Punya Masalah dengan Jerawat? Yuk Kenali dan Atasi Penyebab Jerawat Melalui Tata Letaknya 
Ilustrasi jerawat (Foto: Pixabay)
11:58
29 Februari 2024

Punya Masalah dengan Jerawat? Yuk Kenali dan Atasi Penyebab Jerawat Melalui Tata Letaknya 

 

  Saat menginjak usia remaja, jerawat sering kali menjadi salah satu permasalahan kulit yang cukup mengganggu penampilan, khususnya di area wajah.   Penyebab dari timbulnya jerawat sendiri bisa dari berbagai macam faktor. Penyebab jerawat juga bisa diidentifikasi melalui letak dari jerawat itu sendiri.   Dengan memahami pola jerawat, maka akan membantu untuk mengidentifikasi faktor penyebab dan langkah tepat untuk mengatasi masalah kulit wajah tersebut.   Melansir dari Radar Jogja (Jawa Pos Group), Kamis (29/2), berikut tata letak jerawat beserta penyebabnya.   1. Jerawat di dahi   Jerawat yang terletak di dahi sering dikaitkan dengan masalah pencernaan atau pola makan yang buruk. Konsumsi makanan tinggi gula atau lemak serta gangguan pencernaan seperti sembelit bisa menjadi penyebabnya.  

    2. Jerawat di zona T   Zona T meliputi area dahi, hidung, dan dagu. Area tersebut juga rentan timbul jerawat karena kelenjar sebaceous lebih aktif.   Faktor lainnya seperti stres dan ketidakseimbangan hormon bisa mempengaruhi munculnya jerawat di area tersebut.   3. Jerawat di pipi   Jerawat di pipi biasanya sering dikaitkan dengan gangguan kesehatan paru-paru atau ginjal. Kebiasaan merokok hingga paparan polusi udara juga dapat mempengaruhi kondisi kulit pipi.   4. Jerawat di rambut   Jerawat yang muncul di sekitar garis rambut atau di area yang sering terkena keringat bisa disebabkan oleh iritasi kulit. Penyebab iritasi kulit sendiri diakibatkan oleh penggunaan produk perawatan rambut yang berminyak atau tidak sesuai dengan jenis kulit.  

  5. Jerawat di sekitar garis mulut atau bibir   Jerawat yang berada di sekitar garis mulut atau bibir sering kali berkaitan dengan faktor hormonal. Hal tersebut umum terjadi, khususnya pada wanita sebelum atau saat menstruasi.   6. Jerawat di sekitar rahang dan rambut   Jerawat di sekitar rahang dan rambut biasanya dikaitkan dengan ketidakseimbangan hormon, terutama pada wanita.   Faktor lain seperti kebersihan rambut yang kurang baik atau penggunaan produk perawatan kulit yang tidak tepat juga dapat menjadi penyebabnya.   Dengan mengetahui tata letak penyebab jerawat dapat memberi petunjuk kepada para pejuang jerawat terkait langkah yang tepat untuk mengatasinya.   Sehingga, kulit wajah tampak cerah dan bebas dari masalah kulit wajah.    ***  

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #punya #masalah #dengan #jerawat #kenali #atasi #penyebab #jerawat #melalui #tata #letaknya

KOMENTAR