Ketahui 6 Obat Alami untuk Meredakan Gejala Asam Urat, Ada Jus Ceri Hitam hingga Minyak Ikan
Minyak ikan berkhasiat meredakan gejala asam urat. (Freepik)
14:10
21 September 2024

Ketahui 6 Obat Alami untuk Meredakan Gejala Asam Urat, Ada Jus Ceri Hitam hingga Minyak Ikan

– Asam urat adalah penyakit yang menyerang semakin banyak orang setiap harinya yang disebabkan oleh penumpukan asam urat dalam tubuh. Pada dasarnya, jika Anda menderita asam urat maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menghilangkan kelebihan gula dan biji-bijian dalam pola makan Anda serta daging olahan.

Itu berarti Anda harus menghentikan kecanduan gula karena gula memberi makan ragi dalam tubuh dan biji-bijian konvensional berubah menjadi gula. Sementara itu, daging tersebut penuh dengan hormon dan antibiotik yang tidak sehat serta sangat asam bagi sistem tubuh Anda.

Sedangkan dalam hal minuman, sangat penting untuk menjauhi alkohol. Intinya dari segi pola makan dan minuman, itu adalah hal terbaik yang dapat Anda lakukan saat ini untuk menghilangkan gejala asam urat. Berikut enam obat alami yang ampuh meredakan gejala asam urat sebagaimana dilansir dari laman Dr. Axe, Jumat (20/9):

1. Ekstrak biji seledri

Obat alami meredakan gejala asam urat pertama adalah ekstrak biji seledri dan jus seledri. Ekstrak biji seledri ini memang terbukti mampu mengurangi penumpukan asam urat dalam tubuh.

Para peneliti telah mengidentifikasi lebih dari selusin jenis antioksidan yang bertanggung jawab atas manfaat seledri termasuk asam fenolik seperti asam kafeat dan asam ferulat.

Hal inilah yang membuat seledri bermanfaat untuk mengobati berbagai kondisi yang diperburuk oleh peradangan, nyeri sendi, asam urat, infeksi ginjal dan hati, gangguan kulit, dan infeksi saluran kemih.

Menariknya, Anda dapat juga membeli suplemen atau ekstrak biji seledri. Anda dapat menggunakan juicer sayuran untuk menghasilkan jus seledri atau hanya makan seledri sepanjang hari.

2. Jus ceri hitam

Obat alami kedua untuk meredakan gejala asam urat adalah jus ceri hitam. Mengobati asam urat merupakan salah satu sekian banyak manfaat kesehatan dari ceri.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Arthritis and Rheumatism mengevaluasi 633 orang penderita asam urat yang diobati dengan ekstrak ceri selama periode dua hari.

Pengobatan ceri ini dikaitkan dengan risiko serangan asam urat yang 35 persen lebih rendah. Ketika asupan ceri dikombinasikan dengan penggunaan allopurinol, obat yang diresepkan untuk asam urat dan batu ginjal, risiko serangan asam urat menjadi 75 persen lebih rendah.

Jus ceri memiliki manfaat yang sangat mirip dengan jus seledri. Jus ini mengurangi peradangan asam urat dalam tubuh. Jika Anda menambahkan jus seledri dan ceri hitam ke dalam makanan Anda maka Anda bisa lebih cepat menghilangkan asam urat.

3. Jelatang

Jelatang adalah fitonutrien antiperadangan yang kuat dan Anda dapat membelinya dalam bentuk teh. Sebuah tinjauan tentang pengobatan herbal yang umum digunakan termasuk jelatang yang diterbitkan dalam Toxicology and Applied Pharmacology menyampaikan kedudukan jelatang sebagai makanan anti peradangan.

Intinya Anda dapat menggunakan jelatang sebagai suplemen atau meminumnya sebagai teh dan sangat bagus untuk menghilangkan asam urat.

4. Minyak ikan

Obat alami lain yang bisa digunakan untuk meredakan asam urat adalah minyak ikan. Minyak ikan memang tidak bekerja secepat dua obat pertama tetapi seiring waktu, minyak ikan dapat menurunkan risiko asam urat karena salah satu manfaat kesehatan minyak ikan adalah mengandung asam lemak omega-3 yang mengurangi peradangan penyebab penyakit dalam tubuh Anda.

Karena asam urat merupakan suatu bentuk radang sendi dan minyak ikan telah terbukti menjadi pengobatan yang efektif untuk radang sendi sehingga tidak heran jika kandungan omega 3nya sangat bermanfaat bagi penderita asam urat.

5. Enzim proteolitik

Dalam hal suplemen, enzim proteolitik seperti bromelain yang kaya manfaat juga dapat mengobati asam urat. Bromelain ditemukan di bagian tengah nanas dan merupakan enzim pencernaan yang terbukti membantu mengurangi asam urat dan peradangan.

6. Magnesium

Obat alami terakhir yang bisa meredakan gejala asam urat adalah magnesium. Magnesium adalah mineral alkali. Mineral ini dapat mengurangi pembentukan asam urat dalam tubuh.

Sebuah penelitian menunjukkan magnesium merupakan pengobatan yang efektif untuk asam urat terutama kasus urat akut.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #ketahui #obat #alami #untuk #meredakan #gejala #asam #urat #ceri #hitam #hingga #minyak #ikan

KOMENTAR