Kepadatan Tulang Menurun hingga Tubuh Mudah Lelah, Kenali Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin D
Ilustrasi vitamin D (sumber: Freepik)
10:59
18 Februari 2024

Kepadatan Tulang Menurun hingga Tubuh Mudah Lelah, Kenali Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin D

 

Tubuh manusia membutuhkan banyak nutrisi, salah satunya kebutuhan vitamin D yang berfungsi untuk membantu penyerapan kalsium dalam tubuh untuk membentuk kepadatan tulang.

Ada beberapa hal yang perlu diwaspadai ketika tubuh kekurangan vitamin D, mulai dari perubahan postur tubuh hingga berkurangnya kepadatan tulang atau pengeroposan.

Kekurangan vitamin D bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti melakukan diet ekstrem, jarang terpapar sinar matahari, efek samping obat, hingga menderita gangguan kesehatan tertentu.

Untuk mengetahui apakah tubuh kekurangan vitamin D, JawaPos.com telah merangkum ciri-ciri atau tanda kekuranag vitamin D dari siloamhospitals.com, Minggu (18/2).

Berikut adalah tanda dan ciri-ciri, ketika tubuh kekurangan vitamin D.

  1. Gigi dan tulang mudah rapuh

Salah satu tanda tubuh kekurangan vitamin D yang cukup mudah dikenali adalah muculnya penyakit gigi dan tulang, seperti gigi keropos, osteoporosis, hingga gangguan postur tubuh.

Hal tersebut dapat terjadi karena vitamin D memiliki peran yang sangat penting dalam proses penyerapan kalsium yang ada di dalam tubuh.

  1. Risiko depresi meningkat

Selain berkurangnya kepadatan tulang, kekurangan vitamin D lain yang perlu diwaspadai adalah meningkatnya risiko depresi.

Hal tersebut terjadi karena vitamin D memiliki pengaruh terhadap produksi hormon dan perkembangan fungsi otak sebagai pusat pengendali hati.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Cambridge University pada tahun 2017 pun mengungkapkan hasil bahwa defisiensi vitamin D turut meningkatkan kecemasan dan depresi pada usia dewasa.

Selain itu, kekurangan vitamin D dapat menyebabkan insomnia yang dapat memperparah gejala depresi.

Vitamin D juga bersifat sebagai antioksidan sehingga dapat mencegah terjadinya peradangan saraf pada otak.

  1. Daya tahan tubuh menurun

Kekurangan vitamin D juga dapat membuat daya tahan tubuh menurun. Hal tersebut dikarenakan vitamin D memiliki peran yang sangat penting untuk mengoptimalkan kerja sel darah putih pada sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus dan bakteri penyebab penyakit.

Apabila asupan vitamin D tidak tercukupi, kemampuan sel darah putih untuk melawan virus dan bakteri menjadi berkurang. Di mana hal tersebut akan berdampak pada penurunan daya tahan tubuh.

  1. Memicu serangan jantug

Serangan jantung juga merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh kekurangan vitamin D, hal tersebut dikarenakan vitamin D merupakan salah satu zat yang memiliki sifat antiinflamasi.

Di mana zat tersebut dapat melindungi jantung dari berbagai macam penyakit serius seperti  jantung koroner dan radang jantung (miokarditis).

  1. Mudah lelah

Salah satu tanda tubuh kekurangan vitamin D yang sering dirasakan kebanyakan orang dan perlu untuk diwaspadai adalah mudah merasa lelah dan tidak berenergi, padahal sudah mendapatkan istirahat yang cukup.

Hal itu dikarenakan vitamin D sangat diperlukan untuk menjaga stamina dan meningkatkan kinerja otot. Itu lah kenapa tubuh yang kekurangan vitamin D mengalami penurunan stamina dan fungsi otot secara signifikan.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #kepadatan #tulang #menurun #hingga #tubuh #mudah #lelah #kenali #tanda #tubuh #kekurangan #vitamin

KOMENTAR