Semangat Cinta Lingkungan Yulvita Bangkitkan Usaha Kreatif, BRI Jadi Penopangnya
Yulvita Paramita Dewi bersama dengan ibu-ibu di komunitasnya memamerkan karya [Suara.com/Hadi]
17:29
19 September 2024

Semangat Cinta Lingkungan Yulvita Bangkitkan Usaha Kreatif, BRI Jadi Penopangnya

Yulvita Paramita Dewi, pendiri Janitra Boutique, telah melewati berbagai tantangan dalam mempertahankan eksistensi usahanya. Sejak pertama kali mendirikan bisnis butik tersebut pada tahun 2009, ia menyadari bahwa mempertahankan usaha jauh lebih sulit daripada memulainya.

"Saya sempat vakum dari 2012 hingga 2018," ujarnya saat ditemui di sela-sela aktivitasnya mengelola usaha di Kayen, Condongcatur, Sleman.

Keputusan untuk vakum disebabkan oleh ketatnya persaingan bisnis serta kesibukannya sebagai ibu rumah tangga. Di awal perjalanan bisnisnya, Yulvita aktif mengikuti berbagai pameran dan fashion show agar Janitra Boutique semakin dikenal. 

Tahun 2010 jadi salah satu titik baliknya usai butik Janitra berhasil masuk ke Jogja Fashion Week. Namun, seiring berjalannya waktu dan meningkatnya beban sebagai ibu, Yulvita memutuskan untuk rehat sejenak dari dunia bisnis.

Baca Juga: Dorong UMKM Go Legal, ASDP Berikan Pelatihan HAKI untuk Mitra Binaan

Enam tahun kemudian, Yulvita memutuskan untuk komitmen mengembangkan usahanya. Namun, belum genap dua tahun, pandemi COVID-19 pada Maret 2020 membawa tantangan baru bagi Janitra Boutique.

"Ada kekhawatiran saat itu, tetapi Alhamdulillah jualan online tetap berjalan lancar," kenangnya.

Butik Janitra terpaksa ditutup, dan ia harus menghadapi tantangan baru saat beberapa pekerjanya terinfeksi virus, membuat proses produksi terhambat.

Berbekal semangat untuk terus bertahan, Yulvita memutuskan untuk memperluas bisnisnya secara daring. Langkah ini tidak hanya membantu Janitra bertahan di tengah pandemi, tetapi juga memperluas jangkauan pasar.

“Pandemi mendorong saya untuk berpikir lebih kreatif dalam mengembangkan usaha secara online,” ungkapnya.

Baca Juga: BRI Manajemen Investasi Raih Prestasi Gemilang dengan Pertumbuhan Dana Kelolaan 32,39%

Kembali dari masa vakum, Yulvita memilih untuk memperkenalkan konsep eco-print, sebuah teknik ramah lingkungan, sebagai langkah baru bagi Janitra. Pada 2018, ia mulai menyasar dunia pendidikan untuk memperkenalkan eco-print kepada pelajar.

"Saya ingin anak-anak sejak dini dikenalkan dengan bahan alami, seperti pewarna alami," jelasnya. Kini, Janitra bekerja sama dengan sejumlah sekolah dan komunitas di Yogyakarta dan Jawa Tengah untuk mengajarkan eco-print, termasuk menyusun kurikulum khusus.

Jaringan dan Dukungan: Kunci Kesuksesan Janitra Boutique

Dalam perjalanannya, Yulvita menyadari pentingnya membangun jaringan yang kuat. Berawal dari bisnis desain pakaian dengan sistem pre-order, Janitra berkembang pesat setelah Yulvita mulai memproduksi eco-print.

Modal awal sebesar Rp4 juta berhasil dikembangkan, dengan pendapatan yang kini bisa mencapai Rp10 juta per bulan dari produksi 60 hingga 120 potong pakaian. Keberhasilan ini tidak terlepas dari jaringan yang dibangunnya dengan berbagai pihak, termasuk praktisi kesehatan seperti dokter dan perawat yang menjadi reseller produknya.

Namun, di balik kesuksesan tersebut, Yulvita tetap menekankan pentingnya menjaga etika bisnis. “Persaingan usaha sebaiknya tidak hanya fokus pada keuntungan ekonomi, tetapi juga menghargai nilai karya masing-masing,” pesannya.

Untuk terus berkembang, Yulvita mengikuti berbagai pelatihan bisnis, salah satunya melalui program BRIncubator yang diselenggarakan oleh BRI. BRIncubator memberinya wawasan baru tentang pengelolaan keuangan dan strategi pemasaran digital.

"Saya belajar banyak tentang bagaimana mengelola bisnis dan produksi, termasuk menjalin kemitraan dengan pihak ketiga," jelasnya.

Komitmen BRI dalam Mendukung UMKM

Dukungan untuk Janitra Boutique menunjukkan komitmen BRI dalam mendukung dan turut berkembang bersama UMKM.

Hingga akhir Triwulan II 2024, BRI menjadi penyalur kredit teritinggi kepada segmen UMKM di Indonesia. Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan, hingga akhir Juni 2024, Perseroan berhasil menyalurkan kredit kepada segmen UMKM senilai Rp1.095,64 triliun atau setara 81,69% dari total penyaluran kredit BRI.

Rinciannya, penyaluran kredit BRI kepada segmen UMKM senilai Rp1.095,64 triliun terdiri dari segmen mikro sebesar Rp623 triliun, segmen kecil Rp232,3 triliun, segmen konsumer Rp198,8 triliun dan segmen menengah senilai Rp41,5 triliun.

Keberadaan Janitra Boutique adalah contoh nyata dukungan BRI untuk UMKM. Yulvita berhasil mengembangkan bisnisnya dengan dukungan BRI dan semangat untuk terus belajar dan berinovasi. Dengan semangat pantang menyerah, ia tidak hanya membangun kembali Janitra Boutique, tetapi juga memberikan inspirasi bagi generasi muda melalui eco-print.

"Kita harus terus berkembang, bukan hanya usaha kita, tapi juga diri kita," pungkasnya.

Editor: M Nurhadi

Tag:  #semangat #cinta #lingkungan #yulvita #bangkitkan #usaha #kreatif #jadi #penopangnya

KOMENTAR