Jaga Daya Tahan Tubuhmu dengan 5 Nutrisi Penting Ini Selama Musim Hujan
ILUSTRASI: Vitamin C. (Pexels)
10:26
27 Pebruari 2024

Jaga Daya Tahan Tubuhmu dengan 5 Nutrisi Penting Ini Selama Musim Hujan

Musim hujan telah tiba. Selain menjadi kesenangan tersendiri bagi anak kecil untuk bermain dengan air hujan, musim hujan juga identik dengan datangnya penyakit, seperti flu dan pilek.

Oleh sebab itu, penting untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat dan bugar selama musim hujan, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Untuk melakukan hal tersebut, nutrisi dalam makanan yang dikonsumsi memainkan peran besar untuk melindungi tubuh.

Berikut adalah beberapa nutrisi penting yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh selama musim hujan, mengutip Health Shots.

1. Vitamin C

Nutrisi dalam vitamin C memiliki peran besar dalam kesehatan tubuh. Pertama, vitamin C mendorong produksi sel darah putih dan membantu melindungi tubuh terhadap infeksi.

Kedua, membantu sel darah putih berfungsi lebih efektif dan melindunginya dari kerusakan akibat radikal bebas.

Ketiga, vitamin C dianggap sebagai ‘cawan suci’ dalam perawatan kulit. Oleh sebab itu, vitamin C dapat memperkuat skin barrier.

Vitamin C dapat ditemukan dalam semua buah citrus, seperti jeruk, lemon, dan jeruk nipis. Selain itu juga dapat ditemukan di brokoli, paprika, dan strawberry.

2. Vitamin D

Selain vitamin C yang penting, vitamin D juga tak kalah penting. Vitamin D dibutuhkan untuk menyerap kalsium dan menjaga kadar fosfor dalam darah.

Vitamin D dalam darah dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan melindungi diri dari penyakit, seperti osteoporosis dan kanker.

Makanan, seperti kuning telur, ikan berlemak, produk susu, dan keju memberikan cukup pasokan vitamin D dalam tubuh.

3. Protein

Protein sangat penting bagi manusia untuk bertahan hidup. Sebab, protein dibutuhkan untuk memperbaiki jaringan dan sel tua, serta membuat sel baru dalam tubuh.

Hal ini menjadikannya penting untuk fungsi kesehatan tubuh kita. Selain itu, protein juga tersusun dari asam amino yang berperan dalam memperkuat kekebalan tubuh dan menangkal penyakit.

4. Asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 merupakan salah satu jenis lemak tak jenuh ganda penting yang terbukti memberi sejumlah manfaat kesehatan, mulai dari memperkuat sistem kekebalan tubuh hingga melindungi diri dari penyakit, seperti kanker hingga mengurangi peradangan dalam tubuh.

Asam lemak omega-3 biasanya ditemukan dalam biji-bijian, seperti kedelai, kacang walnut, chia seed dan flax seed, serta ikan maupun blueberry.

5. Antioksidan

Nutrisi antioksidan umumnya meliputi vitamin E, C, beta karoten, karotenoid, likopen, selenium, dan magnesium.

Semua nutrisi antioksidan tersebut meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara berbeda, dan dapat mengurangi risiko banyak penyakit, seperti penyakit jantung dan kanker tertentu.

Antioksidan adalah nutrisi kuat yang membantu tubuh melawan infeksi, dan karenanya memiliki efek kuat dalam sistem kekebalan tubuh.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #jaga #daya #tahan #tubuhmu #dengan #nutrisi #penting #selama #musim #hujan

KOMENTAR