Jangan Diabaikan! Berikut Adalah 8 Tanda Peringatan dari Tubuh Bahwa Anda Memerlukan Istirahat
Ilustrasi saat kelelahan bekerja. (Freepik)
16:58
16 Oktober 2024

Jangan Diabaikan! Berikut Adalah 8 Tanda Peringatan dari Tubuh Bahwa Anda Memerlukan Istirahat

 

 – Di dunia yang penuh dengan tuntutan, orang dewasa sering melupakan apa yang sebenarnya dibutuhkan tubuh dan memilih terjebak dalam rutinitas mengikuti arus.

Rutinitas harian yang menuntut akan membuat seseorang merasa muak dan stres, yang kemudian mengakibatkan burnout, yaitu sindrom yang diakibatkan dari stres kronis dan tidak dikelola dengan baik.

Meskipun kondisi ini umum dialami setiap orang, bukan berarti Anda boleh menyepelekannya. Jika Anda tidak dapat menenangkan sistem saraf Anda, itu adalah tanda bahwa tubuh Anda memberi peringatan untuk beristirahat.

Dilansir dari laman Your Tango, berikut adalah delapan tanda peringatan dari tubuh bahwa Anda memerlukan istirahat:

  1. Mengalami kelelahan kronis

Merasakan kelelahan secara terus-menerus, bahkan setelah tidur semalaman, adalah salah satu tanda jelas bahwa tubuh Anda telah melewati batas kemampuannya.

Kondisi ini biasa terjadi setelah seseorang melakukan rutinitas bekerja dalam waktu lama dengan tuntutan yang berlebihan, sehingga menyebabkan mereka kehabisan tenaga.

Istirahat saja tidak akan cukup untuk mengurangi kelelahan ini.

Usahakan untuk mengambil waktu menjauh dari stresor akut di tempat kerja, ini akan membantu mereset sistem saraf Anda dan memungkinkan Anda mendapatkan istirahat yang Anda butuhkan.

  1. Menderita masalah pencernaan

Jika Anda mengalami masalah pencernaan terus-menerus, seperti nyeri perut, gangguan pencernaan, atau perubahan nafsu makan, ini bisa menjadi tanda bahwa tubuh Anda kelelahan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa gejala gastrointestinal umum terjadi pada mereka yang mengalami kelelahan kerja. Ini adalah salah satu tanda peringatan bahwa saatnya tubuh untuk beristirahat.

  1. Mengalami kabut mental

Kesulitan berkonsentrasi dan mengalami kebingungan adalah tanda bahwa Anda mengalami kelelahan mental.

Kondisi ini umum terjadi saat stres meningkat atau menjadi kronis, yang dapat membuat sistem saraf Anda terjebak dalam kewaspadaan tinggi, dan membuat Anda berada dalam kondisi terbang, berkelahi, atau membeku.

Sehingga, Anda akan mengalami kesulitan untuk menyelesaikan tugas sehari-hari, bahkan untuk tugas sederhana pun akan terasa sangat membebani.

  1. Merasa mati rasa secara emosional

Merasa terputus dari emosi Anda sendiri atau orang lain adalah tanda peringatan bahwa tubuh Anda kelelahan dan membutuhkan istirahat.

Banyak orang mengatakan bahwa mereka merasa kekurangan minat, motivasi dan energi di pekerjaan mereka, dan ini merupakan indikasi bahwa mereka mungkin mengalami kelelahan.

American Psychological Association, menyatakan bahwa profesi tertentu lebih rentan terhadap kelelahan dibandingkan yang lain, terutama pekerja kesehatan dan guru, karena posisi mereka adalah peran yang berorientasi pada komunitas.

  1. Mengalami peningkatan iritabilitas

Jika Anda merasa mudah tersinggung, mudah marah atau frustrasi oleh hal-hal kecil yang biasanya tidak mengganggu Anda, ini adalah sinyal yang menunjukkan bahwa tubuh Anda perlu beristirahat.

Mengalami iritabilitas yang meningkat dapat membuat Anda sulit tetap tenang dalam lingkungan yang penuh tekanan, yang dapat mempengaruhi hubungan Anda dengan orang lain.

  1. Selalu merasa khawatir

Jika Anda merasa cemas terus-menerus tanpa alasan yang jelas, ini mungkin menunjukkan bahwa tingkat stres Anda terlalu tinggi.

Kecemasan kronis dapat menyebabkan gejala fisik, seperti jantung berdebar-debar, sesak napas, dan sistem imun yang menurun, yang dapat menyebabkan penyakit.

Ini merupakan sinyal yang menunjukkan bahwa Anda perlu beristirahat dan mereset sistem saraf, atau memperbaiki cara hidup Anda.

  1. Sering mengalami sakit kepala dan nyeri otot

Jika Anda sering mengalami sakit kepala dan nyeri otot, bisa jadi ini adalah tanda bahwa Anda menahan stres dan ketegangan dalam tubuh.

Nyeri fisik ini sering kali berkaitan dengan kelelahan kerja, sehingga Anda perlu untuk merelaksasi diri dan mengurangi beban pekerjaan.

  1. Memiliki perawatan diri yang buruk

Jika Anda merasa perawatan diri Anda menurun, seperti tidak makan dengan baik atau kesulitan melakukan tugas dasar, ini adalah tanda bahwa tubuh Anda sedang mengalami kelelahan.

Kondisi ini merupakan tanda bahwa Anda merasa terputus dari diri sendiri dan perlu fokus pada kebutuhan fisik dan emosional Anda. 

Sudah saatnya untuk Anda segera beristirahat dan mereset diri, agar mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik.

 ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #jangan #diabaikan #berikut #adalah #tanda #peringatan #dari #tubuh #bahwa #anda #memerlukan #istirahat

KOMENTAR