paru-paru

Jika Anda menderita penyakit paru-paru layaknya asma atau penyakit paru obstruktif kronik, maka anda mungkin ingin mendengar bahwa paru-paru adalah penyumbang terbesar dari berenang, menurut laporan dari Swim England.

“Berenang melatih otot-otot yang terlibat dalam pernapasan, yang berarti dapat meningkatkan volume paru-paru dan membantu teknik pernapasan,” kata Power, yang tidak terlibat dalam laporan Swim England.

Selain itu, jika anda mempunyai asma, maka kolam renang telah menyediakan tempat olahraga yang ideal, karena itu lembab, hangat, dan biasanya, lingkungannya rendah dengan serbuk sari. Namun, jika anda punya penyakit terkait paru-paru atau kondisi lainnya yang membuat olahraga terganggu, segera konsultasikan ke dokter sebelum memulai berenang.

5. Dapat meningkatkan kekuatan otak

Secara umum, olahraga selalu berkaitan dengan peningkatan pikiran, namun ketika para peneliti mencoba mempelajari manfaat spesifik dari berenang pada pikiran, mereka menemukan manfaat yang begitu unik.

Dalam sebuah studi kecil dari jurnal Physiological Reports, peserta yang berenang dengan intensitas sedang selama 20 menit dapat memproses informasi visual dan merespon lebih cepat tes kognitif yang dilakukan tepat sebelum dan segera setelah mereka berenang.

“Meskipun efeknya begitu kecil (rata-ratanya hanya sekitar 4 persen saja), fakta bahwa olahraga dapat memberikan perbedaan hasil yang terukur setelah satu kali latihan sangatlah penting,” kata Dr. Cotter.

Studi lain yang diterbitkan dalam Physiological Reports memberitahukan bahwa berenang dapat meningkatkan memori jangka pendek dan jangka panjang pada tikus.

Kedua studi tersebut masih dalam tahap awal (mengingat seberapa besarnya skala studinya dan juga studi kedua yang dilakukan pada hewan), namun para peneliti dari kedua studi tersebut menyimpulkan bahwa data tersebut membutuhkan penelitian lebih lanjut.

6. Dapat membuat mood lebih baik

Semua olahraga dapat menaikkan mood menjadi lebih baik, tapi sebuah studi tahun 2003 yang diterbitkan di Journal of Psychology, menemukan bahwa hanya dengan berenang satu kali saja dapat menaikkan mood agar lebih baik daripada melakukan lebih dari satu sesi tarian aerobik (peningkatan pada mood juga dapat dilakukan pada yoga dan gerakan Feldenkrais, sebuah praktik kesadaran tubuh pada populasi wanita yang sedang diteliti).

“Karena pelepasan bahan kimia kebahagiaan di otak, khususnya endorfin dopamin dan serotonin, berenang secara teratur dapat mengurangi stres, menurunkan kecemasan, dan melawan depresi,” kata Radermacher.

7. Dapat membantu tidur

Kualitas tidur yang lebih baik adalah manfaat yang terdapat pada olahraga apapun, dan renang juga termasuk ke dalamnya.

“Olahraga membantu mengatur ulang jam internal tubuh dan mengembalikan ritme sirkadian alami anda,” kata Radermacher.

Menurut survei Sleep in America (PDF) di tahun 2013 pada National Sleep Foundation yang berfokus pada tidur dan olahraga, peserta latihan aerobik dilaporkan dapat tertidur dengan nyenyak, 76 hingga 83 persen dari mereka yang melakukan olahraga ringan, sedang, atau berat melaporkan kualitas tidur yang sangat baik atau cukup baik dibandingkan 56 persen dari mereka yang tidak olahraga.

Dalam survei tersebut, berenang dikategorikan sebagai jenis aktivitas aerobik berat. Terlebih lagi, mereka yang berolahraga telah menghabiskan waktu lebih banyak saat tidur yang nyaman untuk memulihkan tenaga.

8. Dapat membantu penderita sakit kronis

Kondisi seperti radang sendi dan fibromyalgia seringkali disertai dengan berkurangnya mobilitas dan dalam banyak kasus, bahkan bisa menjadi nyeri jangka pendek atau jangka panjang dan dengan melakukan berenang, maka itu dapat membantu.

“Berbagai aktivitas air (termasuk berenang) telah terbukti membantu orang dengan kondisi muskuloskeletal meningkatkan fungsi fisik dan kualitas hidup,” kata Power.

Sebuah studi menunjukkan bahwa pada penderita osteoarthritis, program berenang dalam tiga bulan (peserta akan berenang selama 45 menit tiga hari dalam seminggu) dapat mengurangi nyeri dan kekakuan pada sendi, serta meningkatkan kekuatan otot.

“Daya apung air menambah resistensi (membuat latihan di air menjadi menantang), namun pada saat yang sama berdampak rendah,” kata Dr. Krabak. Dan itu sangatlah ideal jika anda mengalami kekakuan atau nyeri sendi.

Jika Anda memanglah penderita fibromyalgia atau nyeri yang lebih parah, maka disarankan mempertimbangkan terapi fisik akuatik untuk membantu anda memulai dan mengkondisikan diri untuk kemungkinan berenang.

9. Dapat bermanfaat pada kesehatan tulang

Sekitar 54 juta orang di dunia menderita osteoporosis atau massa tulang rendah yang dapat meningkatkan risiko terkena osteoporosis menurut Bone Health and Osteoporosis Foundation (PDF), serta diantara orang berusia 50 tahun atau ke atas, 1 dari 2 wanita mengalami patah tulang karena osteoporosis dibandingkan 1 dari 4 pria.

Meski latihan ketahanan dan aktivitas berdampak tinggi selalu menjadi standar emas untuk meningkatkan kepadatan tulang, berenang (jika anda melakukannya dengan cukup) juga dapat membantu.

Sebuah ulasan yang diterbitkan pada tahun 2020 di BioMed Research International menemukan bahwa berenang tiga hingga enam jam per minggu meningkatkan kepadatan mineral tulang pada wanita pascamenopause, terutama di kalangan perenang jangka panjang.

Namun, perlu dicatat bahwa tidak ada manfaat bagi kesehatan tulang pada mereka yang olahraga kurang dari tiga jam per minggu.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #salah #satunya #bikin #panjang #umur #ketahui #manfaat #berenang #untuk #kesehatan

KOMENTAR