Perhatikan Dosis Penggunaan Vitamin B12, Jika Terlalu Banyak Bisa Picu Penyakit, Apa Saja?
Ilustrasi Vitamin B12. Jika dosis tidak tepat, vitamin B12 bisa menyebabkan beberapa penyakit. (Freepik/Andreyoskirko)
09:42
24 Pebruari 2024

Perhatikan Dosis Penggunaan Vitamin B12, Jika Terlalu Banyak Bisa Picu Penyakit, Apa Saja?

- Setiap orang membutuhkan vitamin B12. Cara mereka mencukupi kebutuhan vitamin tersebut yaitu dengan melalui sumber makanan. Selain dari sumber makanan, vitamin B12 ini juga tersedia dalam bentuk suplemen.

Vitamin B12 dalam bentuk suplemen inilah yang wajib diketahui dosisnya bagi setiap orang. Sebab jika terlalu berlebih vitamin B12 dapat menimbulkan efek samping tertentu. Vitamin B12 oral aman dikonsumsi pada dosis yang dianjurkan bagi orang sehat.

Semantara vitamin B12 yang disuntikkan ke dalam tuhuh untuk mengatasi kekurangan yang signifikan, biasanya lebih banyak menimbulkan efek samping. Berikut ini efek samping yang dapat muncul saat vitamin B12 disuntikan ke dalam tubuh seseorang.

- diare ringan
- gatal
- ruam kulit
- sakit kepala
- pusing
- mual
- muntah
- edema paru dan gagal jantung kongestif pada awal pengobatan
- trombosis vena
- sensasi bengkak
- polisitemia vera (kanker darah yang jarang dan tumbuh lambat)

Vitamin B12 dapat menyebabkan reaksi alergi yang sangat jarang, namun harus tetap diperhatikan. Ini termasuk pembengkakan pada wajah, lidah, dan tenggorokan, serta kesulitan menelan dan bernapas. Jika ini terjadi setelah Anda mengonsumsi vitamin B12

Jangan mengkonsumsi suplemen vitamin B12 jika Anda memiliki sensitivitas atau alergi terhadap vitamin B-12, kobalt, dan bahan lainnya. Vitamin B12 aman dikonsumsi dalam dosis yang dianjurkan jika Anda sedang hamil atau menyusui.

Jika Anda melihat adanya efek samping setelah Anda mulai mengkonsumsi suplemen vitamin B12, Anda harus segera menghentikan penggunaannya. Cari pertolongan medis jika gejala Anda memburuk atau parah.

Anda dapat berkonsultasi dengan dokter Anda untuk menentukan dosis yang tepat jika ditentukan bahwa Anda tidak mendapatkan cukup B12 dari sumber makanan.

Setelah ini, Anda perlu menentukan dosis yang tepat atau cara mendapatkan vitamin B12 yang Anda butuhkan dari sumber makanan. Anda dapat mendiskusikan hal ini dengan dokter Anda.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #perhatikan #dosis #penggunaan #vitamin #jika #terlalu #banyak #bisa #picu #penyakit #saja

KOMENTAR