BUMI Siapkan 'Warisan' untuk Masyarakat Sekitar setelah Operasional Tambangnya Usai
ILUSTRASI Pekerja di areal operasional pertambangan PT Bumi Resources Tbk (BUMI). (dok. BUMI)
20:54
12 Mei 2024

BUMI Siapkan 'Warisan' untuk Masyarakat Sekitar setelah Operasional Tambangnya Usai

- PT Bumi Resources Tbk (BUMI) tidak hanya berfokus pada pemberian bantuan dalam bidang Corporate Social Responsibility (CSR). Emiten tambang batu bara di Indonesia ini juga berkomitmen dalam mendukung pemberdayaan masyarakat agar mereka siap untuk sejahtera secara mandiri.

"Kami telah melakukan kegiatan CSR sejak tahun 2001, jadi kita bukan orang baru di bidang ini. Kegiatan-kegiatan kami berfokus pada Environment Social Governance (ESG) atau Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola. Kita memiliki komunitas antara 200.000 hingga 300.000 orang yang kita dukung," papar Presiden Direktur BUMI, Adika Nuraga Bakrie dalam keterangan tertulis, dikutip Minggu (12/5).

Ia menegaskan, bentuk kontribusi BUMI selain menyediakan hal-hal mendasar bagi kehidupan yang baik dan sehat, sekaligus juga menyiapkan masyarakat secara jangka panjang untuk mengurangi ketergantungan akan bantuan yang diberikan oleh perusahaan.

"Kami berusaha menciptakan kesempatan, memastikan para penerima manfaat memiliki pekerjaan yang baik, lingkungan yang sehat, ada peningkatan keterampilan atau bahkan memiliki keterampilan baru. Kami merajut sebuah skenario agar saat perusahaan selesai menambang batu bara dalam waktu 20 atau 30 tahun mendatang, mereka tetap dapat menjaga diri sendiri, progresif, dan memiliki pemikiran terbuka," tambah Adika Bakrie.

Langkah nyata komitmen BUMI dalam mendukung kesejahteraan masyarakat yang mandiri secara jangka panjang, diantaranya melalui Program Pendampingan Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat dan Program Rehabilitasi Mangrove; yang tidak hanya menciptakan nilai sosial ekonomi bagi masyarakat, namun juga sekaligus memberikan dampak positif bagi lingkungan. Sementara itu, dalam bidang pendidikan, sejak 2019, BUMI secara aktif mengelola Program Digitalisasi Sekolah serta berbagai kegiatan lainnya.

Bersama PT Kaltim Prima Coal selaku unit usahanya, BUMI juga merangkul pemberdayaan masyarakat yang berada di sekitar lokasi operasional pertambangan, misalnya melalui program pengembangan usaha peternakan, Program UKM Tangguh, serta Program Desa Mandiri yang berpusat di Sangatta, Kalimantan Timur. Di samping itu,  melalui anak usaha lainnya, yakni PT Arutmin Indonesia, BUMI menyalurkan dana pendidikan, membuka beragam pelatihan, serta penyuluhan kesehatan.

Editor: Estu Suryowati

Tag:  #bumi #siapkan #warisan #untuk #masyarakat #sekitar #setelah #operasional #tambangnya #usai

KOMENTAR