Jalur Pendakian Ke Gunung Salak Yang Menjadi Favorit Bagi Pendaki, Bisa Menikmati Curug Serta Pemandangan Indah
Potret Gunung Salak, Jawa Barat. (Dok. Radar Bogor)
16:21
27 September 2024

Jalur Pendakian Ke Gunung Salak Yang Menjadi Favorit Bagi Pendaki, Bisa Menikmati Curug Serta Pemandangan Indah

Gunung Salak merupakan salah satu tujuan pendakian gunung yang paling sering dikunjungi. Gunung Salak juga dikenal memiliki beberapa jalur yang dapat dipilih untuk digunakan saat akan mendaki, ada beberapa jalur yang menjadi jalur favorit dari para pendaki.

Gunung Salak juga terkenal memiliki jalur atau trek yang terbilang cukup menantang bagi sebagian pendaki. Gunung Salak juga memiliki sebanyak tiga puncak yaitu Puncak Salak 1, Puncak Salak 2, dan Puncak Sumbul. Untuk itu, yuk mari lihat apa saja jalur pendakian Gunung Salak yang jadi favorit.

  1. Jalur Ajisaka

Yang pertama adalah jalur pendakian Ajisaka. Jalur ini menjadi jalur yang favorit bagi para pendaki yang ingin mendaki Gunung Salak dengan tantangan yang lebih dan cukup ekstrim. Maka daripada itu, sebelum mendaki Gunung Salak dengan jalur ini diperlukan persiapan yang cukup.

 

Jalur ini tergolong ekstrim dikarenakan salah satunya adalah trek nya yang dikenal licin juga hampir vertikal. Sehingga, para pendaki yang melewati jalur ini biasanya akan disediakan tali webbing, untuk membantu pendakian.

  1. Jalur Cidahu

Jalur Cidahu adalah salah satu trek pendakian favorit pagi para pendaki Gunung Salak. Jalur ini memberikan pengalaman unik karena menyuguhkan pemandangan yang indah, dan selain itu jalur pendakian ini memiliki fasilitas dan akses yang tergolong mudah.

Pemandangan yang indah dari jalur ini juga diiringi dengan adanya air terjun atau curug serta salah satu objek wisata yaitu Kawah Ratu. Warung makan di jalur ini juga cukup banyak, sehingga pendaki bisa beristirahat sambil mengisi tenaga dengan nyaman.

  1. Jalur Cimelati

Jalur Cimelati merupakan salah satu jalur pendakian favorit karena estimasi waktu yang tergolong lebih sebentar dari jalur yang lainnya karena panjang jalurnya yang cukup pendek dibandingkan dengan yang lain. Namun, jalur ini juga memiliki tantangan nya tersendiri.

 

Di jalur ini pendaki akan cukup sulit menemukan sumber air, oleh sebab itu jika ingin melalui jalur ini para pendaki disarankan untuk membawa perbekalan yang cukup. Di jalur pendakian ini juga memiliki cabang jalur yang dapat membingungkan, ditambah lagi cukup sedikit lahan datar di wilayah jalur pendakian ini. Meski begitu, Jalur Cimelati tetap jadi salah satu trek favorit pendakian Gunung Salak.

  1. Jalur Curug Nangka

Curug Nangka merupakan salah satu objek wisata alam terkenal yang ada di kaki Gunung Salak yang sering dijadikan pilihan wisata. Namun, spot Curug Nangka juga merupakan salah satu titik awal dari jalur pendakian di kawasan Gunung Salak.

Jalur Curug Nangka ini memiliki trek yang mirip dengan Jalur Ajisaka, yang cukup licin dan ekstrim. Sehingga, pendaki yang ingin naik ke Gunung Salak dengan jalur ini harus mempersiapkan diri dengan baik.

 

 

  1. Jalur Pasir Reungit

Yang terakhir adalah Jalur Pasir Reungit, jalur yang paling panjang diantara jalur-jalur pendakian yang lainnya. Meskipun begitu, jalur ini menjadi salah satu yang terfavorit di kalangan para pendaki. Dengan estimasi waktu yang terbilang lumayan lama yakni 10 jam.

Pemandangan indah menjadi salah satu daya tarik utama dari jalur pendakian ini. Disini pendaki akan melewati beberapa curug yang indah, seperti Curug Seribu yang merupakan salah satu curug tertinggi, dan juga Curug Cigamea. Selain itu, pemandangan lainnya yang dapat dilihat di jalur ini adalah dua kawah yakni Kawah Anjing dan Kawah Monyet yang pemandangan sangat memanjakan mata.

 

Daftar jalur inilah yang menjadi favorit bagi kalangan pendaki untuk digunakan saat ingin mendaki Gunung Salak. Perlu diingat sebelum mendaki penting untuk mempersiapkan fisik serta perbekalan agar pendakian ke Gunung Salak dapat terlaksana dengan baik.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #jalur #pendakian #gunung #salak #yang #menjadi #favorit #bagi #pendaki #bisa #menikmati #curug #serta #pemandangan #indah

KOMENTAR