Hanung Bramantyo Tak Gunakan Nama Gaga Muhammad di Film Laura, Alasannya Hindari UU ITE
Hanung Bramantyo saat ditemui di XXI Epicentrum Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (9/9/2024) petang. 
08:56
10 September 2024

Hanung Bramantyo Tak Gunakan Nama Gaga Muhammad di Film Laura, Alasannya Hindari UU ITE

Hanung Bramantyo didapuk rumah produksi MD Pictures menjadi sutradara film 'Laura', yang akan tayang pada September 2024.

Hanung Bramantyo mengaku sangat senang dipercaya untuk membuat sebuah film, yang skenarionya berdasarkan kisah kenyataan dari mendiang Laura Anna Edelenyi.

Bagi Hanung Bramantyo kisah perjuangan Laura Anna mencari keadilan atas musibah yang dialami, yakni mengalami lumpuh pasca kecelakaan pun harus diangkat ke layar lebar.

"Cerita Laura ini tragis, bagaimana musibah yang dihadapinya membuat Laura lumpuh. Tapi, dia tetap bisa tersenyum dan semangat menjalani hidup," kata Hanung Bramantyo saat ditemui di XXI Epicentrum Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (9/9/2024) petang.

Hanung mengusung genre drama untuk film dari kisah Laura Anna. Ia juga memasukkan subjektifitas atau penilaian dirinya, atas musibah dari Laura, yang kemudian diangkat ke layar lebar.

"Film itu adalah subjektifitas, bukan objektivitas. Yang objektif itu penontonnya yang menilai," ucapnya.

Karena mengedepankan subjektifitas, Hanung tidak memasukkan nama atau tokoh Gaga Muhammad, mantan kekasih Laura Anna ke dalam filmnya.

Gaga pun diketahui yang mengendarai mobil saat Laura Anna mengalami kecelakaan lalu lintas di jalan tol, pada Desember 2019.

"Saya menghindari namanya UU ITE, yang rentan sekali menjerat kita semua. Jadi, karena memang film ini subjektif, maka Point Of View saya kepada Laura, makanya filmnya judulnya Laura," jelasnya.

"Jadi disekelilingnya atau masalah apapun dari Laura saya kesampingkan. Saya mau kamera ini fokus di Laura," tambahnya.

Sehingga, Hanung menggunakan karakter bernama Jojo sebagai kekasih dari Laura. Jojo diperankan oleh Kevin Ardilova dan Laura dimainkan Amanda Rawles.

"Karakter tetap nya itu hanya Laura dan keluarganya. Selebihnya kami pakai nama karakter lain," ungkapnya.

Hanung Bramantyo berharap film Laura bisa memberikan inspirasi kepada semua masyarakat Indonesia, jika sudah tayang diseluruh bioskop Tanah Air.

"Ya semoga film ini memberikan dampak besar bagi masyarakat dan bisa dinikmati," ujar Hanung Bramantyo.

Film 'Laura' menceritakan tentang perjuangan Laura (Amanda Rawles) yang berjuang untuk sembuh, atas spinal cord injury alias cedera sumsum tulang belakang yang membuat tubuhnya lumpuh sebagian.

Tak hanya perjuangannya buat sembuh, Laura juga berjuang untuk mendapatkan keadilan atas musibah yang ia alami bersama kekasihnya, Jojo (Kevin Ardilova) yakni kecelakaan lalu lintas, mobil yang mereka kendarai menabrak kendaraan lain di tol.

Film Laura dibintangi sederet artis Tanah Air, seperti Amanda Rawles, Kevin Ardilova, Unique Priscilla, Carissa Perusset, dan masih banyak lagi. (ARI).

Editor: Anita K Wardhani

Tag:  #hanung #bramantyo #gunakan #nama #gaga #muhammad #film #laura #alasannya #hindari

KOMENTAR