KRI Dewaruci Gelar MBJR, Kepulauan Bangka Belitung Promosikan Pariwisata
KRI Dewaruci saat mengadakan Upacara Kemerdekaan RI ke-72 di Perairan Laut Jawa. Sebagai ilustrasi [ANTARA].
09:32
11 Mei 2024

KRI Dewaruci Gelar MBJR, Kepulauan Bangka Belitung Promosikan Pariwisata

Kapal Republik Indonesia (KRI) Dewaruci adalah kapal latih TNI AL jenis tiang tinggi (barquentine atau barkentin) yang mengemban misi pelatihan taruna terkait matra laut, juga sektor pariwisata dan budaya dengan mengadakan pelayaran muhibah.

Antara lain ke luar negeri mengunjungi Korea Selatan, menampilkan ragam seni Indonesia. Ke dalam negeri, juga memiliki sederet kalender, antara lain kegiatan Muhibah Budaya Jalur Rempah (MBJR).

Dikutip dari kantor berita Antara, pelayaran MBJR melewati titik-titik yang mengandung sejarah perdagangan dan budaya penting terkait simbol keterhubungan daerah serta konektivitas sejarah.

Hendri, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Belitung Timur di Manggar, Jumat (10/5/2024) menyatakan bahwa MBJR menjadi wahana untuk mengaktifkan kembali jalur rempah dan mempererat ikatan budaya antarwilayah.

Pelayaran akan menyusuri tujuh titik Jalur Rempah yaitu Jakarta, Belitung Timur, Dumai, Sabang, Melaka di Malaysia, Tanjung Uban, Lampung, dan berakhir di Jakarta.

Pemerintah Kabupaten Belitung Timur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadikan kegiatan KRI Dewaruci saat lego jangkar di Belitung untuk mempromosikan objek dan destinasi wisata unggulannya.

Kawasan yang masuk dalam wilayah Babel atau Bangka Belitung ini menjadi tujuan pelayaran yang menyusuri jejak peradaban jalur rempah sebagaimana digagas Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Rempah menjadi pintu gerbang dalam membawa kesenian, keyakinan, bahasa, sampai tradisi yang melahirkan begitu banyak akulturasi budaya.

"Belitung Timur termasuk titik pelayaran dalam kegiatan MBJR, agenda besar ini kami manfaatkan untuk mempromosikan destinasi wisata," papar Hendri, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Belitung Timur.

Dalam acara ini, diharapkan terjadi pula sinergi antara para taruna sebagai bagian matra TNI AL dengan warga setempat, dalam mencinta Indonesia sebagai negara kepulauan atau archipelago terbesar di dunia.

KRI Dewaruci dijadwalkan berlabuh di Pelabuhan Aik Kelik Belitung Timur pada 8 Juni 2024 dan pesertanya selama di Belitung Timur mengunjungi berbagai cagar budaya, dan melihat kekayaan alam serta destinasi wisata budaya.

"Sedangkan bagi masyarakat Belitung Timur bisa mengamati dan menyusuri kapal latih TNI Angkatan Laut RI ini dari dekat," tukas Hendri, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Belitung Timur.

KRI Dewaruci dalam misi pelayaran muhibah ini akan sandar di Manggar pada 8 hingga 11 Juni 2024.

Editor: RR Ukirsari Manggalani

Tag:  #dewaruci #gelar #mbjr #kepulauan #bangka #belitung #promosikan #pariwisata

KOMENTAR