Manfaat Madu Mentah untuk Kesehatan Kita: Kaya Vitamin dan Jauh Lebih Sehat dari Madu Biasa
Foto madu dan honeycomb./Freepik
14:45
26 September 2024

Manfaat Madu Mentah untuk Kesehatan Kita: Kaya Vitamin dan Jauh Lebih Sehat dari Madu Biasa

Madu-madu yang biasa kita temukan biasanya sudah melalui proses pasteurisasi untuk membunuh kuman-kuman dan bakteri yang tersisa.

Proses ini juga membunuh ragi yang tidak diinginkan, memberikan warna yang lebih cantik pada madu, menghilangkan kristalisasi, dan memundurkan masa kadaluarsanya.

Akan tetapi proses tersebut membunuh banyak bakteri baik pada madu juga.

Dilansir dari Healthline, penggunaan madu mentah sudah dilakukan sejak beraturan tahun lalu sebagai obat tradisional karena khasiatnya untuk kesehatan.

Madu mentah kaya akan antioksidan yang dapat membantu tubuh kita terlindung dari radikal bebas.

Radikal bebas adalah atom-atom yang tidak stabil dan berkontribusi atas penuaan sel. Hal tersebut juga akan mempengaruhi pertumbuhan atau perkembangan penyakit kronis.

Madu mentah memiliki kandungan polyphenol yang memiliki manfaat anti-inflamatori atau anti radang.

Madu mentah juga mengandung pollen dan propolis yang dapat membantu penyembuhan penyakit pernapasan, pencernaan, jantung, dan saraf. Beberapa penelitian juga melihat potensi madu mentah sebagai obat kanker.

Nutrisi pada madu mentah biasanya tergantung dari asal madunya. Tapi pada umumnya, madu mentah mengandung gula yang rendah dan vitamin serta mineral yang tinggi.

Madu mentah pada umumnya mengandung kalsium, magnesium, manganese, niacin, asam pantothenic, phosphorous, potassium, riboflavin, dan zinc.

Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa propolis pada madu mentah memiliki manfaat anti jamur dan antibakteri.

Propolis ini berasal dari air liur lebah, lilin lebah, dan bunga yang dipolinasi.

Madu mentah juga memiliki khasiat antimicrobial yang dapat digunakan untuk menyembuhkan luka.

Akan tetapi untuk mengobati luka madu yang dipakai harus berasal dari madu berkualitas medis yang telah diteliti dan disterilkan.

Walaupun penelitiannya sangat terbatas, madu mentah juga sudah lama digunakan sebagai obat diare. Karena madu mentah memiliki prebiotik, yang bagus untuk organ pencernaan.

Sudah umum diketahui bahwa madu dapat menenangkan radang tenggorokan dan mengurangi batuk karena khasiat antibakteri dan anti-inflamatorinya.

Madu mentah juga dikabarkan bagus untuk kesehatan otak. Pada penelitian di tahun 2022 madu mentah dikabarkan dapat membantu fungsi ingatan pada otak, memberikan efek perlindungan pada saraf, dan meringankan stress.

Tapi perlu diketahui bahwa bayi tidak boleh mengkonsumsi madu dalam bentuk apa pun, entah itu sudah dipasteurisasi atau mentah karena terdapat bakteri Clostridium botulinum yang sangat berbahaya untuk bayi.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #manfaat #madu #mentah #untuk #kesehatan #kita #kaya #vitamin #jauh #lebih #sehat #dari #madu #biasa

KOMENTAR