Hindari Komplikasi, Penderita Diabetes Disarankan Konsultasi Sebelum Berpuasa
Ilustrasi Konsultasi Medis/ Freepik.com
15:04
27 Februari 2024

Hindari Komplikasi, Penderita Diabetes Disarankan Konsultasi Sebelum Berpuasa

 

 - Dokter spesialis penyakit dalam merekomendasikan agar pasien diabetes yang berencana menjalankan ibadah puasa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Menurut dr Martha Rosana, SpPD dari Divisi Endokrin, Metabolik, dan Diabetes Departemen Ilmu Penyakit Dalam RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo-Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, pasien diabetes memiliki resiko mengalami komplikasi ketika ada perubahan dalam asupan makanan dan cairan mereka.

Martha menjelaskan bahwa pasien diabetes dapat menghadapi risiko komplikasi seperti hipoglikemia (kadar gula darah rendah), hiperglikemia (kadar gula darah tinggi), dehidrasi, dan ketoasidosis diabetikum (komplikasi akut) ketika berpuasa.

"Individu dengan diabetes memiliki risiko komplikasi yang lebih tinggi dari perubahan asupan makanan dan cairan yang masuk ke dalam tubuh," kata Martha dalam seminar daring yang dikutip JawaPos.Com dari Antara, Selasa (27/2).

Konsultasi dengan dokter diperlukan agar pasien diabetes dapat mendapatkan informasi tentang evaluasi penggunaan obat-obatan, pemantauan kondisi kesehatan, dan penilaian risiko komplikasi.

Pasien dengan risiko komplikasi rendah dapat berpuasa dengan pemantauan dokter, sementara pasien dengan risiko komplikasi menengah diperbolehkan berpuasa dengan catatan tertentu.

Namun, pasien dengan risiko komplikasi tinggi dan sangat tinggi disarankan untuk tidak berpuasa sama sekali.

"Biasanya kalau risikonya sangat tinggi tidak disarankan berpuasa atau intermittent fasting. Apalagi bagi yang kondisi diabetesnya belum terkontrol," kata Martha.

Menurut Martha, pasien dengan risiko rendah dan menengah dapat berpuasa dengan pemantauan dokter yang akan mengevaluasi penggunaan obat-obatan, memantau kadar gula darah, dan membantu perencanaan pola makan yang sesuai.

Martha juga menyarankan pasien diabetes untuk mengonsumsi makanan seimbang, kaya serat seperti buah dan sayuran, dan menghindari makanan dengan kadar gula tinggi serta minuman berkafein.

Dokter gizi di fasilitas kesehatan dapat memberikan saran dan nasihat lebih lanjut mengenai makanan dan minuman yang boleh dikonsumsi oleh pasien diabetes.

"Kalau di fasilitas kesehatannya ada dokter gizi nanti akan diberikan saran atau nasihat tentang apa saja makanan dan minuman yang boleh dikonsumsi," kata Martha.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #hindari #komplikasi #penderita #diabetes #disarankan #konsultasi #sebelum #berpuasa

KOMENTAR