Smart City IKN Dapat Dukungan Honeywell, Kembangkan Perekonomian Hijau
Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) dan Honeywell Indonesia berkolaborasi dalam pembangunan kota cerdas (smart city) di Nusantara, Kalimantan Timur (Kaltim). [ANTARA/HO-Otorita IKN].
15:51
12 Juni 2024

Smart City IKN Dapat Dukungan Honeywell, Kembangkan Perekonomian Hijau

Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) membangun Nusantara menjadi sebuah kota cerdas atau smart city. Caranya dengan menggandeng beberapa perusahaan teknologi kelas dunia.

Dikutip dari kantor berita Antara, beberapa perusahaan teknologi global yang diajak berkolaborasi salah satunya adalah Honeywell.

Kerja sama kedua belah pihak, yaitu OIKN dan Honeywell Indonesia ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU).

Seremoni dilakukan antara Deputi Transformasi Hijau dan Digital Otorita IKN, Mohammed Ali Berawi dan Presiden Honeywell Asia, Steven Lien. Kemudian, juga hadir David Hutagalung, Presiden Direktur Honeywell Indonesia.

Baca Juga: UMKM Kabupaten Bantul Perluas Produk Lewat Pameran, Mulai Insidentil sampai Kelas Internasional

Ada pun tujuan penandatanganan MoU memiliki tujuan memperkuat kerja sama, pertukaran gagasan, serta pengalaman dalam perencanaan dan pengimplementasian konsep kota cerdas di Nusantara.

Seluruhnya mendukung pengembangan ekonomi hijau serta pengembalian ekonomi yang konkret dan pengalaman masyarakat di Indonesia.

"Kerja sama dengan Honeywell diharapkan dapat mempercepat pembangunan smart city di Nusantara sesuai dengan perencanaan Smart City Blueprint Nusantara. Sehingga dapat tercipta kota yang dapat dikelola secara lebih efisien dan meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya," jelas Mohammed Ali Berawi, Deputi Transformasi Hijau dan Digital Otorita IKN di Jakarta, Rabu (12/6/2024).

Steven Lien, Presiden Honeywell Asia menyatakan semangat membantu merealisasikan pembangunan IKN agar selaras dengan visi kota cerdas dengan net zero carbon emission.

"Suatu kehormatan besar bagi Honeywell untuk dapat berkontribusi dalam pembangunan kota cerdas di Ibu Kota Nusantara, khususnya dengan menghadirkan teknologi dan solusi gedung cerdas yang berkelanjutan," paparnya.

Baca Juga: Bank Indonesia Nobatkan Bank DKI Sebagai Bank Business Matching Pembiayaan UMKM

Senada, pandangan David Hutagalung, Presiden Direktur Honeywell Indonesia.

Sebagai early believer terhadap pembangunan IKN, melalui Memorandum of Understanding (MoU) ini Honeywell memperkuat komitmennya untuk mendukung secara lebih konkret dalam pembangunan IKN sebagai kota cerdas.

Honeywell juga turut tergabung dalam kelompok perusahaan asal Amerika Serikat yang akan melaksanakan uji coba atau proof-of-concept pembangunan Integrated Command and Control Center pada akhir 2024. Kegiatan ini didukung United States Trade and Development Agency (USTDA).

Editor: RR Ukirsari Manggalani

Tag:  #smart #city #dapat #dukungan #honeywell #kembangkan #perekonomian #hijau

KOMENTAR