Kanker Payudara Momok Menakutkan bagi Wanita, Hindari Konsumsi Makanan Ini untuk Mencegahnya!
Menjaga pola makan dapat mencegah risiko kanker payudara. (Foto: Pixabay)
07:13
12 September 2024

Kanker Payudara Momok Menakutkan bagi Wanita, Hindari Konsumsi Makanan Ini untuk Mencegahnya!

Kanker payudara atau breast cancer dikenal sebagai jenis penyakit tidak menular paling umum kedua yang ‘membebankan’ dan menjadi momok menakutkan pertama bagi wanita.

Solusi yang dapat diterapkan untuk mencegahnya tentu dengan menjaga pola hidup sehat dan pemilihan makanan yang dikonsumsi sebagai upaya untuk mencegah risiko terjadinya kanker payudara.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat kanker yang menyerang jaringan payudara ini menyebabkan sedikitnya 670 ribu kematian pada 2022 secara global, di mana sekitar setengahnya terjadi pada wanita.

Dalam surveinya pada 2022, WHO juga menemukan bahwa dari 185 negara, sebanyak 157 di antaranya mencatatkan kanker payudara sebagai jenis kanker paling umum yang ditemukan pada wanita dan sekitar 0,5-1 persen ditemukan pada pria.

Permasalahannya, dari semua kasus kanker payudara, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) mencatat bahwa 70 persennya sudah memasuki tahap lanjut ketika dideteksi. Bahkan, di indonesia kanker payudara menempati urutan teratas dengan kasus terbanyak.

Menjadi penyumbang angka kematian pertama akibat kanker, meningkatnya risiko kanker payudara dapat disebabkan oleh berbagai faktor, selain dari adanya riwayat keluarga.

Adapun faktor-faktor yang memicu risiko sebagai berikut:

  1. Bertambahnya usia
  2. Kelebihan berat badan atau obesitas
  3. Mutasi genetik
  4. Konsumsi alkohol
  5. Paparan radiasi
  6. Riwayat reproduksi
  7. Merokok dan terpapar asap rokok (perokok pasif)
  8. Terapi hormon pasca menopause

Bahkan, setengah dari penderita kanker payudara tidak tercatat memiliki riwayat keluarga yang pernah mengidap kanker payudara, baik dari pihak ibu atau ayah.

Oleh karena itu, sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan di kemudian hari dan hanya berakhir dengan penyesalan, ada baiknya melakukan pencegahan sedini mungkin seperti Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) dan Pemeriksaan Payudara Klinis (SADANIS).

Selain SADANI dan SADANIS, mencegah risiko kanker payudara juga dapat dilakukan dengan menerapkan gaya hidup sehat, mulai dari olahraga, menjaga berat badan hingga mengadopsi pola makan sehat.

Mengadopsi pola makan sehat artinya memperhatikan makanan yang dikonsumsi karena tanpa disadari makan-makanan yang dicerna tubuh dapat secara drastis memengaruhi kesehatan.

Dikutip dari Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Kemenkes RI, berikut makanan yang semestinya dihindari demi mencegah risiko kanker payudara:

  1. Daging merah yang dibakar
  2. Minuman beralkohol
  3. Gula berlebih
  4. Susu tinggi lemak
  5. Produk olahan susu
  6. Daging olahan seperti sosis, ham, dan bacon

Namun apabila sudah terlanjur mengidap kanker payudara, menerapkan pola makan sehat tetap dianjurkan.

Dikutip dari Cleveland Clinic, berikut makanan yang disarankan untuk dikonsumsi:

  1. Buah dan sayur mengandung antioksidan dan anti-estrogen
  2. Biji-bijian dan sumber serat
  3. Protein rendah lemak

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #kanker #payudara #momok #menakutkan #bagi #wanita #hindari #konsumsi #makanan #untuk #mencegahnya

KOMENTAR