Waktu yang Tidak Disarankan untuk Mengonsumsi Buah-buahan, Dampaknya Bisa Bahaya Bagi Tubuh
ILUSTRASI: Orang makan buah. (Pexels/Anfisa Eremina)
16:28
11 Oktober 2024

Waktu yang Tidak Disarankan untuk Mengonsumsi Buah-buahan, Dampaknya Bisa Bahaya Bagi Tubuh

- Tubuh manusia sangat membutuhkan berbagai macam asupan untuk memenuhi kebutuhan gizi seperti yang terkandung dalam buah-buahan. Mengutip dari laman RSUD Pariaman, buah-buahan memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain mencukupi kebutuhan gizi harian, buah-buahan juga mampu menangkal berbagai penyakit dan membantu proses penyembuhan.

Para ahli juga menyarankan kita untuk mengonsumsi buah-buahan sebanyak 150 gram perhari. Beberapa nutrisi yang terdapat dari buah-buahan di antaranya adalah folat, vitamin A, B, B1, B6, C, dan kalium.

Tapi, meski buah-buahan adalah makanan kaya manfaat, kita juga perlu memerhatikan dari segi waktu karena jika sembarangan maka dampaknya bisa menjadi bahaya bagi tubuh. Melansir dari laman Axa Mandiri pada (11/10) ada 2 waktu yang tidak disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan, di antaranya adalah:

1. Sebelum Tidur

Jika kamu memilih untuk mengonsumsi buah pada malam hari dengan tujuan yang sehat dan tidak ingin menimbun karbohidrat, ternyata bisa jadi petaka jika tidak tahu aturannya.

Makan buah sebelum tidur akan membuat gula darah bertambah. Hasilnya, justru bisa membuat kita sulit tidur dsn disarankan bagi kamu yang ingin mengonsumsi buah-buahan minimal 3 jam sebelum tidur.

2. Setelah Makan

Disarankan untuk menghindari konsumsi buah-buahan setelah makan, karena akan membusuk lebih cepat bersama makanan yang sudah dimakan sebelumnya. Sehingga kamu akan kehilangan manfaat nutrisi dari buah itu sendiri.

Namun, jika tetap ingin mengonsumsi buah-buahan setelah makan, maka beri jeda waktu minimal 30 menit agar kandungannya tidak tercampur dengan makanan utama yang telah dikonsumsi sebelumnya.

--------------------

Setelah mengetahui waktu yang tidak disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan, alangkah baiknya kita bisa lebih menyadari lagi dengan cermat bahwa suatu hal yang dimakan pasti ada aturannya jika ingin berdampak baik bagi tubuh.

Kemudian untuk waktu yang disarankan mengonsumsi buah-buahan adalah pada pagi hari saat perut kosong agar sistem pencernaan lebih lancar, sebelum makan agar terhindar dari keinginan mengonsumsi makanan tinggi kalori, serta sebelum atau sesudah olahraga karena untuk mengembalikan energi yang sudah terkuras.

Selain itu, saat mengonsumsinya juga tidak disarankan untuk memakan buah yang terlalu matang khususnya seperti pisang, apel, mangga, dan nanas. Karena jika buah-buahan tersebut semakin matang akan semakin tinggi kadar gulanya.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #waktu #yang #tidak #disarankan #untuk #mengonsumsi #buah #buahan #dampaknya #bisa #bahaya #bagi #tubuh

KOMENTAR